Pilihan Investasi Kripto Terbaik Di Tahun 2019

287521

Antara Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Ripple, manakah kripto unggulan yang menyajikan peluang terbaik di tahun 2019? Berikut ulasan lengkapnya.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak Altcoin terus bermunculan, dan bahkan beberapa mendapatkan respon baik dari komunitas kripto, koin kripto teratas masih menyajikan peluang terbaik untuk investasi. Namun yang masih menjadi tanda tanya adalah: akankah mata uang kripto utama seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Ripple, masih mampu melipatgandakan investasi Anda di tahun 2019?

Investasi Kripto Terbaik 2019

 

Bitcoin: Fokus Pada Masalah Kecepatan

Tahun 2018 menjadi tahun fluktuasi yang mengerikan karena kecenderungan pasar bearish Bitcoin. Karena itu, Bitcoin akan lebih berfokus pada peningkatan pemanfaatan Lightning Network di tahun ini. Sejauh ini, Bitcoin hanya mampu memproses 7 transaksi per detik. Rendahnya kecepatan pemrosesan tersebut membuat kritik terus berdatangan dari para pengembang. Nah, Lightning Network yang dibuat pada tahun 2017, baru-baru ini mengalami kemajuan karena adopsi oleh startup pemrosesan pembayaran CoinGate dan dukungan dari 4,000+ node. Rilis Lightning Network versi lengkap akan berlangsung pada 2019, dan ini dapat memberikan langkah awal baru bagi Bitcoin.

 

Ethereum: Upgrade Dan Hardforks

Selama tiga tahun terakhir, Ethereum berfungsi sebagai platform Blockchain untuk membuat D-Apps dan game. Sudah ada lebih dari 2,000 D-Apps yang dibangun di atas platform Ethereum, dan jumlahnya terus meningkat. Hal itu menimbulkan kekhawatiran tentang skalabilitas, sementara tim pengembang belum memberikan konfirmasi tentang kemungkinan peningkatan jaringan.

Pembaruan terakhir yang terjadi di jaringan Ethereum adalah Constantinople yang telah dirilis pada Januari 2019. Soft Fork ini telah meningkatkan efisiensi Blockchain Ethereum, mengurangi reward atau hadiah blok untuk penambangan, dan membuat sistem lebih tahan ASIC.

Hardfork Ethereum

(Baca juga: 5 Fakta Penting Hardfork Ethereum Constantinople)

Ini memang menjadi berita buruk bagi penambang, tetapi bagus untuk calon investor. Upgrade jaringan Ethereum berikutnya pada tahun ini adalah implementasi protokol dan sharding Casper. Casper memungkinkan peralihan dari protokol Pow (Proof-of-Work) ke PoS (Proof-of-Stake), dan memecahkan masalah konsumsi daya yang serius selama penambangan. Sharding akan memberikan kecepatan transaksi yang lebih tinggi. Satu simpul tidak harus lagi memproses setiap transaksi dalam blockchain untuk operasi baru yang akan dilakukan. Selain itu, masih ada 2 Hardfork lagi yang akan terjadi di jaringan Ethereum, yaitu Classic Vision dan Ethereum Nowa.

Beberapa ahli ragu jika harga Ethereum akan mengalahkan rekor sebelumnya. Namun, spesialis Blockchain seperti Julian Hosp memiliki pendapat yang berlawanan. Ia mengklaim bahwa kapitalisasi pasar Ethereum dapat mencapai $200 miliar pada akhir tahun ini, yang berarti bahwa harga ETH dapat mencapai $2000. Prediksinya sebagian besar didasarkan pada ICO yang tidak diorganisir pada Blockchain Ethereum.

Sementara menurut Joseph Raczynski, pendiri JoeTechnologist.com, Ethereum akan mencapai $1,200 pada akhir tahun 2019. Prediksinya didasarkan pada kenyataan bahwa Blockchain Ethereum akan menggunakan PoS, model konsensus yang paling terpercaya. "Mereka (Ethereum) adalah salah satu proyek paling nyata hingga saat ini. Hampir semua organisasi besar menguji platform ini," ujar Raczynski.

 

Litecoin: Target Pembayaran Kripto Sehari-hari

Sementara Bitcoin dipandang sebagai kripto terbaik, orang lebih suka menyimpannya daripada menggunakannya untuk transaksi sehari-hari. Litecoin adalah Hardfork yang dirancang untuk memungkinkan pembayaran mikro reguler, sehingga bisa melengkapi kekurangan Bitcoin dari segi ini. Tim Litecoin sejauh ini telah menyelenggarakan kampanye untuk mendorong penggunaan mata uang kripto pada pembayaran sehari-hari di situs paywithlitecoin.co.

Situs tersebut menjelaskan bahwa Litecoin mampu memberikan manfaat utama seperti biaya rendah dan kecepatan transaksi tinggi. Dengan dirilisnya Litecoin Core 0.17, biaya transaksi dengan LTC akan menjadi lebih rendah lagi. Pembaruan ini akan diperkenalkan pada kuartal awal tahun 2019. Selain itu, Litecoin akan memungkinkan lebih banyak transaksi anonim di Blockchain untuk menarik pengguna baru. Penjelasan terakhir yang diberikan oleh Charlie Lee (pendiri Litecoin) adalah: "Anonimitas akan menjadi prioritas Litecoin di tahun ini."

 

Ripple: Fokus Pada Investor Institusional

Saat ini, Ripple digadang-gadang akan menjadi Bitcoin berikutnya pada tahun 2019. Mengapa? Jawabannya adalah berkat dukungan dari investor institusional. Bank-bank terbesar di dunia sudah menjalin kerjasama dengan Ripple, sehingga mereka bisa menjadi katalisator pengembangan Ripple di tahun ini.

Jika prediksi Ripple positif terwujud, harganya bisa naik dua kali lipat tahun ini, atau bahkan mencapai ambang batas $5. Beberapa pakar kripto bahkan mengklaim jika Ripple akan mencapai $20 pada tahun 2019.

Ripple 2019

Berikut ini adalah beberapa daftar investor besar yang telah mulai menjalin hubungan dengan Ripple :

  • SBI Investment
  • IDG Capital
  • Hinge Capital
  • Digital Ventures
  • Core Innovation Capital
  • Santander InnoVentures

Lebih lanjut, Ripple telah memberikan jutaan nilai pada para pemegang saham. CEO sebelumnya, Chris Larsen, memegang 17% saham di perusahaan dan 5.19 miliar koin XRP, yang memberinya total sekitar $37.3 miliar. CEO Ripple saat ini, Brad Garlinghouse, memegang 6.3% saham di Ripple dan token bersihnya diperkirakan setidaknya mencapai $9.5 juta.

 

Keunggulan 4 Kripto Terbaik Saat Ini

Untuk perbandingan selanjutnya, mari kita buat ringkasan mengenai kelebihan dari masing-masing koin kripto di atas:

 

Bitcoin

  • Pemilik kapitalisasi pasar terbesar.
  • Direncanakan untuk mengalami perbaikan teknis pada tahun 2019.
  • Pengantar aktif dalam eCommerce.
  • Masih banyak hype yang tersisa.

 

Ethereum

  • Digunakan untuk membuat D-Apps.
  • Memastikan kecepatan TPS optimal.
  • Direncanakan untuk mengalami perbaikan teknis pada tahun 2019.

 

Litecoin

  • Dioptimalkan untuk transaksi sehari-hari.
  • Memiliki kecepatan transaksi lebih tinggi dari Bitcoin.
  • Masih bisa ditambang.
  • Akan memastikan tingkat anonimitas yang lebih tinggi.

 

Ripple

  • Dukungan besar dari investor institusional.
  • Pemilik kapitalisasi pasar terbesar kedua.
  • Harga masih murah.

 

Trend 2019 Untuk Strategi Trading Anda

Jika Anda masih tidak yakin mengenai pilihan mana yang harus diambil, mari kita amati trend kripto utama tahun ini.

 

1.Trading margin kripto telah kehilangan popularitasnya.

Banyak orang yang telah kehilangan uang mereka di perdagangan margin kripto. Mereka juga dihalangi oleh pajak pendapatan atas keuntungan mereka, sehingga profitabilitas perdagangan margin semakin dipertanyakan. Ini artinya, investor akan lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan, dan bursa kripto akan menghadapi persaingan ketat.

Akan muncul dua efek dari situasi ini, yaitu:

  • Pertama, bursa kripto akan merugi karena volume perdagangan antar mata uang kripto yang rendah.
  • Kedua, investor institusional tidak mungkin berinvestasi ke dalam sesuatu yang tidak diperdagangkan dengan fiat.

 

2. Volatilitas harga akan mereda.

Pasar akan mengalami stabilitas lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, dan ini bagus untuk investor institusional karena mereka dapat masuk pasar dengan keyakinan lebih tinggi terhadap stabilitas pertumbuhan pasar kripto.

 

3. Berita dan rumor pasar tak akan banyak memicu sensasi.

Ini berarti tidak ada spekulasi pada berita kripto, karena semua investor sudah belajar melalui serangkaian pengalaman di masa lalu, dan akan lebih skeptis terhadap rumor.

 

4. Lebih banyak investor institusional akan terlibat.

Para investor setingkat institusional memiliki pendekatan yang sangat serius dalam memilih proyek-proyek Blockchain, sehingga hanya perusahaan yang paling mapan yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan dana investasi. Tentu saja, masih dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kestabilan harga di pasar kripto. Namun, Bitcoin berjangka dan sekuritas kripto bisa mengawali proses tersebut dengan meyakinkan.

 

5. Rally tidak mungkin terjadi dalam sekejap.

Pasar harus pulih dari periode bearish. Aturan emas Wall Street adalah bahwa pasar bearish datang tiba-tiba, sementara pasar hanya akan naik secara bertahap.

 

6. Skalabilitas terus menjadi masalah.

Meskipun ada berbagai peningkatan yang akan dilakukan di masa mendatang, banyak Blockchain kripto masih tidak dapat menyelesaikan masalah kecepatan transaksinya.

Masalah Skalabilitas Bitcoin

(Baca juga: Masalah Skalabilitas Bitcoin: Biaya Transaksi Menjadi Semakin Mahal)

 

7. Ruang kripto menjadi lebih matang.

Berbagai pemerintah dunia telah memiliki rencana untuk meluncurkan mata uang kripto nasional. Ini mungkin memberikan efek positif dan kenaikan harga di pasar kripto, karena lebih banyak orang akan terlibat dalam ruang lingkup kripto.

 

8. Token sekuritas sangat ditunggu-tunggu para investor

Tidak seperti aset kripto biasa, token sekuritas akan mewakili beberapa saham tertentu di perusahaan, yang berarti mereka akan memiliki nilai riil. Selain itu, penawaran token sekuritas memiliki model penggalangan dana yang lebih baik dan aman daripada ICO, sehingga banyak investor akan lebih tertarik mencobanya.

 

Tidak hanya soal kripto paling potensial untuk investasi, tahun 2019 juga menyajikan peluang spesial untuk para penambang. Penasaran? Sima pembahasan lengkapnya di artikel Mata Uang Kripto Terbaik Untuk Ditambang Di Tahun 2019.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.