Standing Aside Is A Position

63037

Beberapa trader memiliki hari-hari yang dihindari untuk bertrading. Apa hubungan hari-hari tersebut dengan psikolgi seorang trader?

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Ada seorang temen trader yang mengatakan, dia tidak pernah melakukan open position di hari Senin. Temen trader lainnya mengatakan tidak melakukan OP di hari Jumat. Bahkan ada trader yang tidak melakukan open position di hari-hari awal bulan. Dia hanya memulai trading setiap bulannya setelah news NFP release.

calendar
Memangnya ada apa dengan hari-hari Senin, Jumat dan hari-hari di awal bulan? Yah sebenernya sih bukan apa-apa kok.. Bukan berarti dilarang trading di hari-hari tersebut, apalagi dikaitkan dengan alasan klenik. Hihihi! Terus terang dulu saya sempet bener-bener gak berani ambil posisi di hari Jumat, gara-gara ada yang bilang untuk trader pemula lebih baik menghindari hari Jumat untuk melakukan open position. Jadi, di hari Jumat, saya (dulu) biasanya hanya mengamati market dan mencoba memahami mengapa hari Jumat banyak dihindari oleh temen-temen trader untuk melakukan OP.

Pergerakan di hari Jumat biasanya memang cenderung ekstrem. Ada temen trader yang bilang, hari Jumat itu hari pembantaian, karena biasanya para trader melakukan take profit, atau malahan ada yang ngejar target mingguan yang mungkin belum tercapai. Satu lagi alasan untuk tidak masuk market di hari Jumat, bagi trader yang tidak terbiasa membiarkan satu posisi terbuka sepanjang akhir pekan karena menghindari gap yang mungkin terjadi di awal pekan.

Melakukan OP di hari Jumat beresiko apabila TP tidak tercapai saat market tutup maka posisi yang masih terbuka tersebut bisa jadi terkena imbas gap tersebut. Atau ada juga trader yang tidak lagi melakukan OP di hari Jumat karena target mingguannya sudah tercapai. Jadi, Jumat itu hari buat WD dan menikmati hasil trading selama sepekan.

Alasan-alasan itulah yang menyebabkan banyak trader yang tidak melakukan open position di hari Jumat. Btw, ada temen trader yang mengeluh kenapa juga NFP mengambil hari Jumat yah? Soalnya kalo salah posisi kan jadinya kagok mau di close masih floating, mau di biarin aja takutnya makin parah minusnya karena kena gap di hari Senin. Nah kaan!

Ok, sekarang bagaimana dengan hari Senin dan hari-hari di awal bulan? Mm.. kebanyakan trader yang menghindari melakukan OP di hari-hari ini menimbang karena pergerakan di hari Senin atau hari-hari awal bulan memang biasanya kurang "seru", pergerakan kurang banyak, jadinya kurang menantang. Yah sebenernya trading itu suka-suka kita kok Gak ada yang melarang untuk masuk market kapan saja.

Hanya saja sebaiknya pahami karakteristik market sebelum kita mengambil posisi. Kalo kita anggap market tidak menarik karena misalnya sedang sideways gak ada salahnya untuk tidak melakukan OP. Toh kita gak harus selalu melakukan buy atau sell Standing aside is a position.

Menjauh dan pantau saja market kalo kita anggap market sedang tidak menarik atau kita sedang gak in the mood buat trading. Terkadang tidak mengambil posisi justru keputusan yang lebih baik ketimbang melakukan buy atau sell. Bahkan ada trader yang mengatakan - the most important thing in trading is sometime not to trade. Tidak mengambil posisi juga disarankan bagi trader yang mengalami loss secara berturut-turut.

Secara psikologis, kita perlu mendapatkan penyegaran dulu sebelum masuk lagi ke market setelah mengalami loss berturut-turut atau MC. Ambil nafas dulu, take a deep breath. Jangan paksakan masuk market dengan kondisi psikologis yang kacau, apalagi dengan niatan balas dedam. Jadi, jangan pernah trading dengan "terpaksa". Masih banyak hal-hal menarik lainnya untuk dilakukan kok.

Awalnya, Greenpips merupakan ibu rumah tangga biasa. Namun, kemudian mengenal forex di perguruan tinggi, dan setelah itu memutuskan membuat tesis mengenai Expert Advisor. Paling suka menggunakan Fibonacci dalam trading.


Sofyan Saputra
kalo ada sinyal yg muncul waktu sy lagi nggak mood gitu bagusan diambil apa nggak? kan aturannya entry kalo bisa sesuai sinyal, dan batasi keterlibatan emosi sebisa mungkin. tapi kalo pas waktu sinyal yg bagus munculnya waktu sy lagi nggak mood trading bagaimana tuh?
Abdul_ml
itu c trgntng sm agan. kdng2 jg lht dl g moodnya knp. kl g mood gr2 pesimis itu posisinya g bkl untung y mndng jngn. emg c trdng kl bs g terlalu dprngaruhin sm emosi. tp ane rs trdng jg bth passion ato smngt spy niat dptkn profit itu bs mkn mdh terealisasi. ane sndr sh kl lg g mood jgnkn cek sinyal, bk chrt ja ane g bkl. kl agan pnsrn cb aja d tes dl, sapa tw mskipun g mood agan trdngnya bs ttp lancar walopun cm didukung sm sinyal aja.
Syahdan
Mood trading mang bisa pengaruh karna kondisi psikologis berkaitan sama atitude tradingnya entar. Tapi kalau sudah ada sinyal valid terus dilewatin karena kurang mood trading ya agak sayang juga, apalagi kalau ternyata hasilnya benar2 valid. Mungkin karena ini ya banyak yang menggunakan EA atau robot trading, supaya bisa bantuin trader eksekusi trade yang kemungkinan mereka lewatin di waktu2 mereka ga bisa nengokin chart, entah karna sibuk ato emang ga mood. hehehe.
Eka Prayoga
Dilihat dari karakteristiknya, trader yang menyukai pergerakan tenang dan kurang suka mengambil resiko berlebih cenderung menghindari op dihari jumat, sedangkan trader yang lebih menyukai pergerakan harga ekstrim kurang senang op diawal pekan / bulan.

Pertanyaannya, apakah ada trader yang menghindari kedua waktu itu? Tidak suka op di hari jumat, tapi juga tidak memlih op dihari senin. Jika ada trader semacam ini maka termasuk tipe trader macam apa dia? Dan pergerakan harga seperti apa yang dia harapkan?
Rudi Ya
@Eka: Waduh galau banget traderx itu. Meski kelihatan agak rewel gitu tapi ternyata banyak trader yg seperti gitu....
Ane sendiri kadang2 juga seperti gitu. Gak tertarik trading di pasar yg terlalu sepi.... Tapi gak berani juga trading di pasar yg terlalu ekstrim.... Pengennya yg ada pergerakannya tapi yg normal2 aja... Repot kan? he he Untungx di fx banyak pergerakan market yg beragam. Udah gitu pilihan pairx banyak pula.
Ngomong2 soal pair, ini juga bisa jadi penentu entry loh gan, bukan cuma dari hari trading atau mood aja.
Pilih pair yg bener dan paham sama karakterx bisa bantu entry in posisi kita sesuai sasaran.
Rosa Singgih
ahhhh gitu toh alasannya trader ga ambil posisi pas hari jumat! Insight banget nih, makasih ya infonya!
Hans
ga usah takut, hari Jumat bukan berarti dilarang trading, justru kalo situ suka volatilitas tinggi atau suka ngejar target dengan tantangan tinggi, hari jumat bikin adrenaline naik terus tuh. Disarankan trading di Hari Jumat kalo trading di hari lain menurut situ membosankan, hahahaa, slamat trading