Advertisement

iklan

Sistem Trading Dengan Heikin Ashi

Sistem trading dengan indikator Heikin Ashi (HA) memungkinkan Anda untuk trading sesuai dengan arah trend, dan tidak harus exit sebelum waktunya.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Sistem trading dengan indikator Heikin Ashi (HA) memungkinkan Anda untuk trading sesuai dengan arah trend, dan tidak harus exit sebelum waktunya karena pada dasarnya HA menyaring noise dan fluktuasi harga minor yang tidak berguna. Sistem ini menggunakan candlestick yang arah pergerakannya sama dengan yang terjadi di pasar, tetapi ada perbedaannya:

1. Dalam chart pergerakan harga, setiap candlestick mempunyai 4 harga yang berbeda yaitu: harga pembukaan (open), harga tertinggi (high), harga terendah (low) dan harga penutupan (close). Setiap candle yang terjadi sesudahnya tidak ada hubungannya dengan candle sebelumnya.

2. Pada candlestick Heikin Ashi (HA) setiap candle dihitung berdasarkan besaran-besaran dari candle sebelumnya, yaitu:

  • HA open = (HA open candle sebelumnya + HA close candle sebelumnya) / 2
  • HA close = (harga open candle sekarang + harga close candle sekarang + harga tertinggi candle sekarang + harga terendah candle sekarang) / 4
  • HA high = yang paling tinggi diantara: harga tertinggi candle sekarang, HA open atau HA close
  • HA low = yang paling rendah diantara: harga terendah candle sekarang, HA open atau HA close

Penggunaan candlestick HA sama seperti candlestick biasa.
Berikut adalah chart daily XAU/USD yang biasa dan chart daily XAU/USD dalam bentuk HA:

Sistem Trading Dengan Heikin

Pada gambar diatas tampak arah pergerakan chart HA lebih jelas dan tidak mengandung noise. Gap harga juga dieliminasi sehingga pembacaannya lebih jelas. Disamping itu semua kaidah price action juga berlaku pada candlestick HA.


Contoh trading dengan Heikin Ashi

Time frame : 30 menit (M30), indikator: exponential moving average (ema) 9 dan ema 18, atau bisa juga dengan kombinasi ema 7 dan ema 14, ema 10 dan ema 29 atau ema 10 dan ema 25.

Sistem Trading Dengan Heikin

Aturan untuk entry buy:

  1. Ketika kurva indikator ema 9 memotong ema 18 dari arah bawah, tunggu hingga harga rally diatas kurva ema.
  2. Setelah beberapa waktu pergerakan harga akan mengalami koreksi (bergerak turun) sehingga memotong salah satu atau kedua kurva indikator ema (A)
  3. Sinyal untuk buy adalah ketika harga kembali bullish setelah koreksi selesai, ditandai dengan candle HA bullish (warna biru).
  4. Entry buy bisa dilakukan pada harga pasar (market price), dengan stop loss pada beberapa pip dibawah level terendah candle entry.


Aturan untuk entry sell:

  1. Ketika kurva indikator ema 9 memotong ema 18 dari arah atas, tunggu hingga harga bergerak turun dibawah kurva ema.
  2. Setelah beberapa waktu pergerakan harga akan mengalami koreksi (bergerak naik) sehingga memotong salah satu atau kedua kurva indikator ema (B)
  3. Sinyal untuk sell adalah ketika harga kembali bearish setelah koreksi selesai, ditandai dengan candle HA bearish (warna merah).
  4. Entry sell bisa dilakukan pada harga pasar (market price), dengan stop loss pada beberapa pip diatas level tertinggi candle entry.


Indikator Heikin Ashi untuk platform Metatrader bisa diunduh disini (dalam format ex4).

238656

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.

Satro
master, karna heiken ashi menghitung candle sebelumnya, berarti sinyal heiken ashi ini lagging ya? apa ndak makin terlambat masuk kalo tradingnya dengan moving average?
Martin S
@ Satro:
Ya, indikator Heikin Ashi memang lagging, juga indikator moving average, dan gabungan keduanya juga akan lagging.
Metode ini biasanya digunakan untuk trading jangka menengah panjang dan tidak dianjurkan untuk trading jangka pendek atau scalping.
Tedi Sip
Siip.. thankyou master dah dikasih link downloadnya juga jadi nggak perlu repot-repot cari diinternet. .. Sebentar lagi aku coba deh heiken ashi ..
Agus Dewa

Master saya minta indikator dinamic SNR nya , trima kasih

Martin S
@ Agus Dewa:
Untuk indikator support dan resistance dinamis pada contoh chart di atas adalah EMA-9 dan EMA-18.
Putu
SL TP nya bagaimana?
Martin S
@ Putu:
Untuk posisi buy, level stop loss (SL) ditentukan pada level support terdekat, dan level target profit (TP) ditentukan pada level resistance terdekat, disesuaikan dengan risk/reward ratio yang diinginkan.Untuk posisi sell, level stop loss (SL) ditentukan pada level resistance terdekat, dan level target profit (TP) ditentukan pada level support terdekat, disesuaikan dengan risk/reward ratio yang diinginkan.