Advertisement

iklan

Strategi Trading Dengan Teknik Pin Bar

PIN BAR merupakan salah satu variasi dalam strategi "Price Action" dari pergerakan harga yang sering muncul saat terdapat tekanan jual/beli sangat kuat, tetapi setelah penutupan harga dan pembukaan harga baru, candle sebelumnya menyisakan atau memperlihatkan garis panjang.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

PIN BAR merupakan salah satu variasi dalam strategi "Price Action" dari pergerakan harga yang sering muncul saat terdapat tekanan jual/beli sangat kuat, tetapi setelah penutupan harga dan pembukaan harga baru, candle sebelumnya menyisakan atau memperlihatkan garis panjang.


1. Pola Pin Bar

 

2. Penampakan Dalam Chart




3. Daily Pivot

Anda bisa menggunakan Daily Pivot sebagai pembantu dan memperkuat Pengambilan Open trade




4. Salah Satu Open Trade






5. Take Profit
Anda bisa set Take Profit sesuai keinginan, namun tetap dengan memperhatikan di time frame mana Anda open trade. Jika menempatkan di H4, dan saat itu ada 2 candle yang sudah close, maka tersisa 4 candle lagi.

6. Stop Loss

Jika Anda ingin menempatkan Stop Loss, Anda bisa tempatkan di ujung garis candle sebelumnya.

7. Bagaimana Cara Melatihnya

  1. Anda buka chart semua  TF . silahkan anda amati pola dari Pin Bar ini.
  2. Dalam TF h1 - D1 Tekanan Pin bar ini sangat Kuat
  3. Dalam Prakteknya anda bisa menempatkan indikator pembantu lainnya seperti daily pivot


Coba Perhatikan Kembali




Intinya, pin bar bisa dikenali dari ekor candle yang panjang, dan itu mensinyalkan akan terjadi pembalikan harga (reversal). Dalam contoh ini, setelah ada pin bar, harga bearish berbalik bullish. Tetapi bisa juga terjadi sebaliknya jika pin bar muncul setelah harga bullish, yang berarti menandakan harga akan berubah jadi bearish.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.


Saifudin Irwan
Pin Bar ini indikasinya sebagai reversal jadi?

Sepertinya ada yang mengindikasikan penerusan, kalau seperti itu terus open trade seperti ini apa bisa diandalkan?
Muhaimin Setya
yg sebagai sinyal penerusan itu pin bar yg menandai akhir koreksi dr sebuah tren. kalau bisa sebagai penanda koreksi yg berakhir, berarti tetep saja kan pin bar ini indikasinya reversal. coba deh agan liat disini.....


pin bar jadi sinyal penerusan harga utk kembali ke tren utama, dengan cara menandai berakhirnya koreksi yang arahnya sudah pasti berlawanan dari tren utama
M.collins
klo sudah pasti pin bar ini bisa cukup yakin nandain reversal, berarti yg penting disini nyari takeprofitx cz klo harga lagi sideway emang perlu dibatesin takeprofitx biar gag terus turun n jadi sia2 profitx tadi...
Trio Laksono
menempatkan take profit yang sesuai memang penting sekali terutama untuk menjaga profit yang sudah diraih. tapi kalau diperhatikan dari saran penempatan take profit disini sepertinya masih terkesan agak membingungkan. karena di sini ada saran juga untuk menggunakan pivot, kenapa tidak disarankan juga untuk menggunakan itu sebagai batas take profit? misalnya ketika open buy dari pin bar yang terbentuk di bawah, take profit sepertinya bisa juga ditentukan dari resistan terdekat. jadi pivot di sini tidak hanya berperan sebagai konfirmator entry tapi bisa untuk membantu menentukan posisi exit juga.
M.collins
betul gan, jadi keinget strategi price action & support & resistance. agak puyeng juga ane mahamin take profit diatas itu. maksudx Jika menempatkan di H4, dan saat itu ada 2 candle yang sudah close, maka Tersisa 4 candle lagi itu apa? padahal klo ngambil dari contoh chart yg ada pivotx kn bs tinggal ambil s1 sbg bts take profitx?
Mr Candy
kl ntar pinbar nya punya ekor yng puanjaaaang berarti stop los nya bakal juauuuuh banget donk. apa aman kalo ambil stop los selalu dari ekor pin bar? emang udah terbukti kl stop los bkl kemungkinan besar nya efektip kl diambil dari ekor nya?