Minimal Deposito Di Bank BCA, BRI, BNI, Dan Mandiri

Berapa minimal deposito di bank? Apakah beberapa ratus ribu saja bisa, atau perlu dana jutaan? Ini dia data minimal deposito di bank BCA, BRI, BNI, dan Mandiri.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Deposito merupakan sebuah produk perbankan menarik bagi orang-orang yang ingin dananya meningkat tanpa repot investasi dan bekerja sendiri. Berbeda dengan tabungan yang dipotong biaya administrasi rutin hingga lama kelamaan habis, uang yang didepositokan akan terus bertambah jumlahnya meskipun hanya didiamkan saja di bank karena mendapatkan bunga lebih besar. Namun, satu hal sering menjadi pertanyaan, yaitu berapa minimal deposito di bank? Apakah beberapa ratus ribu saja bisa, atau perlu dana jutaan? 


Dalam artikel ini, kita akan mengulas mengenai berapa minimal deposito di bank - bank terbesar Indonesia, yaitu bank BCA, BRI, BNI, dan Mandiri; beserta sekilas keunggulan yang membedakan produk deposito masing-masing bank.

 

Minimal Deposito Di Bank BCA BRI BNI Mandiri

 

 

Minimal Deposito Bank BCA

Bank swasta terbesar di Indonesia ini menyediakan dua jenis deposito berdasarkan mata uang dasarnya, apakah Rupiah atau Valas.

Minimal Deposito Rupiah: Rp8,000,000.

Minimal Deposito Valas: USD1,000, SGD2,000, HKD8,000, AUD2,000, JPY150,000, GBP1,000, EUR1,000, atau CNY7,000.

Dibandingkan bank umum lainnya, minimal deposito di bank BCA terhitung rendah. Selain itu, ada beberapa keunggulan yang bisa didapat nasabah:

  • Ada 9 jenis mata uang yang bisa dipilih.
  • Bunga Deposito dapat ditransfer langsung ke rekening tabungan, baik di bank BCA maupun bank lain.
  • Nasabah bisa memilih sendiri jangka waktu (1, 3, 6, atau 12 bulan) dan metode pengelolaan deposito (Non-ARO, ARO, atau ARO Plus).
  • Menurut data saat artikel ditulis, bunga mulai dari 4.3% untuk Deposito Rupiah dengan tenor 1 bulan.

ARO (Automatic Rollover) merupakan perpanjangan otomatis atas dana pokok deposito setelah mencapai tanggal jatuh tempo. Deposito Non-ARO berarti tidak akan diperpanjang otomatis. Sedangkan ARO Plus mengacu pada perpanjangan otomatis atas dana pokok dan bunga setelah mencapai jatuh tempo.

 

 

Minimal Deposito Bank BRI

Bank yang terkenal memiliki jaringan luas hingga ke desa-desa pelosok di seluruh penjuru nusantara ini menetapkan minimal deposito sebagai berikut:

Minimal Deposito Rupiah: Rp10,000,000.

Minimal Deposito Valas: USD1,000, SGD2,000, HKD10,000, AUD2,000, JPY150,000, GBP1,000, EUR1,500, atau CNY8,000

Angka-angka itu dapat dikatakan cukup tinggi, tetapi nasabah juga bisa menikmati sejumlah kemudahan lain:

  • Opsi jangka waktu deposito antara (1, 3, 6, 8, 12, 18, 24 dan 36 bulan). Pilihan metode pengelolaan antara Non-ARO, ARO, dan ARO Plus (Add-On).
  • Pencairan sebagian nominal Deposito tanpa merubah nomor rekening.
  • Saat jatuh tempo, deposito bisa ditarik tunai, dipindahbukukan ke rekening BRI, atau ditransfer ke rekening bank berbeda.
  • Menurut data saat artikel ditulis, bunga mulai dari 5.1% untuk Deposito Rupiah dengan tenor 1 bulan.

 

 

Minimal Deposito Bank BNI

Minimal deposito di bank BNI sama dengan aturan rekan sesama bank pelat merahnya di atas. BNI juga menyediakan enam opsi mata uang asing untuk deposito, dengan syarat minimal berbeda-beda.

Minimal Deposito Rupiah: Rp10,000,000.

Minimal Deposito Valas: USD1,000, SGD2,000, HKD8,000, JPY150,000, GBP1,500, atau EUR1,000.

Benefit lainnya dari deposito di bank BNI meliputi:

  • Deposito dapat dijadikan sebagai jaminan kredit.
  • Bunga dapat ditransfer ke rekening Tabungan ataupun Giro.
  • Nasabah bisa memilih sendiri jangka waktu (1, 2, 3, 6, 12, atau 24 bulan) dan metode pengelolaan deposito (Non-ARO, ARO, atau ARO Plus).
  • Menurut data saat artikel ditulis, bunga mulai dari 5.1% untuk Deposito Rupiah dengan tenor 1 bulan.

 

 

Minimal Deposito Bank Mandiri

Bank Mandiri bukan hanya menyediakan pilihan deposito dalam beragam mata uang, tetapi juga memungkinkan pembukaan deposito online via Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call. Besar minimal deposito berbeda-beda.

Minimal Deposito Rupiah

  • Pembukaan melalui kantor cabang Rp10,000,000.
  • Pembukaan melalui e-Banking (Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call) Rp1,000,000.

Minimal Deposito Valas (hanya lewat kantor cabang): USD1,000, SGD1,000, HKD10,000, AUD2,000, JPY150,000, GBP1,000, EUR1,000, CHF2,000, atau CNY7,000.

Dibandingkan perbankan top Indonesia lainnya, bank Mandiri memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk nasabah yang membuka deposito. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Nasabah bisa memilih sendiri jangka waktu (1, 3, 6, 12, atau 24 bulan) dan metode pengelolaan deposito (Non-ARO, ARO, atau ARO Plus).
  • Deposito dapat dibuka atas nama dua orang pribadi (joint account).
  • Menutupan deposito Non-ARO dan pembatalan perpanjangan deposito otomatis (ARO) bisa dilakukan melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call khusus untuk deposito yang dibuka melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.
  • Deposito dapat dijadikan sebagai jaminan kredit.
  • Menurut data saat artikel ditulis, bunga mulai dari 5% untuk Deposito Rupiah dengan tenor 1 bulan. 

 

 

Demikianlah minimal deposito di bank - bank terbesar Indonesia dan keunggulannya masing-masing, termasuk bunga. Bunga deposito saat ini berkisar antara 4-5%, sehingga terhitung rendah. Namun, bukan tidak mungkin ke depan akan meningkat jika Bank Indonesia mendongkrak suku bunga acuan. Untuk mengetahui data terkini, Anda dapat membandingkan dengan memantau data suku bunga deposito.

Adakah yang menarik bagi Anda? Jika ya, segera persiapkan dokumen dan dana, lalu buka deposito di kantor cabang bank terdekat. Syarat dokumen biasanya hanya identitas diri (KTP, SIM, atau Paspor), NPWP (opsional), serta bea meterai. CS Bank terkait akan memberikan formulir untuk diisi sesuai dengan spesifikasi deposito yang Anda inginkan serta mengumpulkannya kembali beserta dokumen-dokumen tadi, lalu langsung memproses pembukaan deposito saat itu juga.

Alumnus Fakultas Ekonomi yang telah mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental, biasa trading forex dan saham menggunakan Moving Averages dan Fibonacci. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.

19 JUL 2019
BANK
BANK CENTRAL ASIA 5.5 5.8
BANK DANAMON INDONESIA 6 6
BANK MANDIRI 4.3 5.3
Selengkapnya