OctaFx

iklan

Panduan Dasar Indikator BBMA OA Dan Cara Menggunakannya

BBMA OA adalah sebuah indikator teknikal yang ramai digunakan trader Malaysia, Indonesia, dan Brunei. Berikut beberapa panduan dasar penggunaannya.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

BBMA Oma Ally (OA) adalah sebuah sistem trading yang dibuat oleh seorang trader asal Malaysia bernama Oma Ally. Beliau sendiri sudah membantu banyak trader sejak 2010 dengan sistem ini. Nama BBMA diambil dari gabungan dua buah indikator yang digunakan pada sistem trading ini, yaitu Bollinger Bands dan Moving Average. Dengan penelitian dan pengujian selama bertahun-tahun, dirumuskanlah BBMA OA.

 

 contoh bbma

 

BBMA OA sudah ramai di kalangan trader Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Komunitas gabungan dari trader Malaysia, Brunei, Indonesia, dan beberapa negara lain yang tercatat pada sebuah grup di aplikasi telegram sudah sampai 2,800 orang, sedangkan di Indonesia sendiri sudah mencapai kurang lebih dari 400 orang. Di kalangan komunitas Indonesia, BBMA OA terkenal dengan tingkat ketajaman entry, waktu floating yang rendah, dan yang paling utama adalah entry berlapis-lapis.

 

Bollinger Bands Dan MA Dengan Banyak Fungsi

Sebelum memasuki BBMA OA lebih dalam, berikut indikator-indikator yang digunakan beserta setting-nya:

indikator bbma

 

Bollinger Bands

Bollinger Bands (BB) merupakan indikator yang sangat penting dalam BBMA OA. BB diciptakan oleh John Bollinger sebagai penentu sentimen, bias dan mengukur volatilitas pasar. Dalam BBMA OA, BB memiliki beberapa kaidah, antara lain:

 

  • BB Sebagai SnR Dinamis Dan Untuk Melihat Volatilitas Pasar

Seperti yang disampaikan di atas, BB dapat digunakan sebagai pengukur volatilitas dan sentimen atau bias pasar. Untuk memperhatikan volatilitas ini, hal yang harus diperhatikan adalah bentuk dari BB tersebut, apakah termasuk BB Mengembang atau BB Mendatar.

 

Bentuk Bollinger Bands BB

 

BB Mendatar adalah saat Top, Mid, dan Low BB cenderung sejajar. Ingat, kata cenderung disini berarti tidak selamanya bentuk BB akan terlihat sejajar dengan sempurna. Keadaan datar ini mengindikasikan bahwa market sedang dalam keadaan ranging atau sideway. Salah satu ciri yang paling jelas dari BB Mendatar adalah harga yang sering mondar-mandir dari Top ke Low BB, atau sebaliknya. Perhatikan gambar di bawah ini, bagaimana BB mengawal harga dan me-reject-nya dalam keadaan BB Mendatar.

 

Bollinger Bands BB sebagai support dan resistance

 

 

BB Mengembang adalah saat ketika harga berhasil menembus Top/Low BB dalam keadaan yang membuka. Penembusan BB oleh harga dan diakhiri dengan keadaan close Candle di luar BB yang mengembang, bisa menjadi tanda sebagai momentum baru untuk market melanjutkan perjalanan ke arah tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini saat harga berhasil menembus dan Candlestick (CS) close di luar BB yang sedang mengembang.

 

Momentum Bollinger Bands

 

  • BB Untuk Melihat Arah Trend

Seperti yang pernah disebutkan di atas, BB memiliki 3 buah garis yaitu Top, Mid dan Low BB. Mid BB disini berfungsi sebagai batas. Coba perhatikan gambar di bawah ini. Perhatikan, saat sedang Up Trend (UP) maka harga condong berada pada bagian atas Mid BB? Sedangkan saat Down Trend (DT) maka harga condong brada pada bagian bawah Mid BB?

 

Down Trend pada BB

 

Up trend BB atas

 

Moving Average

Moving Average atau biasa disebut MA, merupakan indikator yang merata-rata harga pada suatu periode waktu tertentu dalam suatu pasar. Dalam perkembangannya, MA telah berkembang dengan berbagai macam model perhitungan untuk melakukan sampling dalam mencari nilai rata-rata tersebut. Secara umum, MA berfungsi sebagai pembaca arah trend serta sebagai Support dan Resistance yang dinamis. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 

Moving Average sebagai filter trend

 

Moving Average reject price

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat 5 buah MA yang akan digunakan dalam BBMA. Masing-masing MA ini memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing dalam BBMA OA. Secara rinci fungsi-fungsi tersebut akan dibahas secara terpisah nanti.

 

3 Kaidah Entry BBMA OA

Dalam BBMA OA, terdapat dua jenis keadaan yang harus selalu diperhatikan. Keadaan pertama adalah saat ada MA5/10 yang keluar dari BB, dan keadaan saat terdapat Candlestick yang close di luar BB. Keadaan-keadaan ini yang mendasari 3 kondisi signal dan entry dalam BBMA OA.

 

1. Extrem

Dalam keadaan kenaikan atau penurunan harga, bukan saja candle yang dapat keluar dari BB, MA pun dapat keluar dari BB. Extrem adalah keadaan saat MA 5/10 keluar dari Top atau Low BB. Extrem yang valid ini ditandai dengan beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat pada gambar di bawah ini. 

 

Extrem BBMA

 

Keadaan yang dicontohkan di atas adalah syarat minimal sebuah kondisi extrem dinyatakan valid. Keadaan tersebut adalah:

  1. MA 5 atau 10 keluar dari Top atau Low BB.
  2. Terdapat candle Reversal yang close di dalam BB atau sekedar di bawah/atas MA5.

Setelah kedua syarat tersebut terpenuhi, maka pada candlestick nomor 3 lah yang akan menjadi tempat entry kira. Candlestick tersebut diberi nama Candlestick Retest, entry dilakukan saat harga mencoba kembali menembus harga yang sempat menembus Top/Low BB sebelumnya namun tidak mampu. Karena sinyal dan entry ini yang bersifat ekstrim dan berbahaya, maka terdapat TP wajib yang tidak boleh dilanggar terutama untuk pemula. Take Profit atau TP wajib tersebut ada di MA 5/10 yang tidak menembus keluar BB.  Menilik dari contoh yang disajikan di atas, MA 5 High keluar dari Top BB dan syarat yang lain telah terpenuhi maka TP wajib kita berada pada MA 5 Low.

Untuk contoh signal dan entry extrem sendiri dapat dilihat pada gambar di bawah nanti. Seperti yang dijelaskan di atas, sinyal extrem dalam BBMA OA ini tergolong ekstrim dan berbahaya. Kebanyakan sinyal extrem ini hanya digunakan sebagai tanda awal bahwa suatu trend akan segera habis. Sehingga tidak banyak yang menggunakan jenis entry ini, kecuali jika belum paham betul esensi dari trading BBMA OA.

 

2. Market Hilang Volume (MHV)

Market Hilang Volume atau MHV akan berlaku setelah terjadinya extrem. MHV adalah kondisi saat harga sudah tidak memiliki kekuatan untuk meneruskan perjalanan. Sinyal MHV ini biasanya memiliki ciri-ciri candlestick tidak akan mampu menembus kembali Top/Low BB. Untuk contoh MHV bisa diliat pada gambar di bawah ini.

 

 Contoh MMHV

  

Jika ditelaah dari bentuk pattern dan polanya, MHV ini biasanya berbentuk Double Top, Triple Top, Head and Shoulder, dan Inverse Head and Shoulder. Berikut beberapa list bentuk MHV beserta salah satu contohnya entry-nya. Karena banyaknya jenisnya, diharapkan untuk tidak terburu-buru masuk pada signal ini. Baiknya, tandai setiap harga tertinggi yang tidak dapat menembusi kembali Top/Low BB.

Berikut macam-macam jenis MHV:

 

jenis-jenis MHV dalam BBMA

 

Berikut salah satu contoh open posisi dari MHV di BBMA OA:

 

Open posisi MHV

 

3. Reentry

Sebelum memasuki jenis entry yang paling baik dan selamat ini, akan dijelaskan sedikit perihal Candlestick Arah (CSA) dan Candlestick Momentum (CSM).

  • Candlestick Arah (CSA)

Candlestick arah merupakan signal awal perubahan harga yang biasanya terjadi pasca extrem dan MHV. CSA pada BBMA berfungsi sebagai salah satu panduan kita kemana harga akan bergerak dalam jangka waktu dekat. CSA sendiri terbagi 2 yaitu CSA awal dan Kukuh, saat CS close hanya melewati MA 5 dan 10 saja. Sedangkan CSA Kukuh adalah CS close melewati MA 5, 10 dan Mid BB. Contoh CSA dapat dilihat pada gambar di bawah nanti.

  • Candlestick Momentum (CSM)

Candlestick Momentum merupakan signal awal dari suatu market yang mulai memiliki kekuatan untuk bergerak. CSM ini ditandai dengan CS yang close di luar BB (Top maupun Low) yang mengembang. Contoh CSM dapat dilihat pada gambar di bawah nanti.

 

 contoh csa dan csm

 

CSA dan CSM ini merupakan signal buat kita agar mempersiapkan entry. Bukan entry langsung pada saat terjadinya CSA atau CSM, BBMA mewajibkan kita agar hanya masuk posisi pada MA5/10 High dan Low saja. Sebagai contoh Jika terjadi CSM pada Top BB, kita harus menunggu di MA 5 atau 10 Low dulu untuk melakukan Entry Buy. Perhatikan gambar contoh CSA dan CSM. Saat reentry di CSA Kukuh pada MA 5/10 Low, candle tidak ada yang close menembus MA tersbut. 

 

reentry pada CSA

 

Perhatikan pula saat reentry di CSM pada MA 5/10 High berikut ini, candle tidak ada yang close menembus MA tersebut.

 

Reentry pada CSM

 

Menurut cik gu Oma Ally, reentry adalah jenis entry paling aman untuk dilakukan oleh pemula. Terutama jika reentry yang dilakukan sesuai dengan arah trend yang sedang berlaku.

 

Trading dengan BBMA

Jadi bagaimana cara trading dengan BBMA? Setelah dijelaskan beberapa signal, setup dan entry di atas, diperbolehkan mengikuti dan masuk dalam setiap kondisi-kondisi market tersebut. Ada juga beberapa trader BBMA yang menyediakan akun-akun yang berbeda untuk setiap entry, dan memang ada yang hanya menguasai satu jenis entry saja.

Jika ingin trading dengan semua entry yang dijelaskan di atas, harap dilakukan jika benar-benar sudah menguasai masing-masing jenis entry, baik urutan terjadinya, jenis-jenisnya, setupnya, dan jangan lupa untuk hanya masuk suatu posisi di MA5/10 High/Low.

 

TL;DR

Malas membaca tulisan di atas? Tim SeputarForex telah merangkup sedikit dalam diagram BBMA OA di bawah ini:

 

Diagram BBMA

 

Sebagai contoh dari diagram BBMA di atas:

  1. Harga Bergerak menembus Top BB, MA5 keluar dari BB dan terjadi extrem lengkap dengan berbagai syaratnya. Saat semua syarat terpenuhi, entry di Candle Retest.
  2. Setelah Candle Retest, harga pasti akan kembali ke MA5/10 Low tempat dimana kita wajib menutup posisi.
  3. Setelah extrem terpenuhi, harga akan berusaha untuk mencoba kembali membuat momentum ke atas. Jika harga tidak mampu membuat momentum kembali dengan menembus Top BB maka tandai Body tertinggi candle retest. Entry Saat candle retest tersebut. NB: MHV memiliki banyak jenis. Jangan lupa perhatikan pola candle-nya.
  4. Setelah terjadi MHV, harga akan membuat arah baru dengan langsung membentuk CS Arah Kukuh atau hanya CS arah biasa.
  5. Entry dari CSA dengan menggunakan signal reentry di daerah sekitar MA5/10. Ingat syarat-syarat reentry!
  6. Setelah reentry harga akan membuat momentum dengan arah baru. Momentum terjadi dengan adanya close candle melewati Top atau Low BB. Hal ini merupakan signal untuk bersiap-siap melakukan reentry.
  7. Entry dari CSM dengan menggunakan signal reentry di daerah sekitar MA5/10. Ingat syarat-syarat reentry.
  8. Jika harga terus melanjutkan perjalanan, maka lakukan terus reentry di tempat-tempat yang sesuai. NB: Ingat hanya boleh open posisi di MA5/10

 

chart lengkap bbma

 

Ekstra : Setelah reentry pada CSM diselesaikan dan menjadi trend yang kuat, akan selalu terbentuk sideway (BB Datar) sebelum harga melanjutkan perjalanananya. Disinilah peluang kita untuk melakukan reentry berulang-ulang.

 

BBMA Extra

 

What’s Next?

Hal yang dituliskan pada artikel ini hanyalah basic dari cara penggunaan BBMA OA. Masih terlalu banyak hal yang bisa dibahas mengenai BBMA OA dan tidak mungkin diselesaikan dalam satu artikel ini. Hal-hal tersebut seperti fungsi masing-masing MA, bagaimana mengetahui bahwa MHV, CSA, atau reentry itu valid, bagaimana melihat BBMA dengan multi-timeframe, atau mungkin bagaimana cara agar bisa open posisi seperti gambar di awal artikel ini tadi? Tunggu dan ikuti terus SeputarForex atau kalian bisa langsung ikut di komunitas "BBMA Indonesia" pada aplikasi Telegram. 

 

Entry berlapis-lapis BBMA

Meski berlatar belakang jurusan Biomedical Engineering, Muh Nuzul sudah menjadi trader forex sejak tahun 2013. Dengan dasar tekniknya, penulis ahli dalam membuat indikator dan Expert Advisor Metatrader. Hobi membaca dan menulis sejak kecil dan mulai aktif menulis di Seputarforex karena ingin membagikan pengetahuan selama menjadi trader.


Kurniawan
Kapan ini rilis artikel kelanjutan untuk BBMA?
Muh Nuzul
Masih sedang dalam penyusunan bang. Sabar ya
Kurniawan
Makasih kakak
M.muslim
jadi entrynya lewat rejection hilo ma 5/10?
Muh Nuzul
Secara simplenya begitu bang. Tapi untuk cara susah dan ampuhnya juga ada
M.muslim
lalu aturan exitnya bagaimana?
Muh Nuzul
sinyal extrem = ma5Sinyal mhv = mid bb atau top/low bbSinyal reentry = top/low bb
Terima kasih
M.muslim
ditunggu post berikutnya/ ciri2 entry valid?
Muh Nuzul
Siap pak. terima kasih atas kesabarannya. Mungkin bisa join2 di grup telegram BBMA indonesia pak buat belajar2. Di sana semua materi dibagikan gratis kok.
M.muslim
wah gapunya telegram. saya masih bingungnya itu tp sama cutlossnya bagaimana?
M.muslim
entry retest mhv dimana ya???
Ahmad
silahkan bergabung di telegram @bbmaindonesia disana dibahas materi lanjutan dari dasar materi ini .... sekaligus live trading.
Muh Nuzul
Link untuk join channel sudah saya sematkan di artikel. Terima kasih bang matt
Yusuf
Salut dengan bang muh nuzul sudah mau berbagi ilmu seputar forex lewat artikel ini, makasih bang sangat bermanfaat buat sy.
Muh Nuzul
Terima kasih atas apresiasinya.