Mengupas Seluk-Beluk Mata Uang Kripto OMG

283286

OMG atau OmiseGo adalah salah satu mata uang kripto yang memiliki motto Unbank The Banked. Apa maksudnya dan bagaimana potensinya?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu mata uang kripto yang terkenal dengan mottonya "Unbank The Banked". Dengan satuan nilai kripto OMG, OmiseGo adalah platform keuangan berbasis Ethereum generasi baru, yang memungkinkan pertukaran nilai dan layanan pembayaran peer to peer (P2P) secara anonim, baik terhadap mata uang fiat maupun mata uang kripto lain yang terdesentralisasi. OmiseGo juga memungkinkan transaksi keuangan yang bebas dari batas-batas moneter tertentu.

 

 omisego

 

 

Apa Itu OmiseGo?

Menurut Whitepaper resmi dari Omise sebagai pencetak resmi kripto OMG, OmiseGo adalah jawaban untuk masalah koordinasi mendasar antara proses pembayaran, gateway, dan lembaga keuangan. OmiseGo memungkinkan pertukaran terdesentralisasi pada Volume tinggi dan biaya rendah.

Melalui jaringan OmiseGo, siapapun akan dapat melakukan transaksi keuangan seperti pembayaran, pengiriman uang, setoran pembayaran, perdagangan B2B, keuangan rantai pasokan, program loyalitas, manajemen aset dan perdagangan, serta berbagai layanan lainnya dengan lebih mudah.

OmiseGo juga menawarkan kemudahan adopsi teknologi Blockchain bagi para pengembang. Dengan SDK Wallet yang merupakan dompet virtual tanpa biaya, pembuatan DApps (Decentralized Applications) akan jadi jauh lebih mudah. DApps ini memanfaatkan potensi besar dari platform Ethereum, tanpa harus mengetahui secara terperinci basis dari penciptaan teknologi tersebut.

 

Background OmiseGo

OmiseGo dirintis oleh Jun Hasegawa dan Donnie Harinsut, pendiri perusahaan Omise yang sudah beroperasi sejak tahun 2013 di Bangkok, Thailand. Penawaran awal OmiseGo (OMG) pertama kali dilakukan pada pertengahan tahun 2017 lalu. Penasehat untuk perusahaan OmiseGo melibatkan pendiri Ethereum, Vitalik Buterin dan Gavin Wood. OmiseGo bahkan telah mendapatkan dukungan resmi dari Bank Of Thailand dan Kementerian Keuangan Thailand. Selain itu, beberapa investor setingkat institusi dan kemitraan termasuk Alipay, McDonalds, dan Minor Internasional juga turut mendukung OmiseGo

 

Unbank The Banked

Di OmiseGo, Unbank The Banked berarti "menggantikan" layanan perbankan tradisional. OmiseGo berencana menyediakan alat finansial dan perdagangan digital alternatif untuk semua orang tanpa harus melalui bank, lembaga, maupun jaringan keuangan tradisional apapun.

Target pemasaran OmiseGo adalah 73% dari populasi Asia Tenggara yang saat ini tidak menggunakan atau memiliki akses ke layanan keuangan formal (tidak memiliki rekening bank). Sekitar 27% dari populasi saat ini sudah menggunakan layanan keuangan formal, karena memang tidak memiliki pilihan lain.

Pengguna OmiseGo akan diberikan tools untuk mengelola kekayaan secara lebih efektif dan informatif dalam berbagai jenis aset dan mata uang apapun yang mereka pilih, termasuk mata uang terdesentralisasi seperti ETH dan BTC.

Selanjutnya, pengguna juga dapat memilih untuk berpartisipasi menjalankan jaringan OmiseGo, agar bisa berkontribusi dalam upaya mempertahankan ekosistem keuangan mereka. Jadi, fitur yang diberikan bukan hanya kendali atas kekayaan mereka sendiri, tapi juga sarana produksi yang pada akhirnya menghasilkan uang ke tangan para pengguna sendiri (reward).

 

Motivasi Diciptakannya OmiseGo

Ada beberapa motivasi yang dimiliki perusahaan Omise dalam menciptakan jaringan OmiseGo:

  • Time: Penyelesaian transfer atau pembayaran yang melalui perbankan tradisional bisa memakan waktu berhari-hari.
  • Monetary: Transfer aset selalu melibatkan pihak ketiga yang men-charge biaya relatif mahal, terutama untuk transfer lintas negara. 
  • Transparency: Seringkali sulit untuk mengetahui status transaksi, pemilik aset, dan detail transaksi lainnya di sistem transfer konvensional. 
  • Keamanan: Kompleksitas sistem keuangan tradisional masih memungkinkan terjadinya kejahatan, penipuan, atapun pengeluaran ganda (jika informasi tidak diperbarui).
  • Finality: Seringkali, transaksi di lembaga keuangan bersifat reversible (bisa dikembalikan), dan seringkali terjadi pembekuan akun penyimpanan jika terjadi suatu masalah.

Omise yakin berbagai masalah di atas dapat diatasi jika kepemilikan dan status aset tercatat pada satu buku besar bersama, atau jaringan buku besar terkoordinasi. Di sinilah jaringan Blockchain dan OmiseGo menjalankan peranannya, karena kedua komponen tersebut dapat menyelesaikan masalah mendasar dalam lingkup koordinasi antar layanan keuangan.

 

Blockchain OmiseGo

Blockchain OmiseGo adalah suatu sistem yang terdiri dari pertukaran terdesentralisasi, mekanisme penyedia likuiditas, jaringan order kliring, dan gateway yang didukung oleh aset. OmiseGo juga merupakan Blockchain scalable yang memiliki konsensus protokol Proof-of-Stake (PoS), untuk memastikan bahwa rantainya berperilaku sesuai dengan aturan yang ditentukan dalam protokol.

 

blockchain omg

 

 

Jaringan Blockchain OmiseGo dirancang sebagai sistem berkinerja tinggi yang memanfaatkan konstruksi Blockchain. Sementara kliring dan penyelesaian transaksi terjadi di atas Blockchain OmiseGo, dan biaya untuk melindungi nilai transaksi, dieksternalisasi ke rantai lain dengan cara yang secara langsung meningkatkan nilai rantai tersebut.

 

Sofware Development Kit (SDK)

Di bagian sebelumnya, telah disebutkan bahwa SDK Wallet bisa mempermudah penciptaan DApps. Dompet SDK OmiseGo adalah aplikasi pengguna yang dibangun di atas jaringan OmiseGo, dan menyediakan akses poin yang mudah bagi pengguna, terutama bagi pengembang dalam memanfaatkan teknologi Blockchain OmiseGo. Wallet OmiseGo akan memungkinkan pertukaran langsung token dengan mata uang fiat, mata uang terdesentralisasi, serta token protokol.

 

 

Bagaimana Potensi Kripto OMG?

Saat artikel ini ditulis (18 April), token OmiseGo yang dilambangkan dalam satuan OMG diperdagangkan di harga $14.64 per unit. Pasarnya pun cukup besar dengan kapitalisasi pasar senilai $1.49 miliar, dan saat ini menempati ranking ke-19 dari 1,568 koin yang beredar di pasaran. Dalam setahun terakhir, nilai OMG sudah tumbuh lebih dari 2,400% dengan nilai tertinggi berada pada level $24.00.

 

kapitalisasi pasar omisego

 

Pertumbuhan pesat OMG ditunjang oleh banyak hal, termasuk di antaranya adalah dukungan resmi dari Bank Sentral Thailand dan berbagai kelebihan terkait waktu transfer, biaya transaksi murah, keamanan yang terjaga, serta tidak ada masalah skalabilitas. Secara keseluruhan, teknologi OmiseGo memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut.

  • Memindahkan uang dengan cepat, baik domestik maupun internasional, tanpa batasan besaran nilainya.
  • Mendapatkan buku besar yang aman dalam melacak aset di berbagai divisi dari sebuah organisasi.
  • Mengaktifkan solusi perbankan seluler generasi berikutnya.
  • Mengeluarkan mata uang bank sentral secara digital, untuk meningkatkan sistem pembayaran di suatu negara.
  • Menciptakan sistem poin loyalitas untuk konsorsium mereka.

OmiseGo juga merupakan pengantar untuk pengembang teknologi Blockchain dan kripto secara umum. Dengan OmiseGo, pelanggan dan pengembang akan memiliki jalan untuk terlibat langsung dengan mata uang yang terdesentralisasi di zona nyaman mereka. Melalui antarmuka dompet digital yang ramah, yang tidak memaksa perubahan perilaku apapun, pengguna juga akan mendapatkan kebebasan dalam pengaturan Cashflow (arus uang keluar-masuk) dari mata uang terdesentralisasi, seperti BTC dan Altcoins lain.

Saat ini, pengguna OmiseGo adalah konglomerat global di bidang keuangan seperti SBI Holdings, Mizuho Bank Ltd, Bank Ayudhya, Mobile dan E-Money seperti TrueMoney, serta berbagai perusahaan terkait sektor rantai pasokan.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.