Advertisement

iklan

Rahasia Trading Forex

Rahasia trading forex membuka pikiran Anda mengenai hal-hal yang harus Anda pelajari dan persiapkan untuk menuju kesuksesan dalam bertrading.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Rahasia trading forex adalah sesuatu yang menarik untuk dipelajari. Pasalnya, jika seorang trader sudah memahami rahasia trading forex, hal ini memungkinkan mereka untuk menerapkan teknik tertentu dalam bertrading yang mampu meminimalkan risiko loss, memperbesar persentase profit, dan memiliki akurasi tinggi dalam membaca pergerakan pasar. Hasil yang didapatkan pun juga akan lebih besar.

Pada dasarnya, rahasia trading forex akan dipahami dengan sendirinya, seiring dengan bertambahnya pengalaman Anda dalam bertrading. Yang jelas, trading bukan kemampuan bawaan sejak lahir, sehingga semua harus benar-benar dipelajari dari nol.

Untuk bisa menuju kesuksesan dan menemukan rahasia trading forex, sejumlah pengalaman dan jam terbang yang cukup harus dilalui. Bahkan, sesekali perlu mengalami pahit dan manis-nya trading. Pertanyaanya, mungkinkan rahasia trading forex itu benar-benar ada? Jawabannya bisa Anda simak melalui penjelasan di bawah ini.

 

Apakah Rahasia Trading Forex Itu Ada?

Pada era '80-an, ada seorang trader sukses bernama Richard Dennis, dan seorang rekan sekaligus pengikutnya William Eckhardt yang mampu membuktikan bahwa rahasia trading forex itu ada.

Rahasia Trading Forex

(Baca juga: 7 Psikologi Trading Yang Diajarkan Richard Dennis Kepada Trader)

Dari sekitar 1000 orang yang yang mendaftar di tahun 1983, Dennis merekrut dan melatih 12 orang yang di kenal dengan sebutan turtles,  beberapa di antara mereka sekarang telah sangat sukses di bisnis ini.

Salah satu turtles adalah Curtis Faith yang membuka Account sebesar 2 juta Dolar AS. Dalam waktu singkat, Account-nya telah menjadi 31 juta Dolar AS. Kisah para turles ini kemudian diangkat dalam sebuah buku yang berjudul New Market Wizard, Silent of the Turtles. Di buku tersebut juga disebutkan bahwa para turtles ini berhasil melipat gandakan beberapa ribu dolar menjadi 200 juta dolar secara konsisten. Tetapi dengan alasan agar tidak merusak pasar, mereka terikat kontrak untuk bungkam mengenai rahasia trading mereka.

Dari pernyataan di atas, dapat kita simpulkan bahwa selagi kita punya komitmen ingin mempelajari sesuatu dan yakin, maka kita akan mengetahui rahasianya. Kita pun bisa setengah jalan menuju kesuksesan. Secara umum, ada 3 rahasia trading forex yang perlu Anda ketahui, antara lain menguasai emosi, bersikap independen, dan memperhatikan rilis berita penting.

 

1. Pentingnya Menguasai Emosi

Rahasia trading forex yang jarang disebutkan adalah bahwa hanya sekitar 3% trader forex yang benar-benar berhasil di bisnis ini. Sisanya cenderung gagal, karena mereka tidak sanggup menghadapi emosi (penguasaan emosi), terutama sifat takut dan tamak yang telah mendominasi dalam setiap aktivitas trading. Banyak juga yang terkapar karena transaksi forex dianggap remeh, yakni hanya menebak dua kemungkinan naik atau turun (disamakan dengan judi), padahal tidak sesederhana itu.

Penguasaan Emosi Trading

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa mengendalikan diri dan tidak terjebak oleh keserakahan trading? Anda harus memiliki mindset bahwa keserakahan akan berdampak buruk pada trading Anda. Solusinya, Anda bisa memiliki perencanaan trading yang mantap untuk mencegah Anda trading secara emosional.

Jangan pernah melibatkan emosi saat memeriksa trend, melihat grafik, level support dan resistance, melakukan analisa fundamental, hingga menempatkan posisi trading. Agar posisi tersebut terhindar dari emosi trading yang merugikan, jangan lupa untuk mengatur Stop Loss. Cara ini cukup efektif untuk menghindarkan Anda dari pengambilan keputusan trading saat posisi masih floating.

 

2. Bersikap Independen Itu Perlu

Rahasia trading forex yang kedua adalah menjadi independen. Hal ini perlu Anda terapkan saat memakai analisa apapun dalam trading. Misalnya Anda sudah mendedikasikan diri sebagai teknikalis sejati. Tentu Anda sudah memiliki setup chart sendiri. Jadi Anda tak perlu pusing memikirkan pendapat orang lain yang menggunakan setup chart berbeda, apalagi lebih memilih memakai analisa yang mereka pakai ketimbang milik Anda sendiri.

Daripada memperhatikan pendapat orang lain yang masih simpang siur dan belum tentu benar, alangkah baiknya jika Anda percaya dengan teknik yang sebelumnya sudah diuji dan digunakan. Utamakan independensi ketika mengambil keputusan dalam trading. Karena pada dasarnya, chart harga yang telah Anda buat pasti sudah mengandung semua informasi yang Anda butuhkan.

Selain mengutamakan independensi, Anda juga harus tetap realistis dalam trading. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Barbara Rockefeller dalam kolomnya di buku High Profits in High Heels

"Jangan terburu obsesi mencari semua peluang yang ada hingga tak tahu tempat dan waktu. Tetaplah realistis dalam menggunakan analisa teknikal. Jika pasar dalam keadaan tak tentu, maka menjauhlah dan jangan paksa untuk bertrading."

 

3. News Trading Bagai Pedang Bermata Dua

Terlihat menarik, tapi kenyataanya hal tersebut benar-benar riil sering terjadi di pasar forex. Peluang mengantongi ratusan pips dalam waktu singkat akan sangat tinggi pada saat ada perilisan berita-berita penting. Teknik menunggu momen pengumuman berita penting tersebut biasa disebut sebagai News Trading atau Trading The News.

Rahasia Trading Forex Dengan News Trading

(Baca juga: Cara Mudah Mengukur Sentimen Pasar Setelah Rilis Berita)

Sayangnya, teknik ini juga dianggap sebagai pedang bermata dua, karena terkadang harga tidak bergegas menuju arah yang diinginkan trader. Contohnya ketika data GDP (Gross Domestic Products) AS menunjukan adanya penurunan. Banyak yang memprediksi Dolar AS akan anjlok, tapi nyatanya Dolar AS malah menguat, atau bahkan tetap datar tidak bereaksi sama sekali.

Untuk mengantisipasi hal tak terduga tersebut, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan trader, salah satunya adalah memahami lebih dalam tentang memahami rilis berita berdampak tinggi, dan analisa fundamental secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga bisa menunggu hingga beberapa menit setelah rilis berita untuk open posisi, untuk bisa melihat sentimen pasar yang sudah terbentuk.

 

Kelebihan Bisnis Trading Forex

Meskipun trading forex memiliki berbagai rahasia yang berisiko, ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari bisnis ini. Beberapa di antaranya adalah:

Rahasia Trading Forex

  • Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri. Tidak ada atasan yang harus dipatuhi, Anda tidak akan takut untuk dipecat, dan tidak ada yang mengatur Anda.
  • Tidak terbatas waktu dan wilayah. Asalkan ada PC atau Laptop yang terhubung ke internet, maka Anda bisa melakukan aktivitas trading forex.
  • Modal yang relatif kecil. Anda bisa mulai trading forex hanya dengan 5 Dolar AS, bahkan ada yang gratis jika mendaftar di broker yang menyediakan bonus no deposit.
  • Memakai platform trading yang mudah dipahami. Platform trading mampu menampilkan pergerakan harga dari berbagai macam pair dan aset secara real time, dan memiliki fitur perangkat teknikal yang dapat diterapkan untuk keperluan analisa.
  • Memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Majalah Trader Daily pada artikel dengan judul The Trader Monthly 100 mengupas secara khusus 100 Trader terbaik di dunia, dengan perkiraan pendapatan di atas 50 juta Dolar AS per tahun. Salah satunya di sebutkan John Arnold (33 tahun) dari kota Houston di perkirakan mempunyai pendapatan 1.5 hingga 2 miliar Dolar AS per tahun.
  • Waktu yang fleksibel. Jika Anda menjadi seorang trader independen, Anda dapat melakukan aktivitas bisnis ini kapanpun dan dimanapun, karena tidak ada batasan waktu maupun wilayah.
  • Hampir semua orang mampu melakukannya. Untuk menjadi seorang trader Anda tidak perlu lulus dari jenjang pendidikan tertentu dan memiliki latar belakang akademis di bidang tertentu.

Kalau Anda seorang yang lemah jantung, takut mengambil risiko, lebih baik jangan terjun ke dunia forex. Sebab selain memberi peluang keuntungan tanpa batas, forex juga mengandung risiko kerugian yang besar, terutama bagi yang tidak bisa mengelola emosinya.

 

Itulah beberapa rahasia trading forex yang bisa meningkatkan peluang Anda memperoleh ratusan pips dalam waktu singkat. Namun, tahukah Anda bahwa ada trader yang berhasil mengembangkan 600 Dolar AS menjadi 100,000 Dolar AS? Informasi selengkapnya bisa Anda baca melalui artikel berikut: 5 Tips Dari Trader Yang Sukses Sulap $600 Jadi $100,000.

62021

Alumni Sastra Inggris yang sudah berkecimpung dalam dunia penulisan selama 8 tahun. Sudah mulai menulis sejak masih kuliah. Saat ini aktif sebagai penulis di seputarforex.com.

Kokoronotomo
tapi klo ane seh menjadikan forex juga sebagai salah satu alat untuk melatih pengendalian diri, dari forex jadi tau bersabar itu penting. serang target dengan berhati - hati, selalu mempertimbangkan resiko dan keuntungan dengan seimbang. mungkin hrsnya forex dimasukin kurikulum sekolah sebagai pembelajaran untuk melatih EQ wkwkkwkwXD
Saipul Junaedi
Emang bener deh apa kata engkong saya.. Dalam trading, hasrat adalah musuh utama. Ahihihihi..
Simas
wah hebat bener engkongnya jaman dulu udah pinter trading
Abdul M.

Trading adalah pertarungan melawan diri sendiri klw menurut saya, bukan pertarungan melawan pasar.

Firal

Kalau bertarung dengan diri sendiri itu namanya psikologi trading. Kalau sudah masuk pasar forex, kita bertarung dengan para pelaku pasar lainnya gan @Abdul M.

Deni Kartiko
betul sekali mengatakan jadi trader forex sama dgn kita jadi bos diri sendiri. tdk ada yang memerintahkan kita mst melakukan apa, masuk kerja jm brp dn pulang kerja kpn. semua jd tangung jwb kt sendiri, mulai dr thp belajar smp mengelola akun trding. tapi itu bkn artinya lantas kt bs bermalsa2an. sm sprti memulai bisnis pd umumnya, spy bisa sukses kt juga msti bljr baik2, melatih disiplin, kerja keras dn konsisten trhadap diri sendiri. mnurut sya justru krn tidak ada yg mendisiplinkan kita adalah tantangan trsendiri jd trader forex. kita msti bisa menetapkan trget sendiri dn menguasai dr sendiri untuk bs meraih kesuksesan. kerja bgs kita hnya dinilai dr profit dn kerja yg buruk akan berakibat kerugian. 2 akibat lngsung yg sangat brasa efeknya.
Romli
Setuju. Makax bener apa kata om kokoronotomo di atas. Trading sebetulx juga sekaligus bisa jadi sarana latihan pengendalian emosi diri. Tapi rasax ini kebalik juga Cz supaya berhasilkan mestinya kita butuh emosi yg stabil dulu baru trading.Bukanx trading dulu baru belajar.Yah klo ndak keberatan rugi di awal sih gpp Asal terus bisa bangkit n belajar cara kendalikan emosi trading yg baik. Paling aman mending buka akun trading jangan cuma karna pengen latian kendaliin emosi. Tapi karna pingin dapet penghasilan yg bisa diandalin dr forex. So semuax bisa diukur dari rate profit dr waktu ke waktu. Bukanx tujuan utama jdi trader emang itu yah? Supaya bisa dapet keuntungan?
M Gilang
Bacaan yang cukup bermanfaat. Saya sependapat di sini ada peringatan juga tentang resiko trading. Karena jika kita melihat dari contoh potensi keuntungan trading saja, maka bisa mengarahkan para pemula untuk mengharapkan outcome yang serupa. Misalnya saja, dari contoh John Arnold di atas, tentu kurang realistis kan kalau belum-belum kita sudah mengharapkan untuk bisa mencapai penghasilan yang sama dari trading? Sebenarnya kecilnya angka trader yang berhasil sukses sudah bukan jadi rahasia lagi di kalangan trader yang sudah paham, namun bisa jadi masih jadi informasi yang belum terungkap di kalangan pendatang baru. Maka itu, walaupun menjadi trader seseorang kemungkinan bisa mendapat penghasilan jutaan dolar seperti John Arnold, yang perlu ditekankan adalah bahwa trader seperti itu sangatlah sedikit, jika menurut artikel ini hanya 3% dari semua trader yang ada.
Ardi Syaffri
bisa minta contoh broker yang ngasi modal real $5? kok bisa da broker yg begitu? apa dia malah enggak rugi tuh ngasih modal ke trader? bukanya keuntungan broker juga salah satunya dari deposit klien yah? kalo soal modal virtual gratis sih, ane gak heran karna inikan cuma buat akun demo yg profit sama lossnya juga virtual. jadi gak ada yang bisa diwaithdraw dari situ. lah kalo dari modal di akun real kan bisa diwithdraw, misal modalnya dari broker sendiri apa bisa ntar profitnya di withdraw?
M Gilang
Memang ada broker yang memberikan bonus sebagai modal awal untuk trading, seperti FBS dan Agea. Setau saya yang paling umum 2 broker itu. Sebenarnya hal seperti ini merupakan promosi semata, untuk menarik calon klien agar mendaftar dan membuka akun real di broker yang bersangkutan. Setau saya meskipun terlihat sangat menguntungkan namun bonus-bonus seperti ini tidak seratus persen mudah untuk didapatkan. Cara broker agar bisa tetap profitable adalah dengan memberikan kondisi dan persyaratan bonus. Misalnya saja, untuk melakukan penarikan pertama pada akun FBS yang mendapat bonus $5 maka ada komisi sebesar $7. Ini tentunya sama saja dengan klien membayar kembali modal yang tadinya diberikan broker, malah lebih banyak $2 kalau dihitung-hitung. Aturan di setiap broker biasanya berbeda, dan karena itu tidak perlu khawatir apakah broker masih akan untung atau tidak ketika memberikan bonus ini. Cukup pelajari ketentuan bonusnya lalu tentukan mana yang persyaratannya paling masuk akal dan tidak mencurangi klien.
Andik
utk yg mau trading forex jgn cari yg gratisan. percuma dapat bonus. .aturan broker adalah ttg IP address. IP nya harus satu org satu IP. .mana mungkin ya kan di negara kita kan pakai IP dinamis .jd 1 IP bs dipakai bergantian dan kl ketahuan 1 IP dipakai beberapa org yg daftar dan dapat bonus. tunggu saja pas mau WD. pasti akan di tolak. nah sia2 kan udah capek2 trading ..rugi waktu, tenaga mendingan deposit pakai uang sendiri..gak berharap pada bonus gratisan
Roffik
Oh gitu ya . Makasih gan atas sharenya . Emang bener sering terlewat tuh kondisi bonus yg musti pake 1 IP . Nah parahnya banyak juga trader yg ngamuk2 dulu gabisa wd sth daftar bonus padahal ga memenuhi syarat wd dari program bonus . Jadi paling aman paling gampang emang kita trading pake deposit sendiri aja . Yang seperti gitu aja blm tentu bisa mulus 100% wdnya
Darul

buku silent of the turtles cari dmn ya? kq gw googling g ad???????

Mas Sinar

Coba cari-cari di Amazon atau Toko buku internasional lain mas.