Sekilas Tentang Gap Trading

120591

Banyak yang beranggapan gap hanya sebagai akibat dari tidak tersedianya pergerakan di hari Sabtu dan Minggu. Tapi, kondisi ini rupanya menciptakan peluang keuntungan dalam trading.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Trading forex merupakan salah satu bentuk bisnis investasi yang secara mudah dan simpel bisa dilakukan melalui internet. Kehadiran internet telah memberi revolusi keuangan yang cukup mendasar bagi para penggunanya. Saat ini orang hanya cukup duduk di kamar, membuka komputer lalu mengklik maka penghasilan yang diperoleh di rekeningnya sudah cukup lumayan. Bahkan pekerjaan online tak lagi dianggap hanya sebagai penghasilan tambahan. Orang-orang yang secara gigih dan serius duduk di depan komputer sehari-harinya untuk menjalankan bisnis online bahkan menghidupi dirinya dari pekerjaan online tersebut.

sekilas tentang gap
Trading forex maupun trading gold merupakan pekerjaan yang memiliki resiko paling besar. Namun telah banyak pula orang yang sukses di kedua bisnis tersebut. Hanya dengan bermodal komputer dan koneksi internet, seseorang bisa mendapatkan keuntungan ratusan dollar. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, seringkali di market forex, index, maupun saham sering kali terdapat gap, apa sih sebenarnya gap itu?

Gap adalah kesenjangan yang terbentuk ketika pergerakan opening harga membuat tempat kosong pada chart. Hal ini terjadi ketika harga berada di titik tinggi pada hari sebelumnya lalu tiba-tiba berada di bawah setelah hari berikutnya. Kesenjangan ini sangat signifikan jika disertai dengan kenaikan volume.

Biasanya ketika harga telah mengalami gap, market seolah-olah berusaha menutupi gap tersebut sebelum harga melanjutkan trend. Apakah Gap akan selalu menutupi gapnya dikemudian hari? Seringnya begitu. Namun ingat bahwa hal tersebut tidak harus menjadi patokan. Kadang kala gap tidak harus ditutup dan inilah yang disebut sebagai Runaway Gap.

Gap yang sering terjadi di awal pekan membuat banyak trader menghindari hold posisi selama akhir pekan saat market tutup. Masuk akal memang, karena saat market telah usai, kita tidak akan bisa berbuat apa-apa terhadap posisi yang masih terbuka. Padahal, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Ekstrimnya, kondisi politik dan ekonomi suatu negara bisa saja berubah drastis saat akhir pekan, yang membuat nilai mata uang bisa tiba-tiba melonjak tanpa kita bisa berbuat apa-apa karena market sedang tutup.

Gap memang bisa jadi mimpi buruk bagi trader yang posisinya tersabet Stop Loss saat market buka di awal pekan, tapi bisa juga menjadi peluang bagi kita yang ingin mengambil manfaat dari adanya gap tersebut. Memanfaatkan gap di awal pekan, prinsipnya hampir sama dengan memanfaatkan pergerakan cepat saat news release.

Parmadita mengenal forex mulai tahun 2010. Sejak saat itu, menggali beragam pengetahuan dan pengalaman terkait forex dari berbagai sumber, baik tentang indikator teknikal biasa, psikologi trading, maupun Expert Advisor.


Afif Sitoro
Kalau gapnya tertutup ya peluang tradingnya kecil, kalau gapnya gag diterusin itu bisa jadi peluang yang lumayan menjanjikan...
Safri
betulan ada teori gap yg kayak begitu? wah belom pernah denger tuh. bukanya kalo gap ketutup ada nama khususnya ?
Deni Satriya
Jenis common gap memang justru yang cenderung cepat terisi. Tentu saja jika sudah bisa mengenali jenis gapnya maka tetap bisa dijadikan sebagai sinyal. Kita bisa mengukur jarak gap dan menempatkan take profit sesuai dengan panjang gap itu.

Namun jika dibandingkan dengan jenis gap yang menandakan penurusan, peluang profit dari common gap memang cenderung lebih kecil. Ada lagi jenis gap yang bisa mengisi kembali ke harga sebelumnya, yakni exhaustion gap
Sakti.harjanto
ah kalo mengandalkan gap ini aja jadi kayak taruhan kesanx, kita kan ga tahu apa yg bakal terjadi selama akhir pekan, lagian mesti nanggung biaya swap jg, jd biar aman emang close pas pasar tutup dan buka lagi di awal minggu. kan lonjakan harga ga cuman ada di awal gap aja, tu jg selalu bs terjadi di pertengahan minggu, jd ambil amanx aja lah
Deni Satriya
Jika menggunakan teknik news trading bisa jadi memanfaatkan gap ini sama dengan menggunakan perangkap pending order. Bila dengan model order oco bisa cukup diandalkan cara trading seperti ini karena order yang dieksekusi memang hanya yang sudah diperkirakan bisa tepat membawa keuntungan. Jadi kalaupun ada news di akhir pekan kita tidak perlu lagi menyesal tidak ikut arus karena kita sudah ada pending order yang bantu kita untuk bisa ambil kesempatan lebih banyak dan lebih tepat.
Febiyan A
@ sakti: bg yg bisa baca pola gap trading ni ya gak prlu nunggu pmbukaan awl gap d awal pekan bwt liat potensi trdngnya. sblm gap nampk biasanya udh bs diprkirain kok bkl lnjt kmn hrgnya. cb deh liat pola2 runaway gap, exhaustion gap, atau measuring gap. klo bisa dianalisa gt kn berarti strategi ni msh bisa diperhtngkn & bkn jd taruhan jdinya
Tiar Hanifa
Sebenarnya seberapa besar sih peluang dari pengambilan gap ini? apa cukup bisa diandalkan untuk memposisikan strategi trading khusus pada gap ini?
Hamiz Denisetya
kalo gw mending dipake isrtirahat aja deh di akhir pekan. 5 hari dalam seminggu udah cukup banyak peluang di pasar forex yang bisa dimanfaatin. ada kesan maksain banget akhir pekan tetep trading. kalo dijaman nubi dulu yang masih pake target mingguan, trading akhir pekan emang wajib buat menuhin target. tapi itu sama aja belum sadar prinsip peluang di pasar forex yang mengukurnya kalo di mingguan terlalu pendek.
Febiyan A
@ tiar: klo peluangnya sih mungkin akan sm aja spt strategi2 lainnya. tp dari segi pemanfaatan peluang, ni bs sgt menarik cz g bnyk trader yg cukup berani untuk nahan posisi saat weekend. mski sedikit, tp ada jg trdr2 yg bs memanfaatkan gap ini, atau bhkn sngj mncri gap ni krn emg sdh punya strategi kusus mngenai gap. mungkn ini jg sdh msuk rncana trdngnya. tp apapun itu, yg jls trdr2 spt itu sdh bnr2 paham soal gap trdng ini. jd pahami dulu, lat yg bnyk dl sblm bnr2 pake strategi ini.
Sahlan04
Setuju sama @Hamiz.
Mendingan ambil peluang dari trending harga.
Lebih sip peluangnya lebih gede, lebih gampang dianalisa, lebih bisa diandalkan pula. Ketinggalan trade diwaktu ada news bukan perkara besar.
Malah ane liat itu lebih banyak resikonya.
Apalagi klo news penting malah bisa bikin volatilitas tetep aja susah diprediksi dg bener
Maimun Handi
ini bisa ndak ya diakun demo? pas weekend harga diakun demo bisa persis kayak di market live kan?
Elpi_n
kalau chart harga kemungkinan bisa mirip. antara demo sama live bedanya baru kalau ada slippage atau requote