Rakesh Jhunjhunwala, Trader Pengikut Strategi Jangka Panjang

Trader saham terkemuka dari India, Rakesh Jhunjhunwala, berbagi tentang pengalaman dan ide strategi trading para investor dunia.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Rakesh Jhunjhunwala adalah trader saham terkemuka dari India. Selain memiliki penggemar yang cukup banyak, ia juga disegani para investor saham. Rakesh mengelola portofolio pribadinya dalam bentuk partnership dengan perusahaan investasi miliknya, Rare Enterprises. Ia dikenal sebagai trader jangka panjang yang menahan saham-saham pilihannya hingga beberapa tahun. Economic Times menjulukinya sebagai "Pied Piper of Indian bourses" atau "pemain musik tiup yang dinamis di bursa saham India." Rakesh tidak ingin disebut sebagai Warren Buffet dari India meski di ruangan kerjanya dihiasi gambar-gambar Warren Buffet dan George Soros. Seperti apa sepak terjang trader ini dan adakah tips yang dibagikan?

rakesh jhunjhunwala


Pilih Jadi Trader Ketimbang Akuntan

Rakesh Jhunjhunwala lahir pada Juli 1960 dan tumbuh di Mumbai, India. Setelah menyelesaikan studinya di Sydenham College, ia melanjutkan kuliahnya di Institute of Chartered Accountants of India dan lulus sebagai akuntan. Menolak bekerja sebagai akuntan, Rakesh memilih untuk segera terjun di pasar saham sebagai full time trader pada tahun 1985. Ia memperoleh keuntungan pertamanya sebesar setengah juta Rupee pada tahun 1986 ketika menjual 5000 lembar saham Tata Tea seharga 143 Rupee, dengan harga beli 43 Rupee dalam jangka waktu tiga bulan. Sejak itu portofolio investasi sahamnya terus meningkat dengan keuntungan yang cukup signifikan.

Rakesh Jhunjhunwala menduduki beberapa posisi penting di berbagai perusahaan, antara lain sebagai Chairman di Aptech Limited dan Hungama Digital Media Entertainment Pvt. Ltd. Ia juga pernah menjabat sebagai direktur dari beberapa perusahaan besar di India, antara lain Prime Focus Limited, Geojit BNP Paribas Financial Services Limited, Bilcare Limited, Praj Industries Limited, Concord Biotech Limited dan Innovasynth Technologies Limited.

Dalam sebuah wawancara, Rakesh mengatakan: "Jika Anda bertanya pada saya apa artinya uang, saya akan mengatakan bahwa uang hanyalah salah satu alat tukar, namun Paul Getty, salah satu orang terkaya dunia mengatakan jika Anda mulai bisa menghitung uang, Anda tidak akan pernah cukup memiliki uang, berapapun jumlahnya."


Diilhami Buffett, Soros, Dan Marc Faber

Seperti halnya Warren Buffett, Rakesh adalah trader saham jangka panjang. Ia mempunyai prinsip bahwa keuntungan yang diperoleh dari trading hendaknya digunakan untuk menambah balance account hingga portofolio investasi bisa berkembang. Sebagai seorang trader, Rakesh tentu tidak luput dari kerugian besar seperti yang pernah dialaminya pada Pebruari 2012 silam, namun dengan cepat ia bisa recovery dengan mengatur portofolio-nya. Portofolio saham-saham terakhirnya selalu menjadi perhatian dan diperbincangkan para pengamat. Majalah Forbes menaksir kekayaannya mencapai USD 1.25 milyard.

Strategi trading Rakesh banyak dipengaruhi oleh George Soros, sementara untuk analisa fundamental ekonomi ia mengikuti cara Marc Faber. Rakesh Jhunjhunwala sangat mendukung teori trading klasik "the trend is your friend", atau trend adalah teman setia Anda. Sebagai seorang trader saham ia juga mempunyai prinsip "buy right and hold tight", atau beli saham yang baik dan tahan dengan erat. Rakesh mengatakan bahwa pasar saham, atau pasar apapun, adalah kuil-kuil kapitalisme, dan ia percaya pada akhirnya pasar adalah wasit yang adil.

Para trader dan investor yang telah sukses dalam karirnya sebagian besar mendedikasikan pengetahuan dan waktunya guna mengembangkan dunia trading dan investasi seperti mendirikan perusahaan investasi, menjadi konsultan, komentator di berbagai media investasi dan bisnis, mengembangkan software trading, menulis buku, dan lain sebagainya. Kita bisa mengambil manfaat positif dari kisah perjalanan karir dan pandangan Rakesh Juhunjhunwala tentang strategi jangka panjang, juga prinsip-prinsip tradingnya untuk menginspirasi metode trading kita.

 

Tahukah Anda? Sosok trader sukses yang strategi tradingnya dijadikan pedoman oleh Rakesh Jhunjhunwala, George Soros, adalah spekulan sukses yang pernah mengguncang pasar finansial di tahun 1992. Ia juga membangun idenya berdasarkan teori refleksifitas yang berkaitan dengan analisa pelaku pasar. Seperti apa kisah lengkap Soros dan bagaimana teori refleksif yang dimaksud? Ikuti info selanjutnya di: Biografi George Soros Dan Teori Refleksifnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut perihal cara trading, selain kolom komentar, Anda juga bisa langsung bertanya pada ahli kami di forum tanya jawab khusus cara trading berikut.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Lovesexygirl
gilaa manteblah mirip warren buffet. n sekarang kekayaannya 1,25 milliar fantastis banget. quote nya yang ini ane suka Anda tidak akan pernah cukup memiliki uang, berapapun jumlahnya.. ketika anda sudah kaya, pasti anda akan terus menginginkan uang lagi...soalnya uang itu sama kayaq rokok broo ...:D
Kaila
Pasar apa aja yang dimasuki investor india ini ya?
Jarot Agust
Role modelnya orang no satu di dunia investasi..ya udah pasti nyontoh gaya tradingnya juga. Kalo perlu mungkin belum ada pasar..dia bikin pasar model baru..hihhi.
Martin S
@ Kaila:
Paling besar di pasar saham, terutama pasar saham India. Berikut ini porto-folio tradingnya per Agustus 2016 yang dipublikasikan: Rakesh Jhunjhunwala Portfolio Holdings - August 2016