Sukses Trading Terjadi Karena Kebiasaan

98310

Benarkah sukses trading terjadi karena kebiasaan? 10 Kebiasaan trader sukses ini membuktikannya. Selain punya jurnal dan belajar dari kesalahan, masih ada 8 kebiasaan lainnya.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Kecuali mendapatkan rezeki nomplok atau mukjizat tak terduga, tidak ada orang yang tiba-tiba menjadi kaya raya dalam waktu sehari. Begitu juga dengan trader, tidak ada yang baru satu hari belajar lalu besok mengumpulkan profit melimpah. Sukses trading adalah hal yang diinginkan semua orang. Sayangnya, tidak semua orang menerapkan kebiasaan trader sukses dalam aktivitas trading mereka.

Kita mengenal nama-nama tenar dalam dunia forex seperti George Soros, Bill Lipschutz, Stephen Innes dan sebagainya. Mereka mampu menjadi orang yang sukses tentu saja bukan karena sakti, selalu beruntung, tidak pernah merugi, memiliki harta yang tidak terbatas saat awal memulai, atau sebagainya. Trader yang sukses pada awalnya juga merupakan pemula, tetapi mereka memiliki kebiasaan yang tidak dimiliki oleh semua trader.

 

Kebiasaan Trader Sukses

 

 

10 Kebiasaan Trader Sukses

Kesuksesan trader-trader yang sukses dalam dunia forex berasal dari proses pembelajaran bertahun-tahun dan sifat pantang menyerah. Meskipun terkesan sederhana, tetapi banyak trader yang tidak tahu harus melakukan apa dan bagaimana. Anda ingin jadi trader yang handal? Tanamkanlah 10 kebiasaan trader sukses ini dan rasakan manfaatnya.

 

1. Manfaatkan Akun Demo

Salah satu pintu masuk untuk mengenal dunia trading forex adalah melalui akun demo. Melalui fitur yang bebas risiko ini, trader bisa mencoba berbagai metode trading, merasakan suasana trading di broker tertentu, dan mempelajari platform trading yang berbeda-beda.

Tetapi, perlu diingat juga bahwa terlalu lama asyik di akun demo bisa membawa kerugian, karena tidak mengajarkan skill trading dengan psikologi market sesungguhnya, juga tidak mempersiapkan Anda untuk menghadapi masalah eksekusi yang kerap terjadi saat pasar diliputi high-impact news. Sebaiknya, miliki kedisiplinan dan target apa saja yang ingin Anda pelajari di akun demo, tapi jangan pernah lupa bahwa 'medan perang' sesungguhnya ada di akun riil.

Jangan telalu lama di akun Demo
(Baca Juga: Waspadai 3 Bahaya Belajar Trading Terlalu Lama Di Akun Demo)

 

2. Mencari Metode Yang Terbukti Ampuh

Pepatah bilang, jangan membeli kucing di dalam karung. Artinya, jangan sembarangan memutuskan sesuatu yang belum pasti hanya berdasarkan intuisi. Hal yang sama juga berlaku pada dunia trading forex; jangan percaya begitu saja dengan sinyal trading kurang kompeten, gosip dan kabar burung, apalagi menentukan buy dan sell melalui hitungan kancing. Carilah metode yang terbukti ampuh dan sudah sesuai dengan gaya trading Anda.

Miliki keyakinan tentang kapan menaruh Stop Loss, kapan waktunya melakukan profit-taking, dan terus pelajari manajemen risiko. Selalu ingat bahwa metode analisa dalam dunia trading forex itu beragam jumlahnya, sehingga proses mencari metode yang terbukti ampuh membutuhkan kesabaran.

 

3. Perhitungkan Rasio Risiko Dan Keuntungan

Hal yang selalu harus diingat adalah: trading forex memiliki dua sisi, yaitu keuntungan dan kerugian. Jika hanya mengharapkan keuntungan tapi tidak mau menanggung kerugian, sebaiknya urungkan niat Anda dalam bertrading. Risiko kerugian tidak bisa dihapus, hanya bisa diminimalisir.

Karena itu, muncul istilah risk and reward ratio. Rasio dari risiko dan keuntungan ini berbeda untuk masing-masing trader, tergantung pada kemampuan modal dan keadaan pasar. Salah satu kebiasaan trader sukses adalah menentukan rasio risiko dan keuntungan yang sesuai dengan target mereka, sebelum melakukan eksekusi trading.

 

4. Miliki Rencana Trading Dan Patuhilah

Memiliki rencana trading yang jelas dan mematuhinya adalah kunci kesuksesan trader terpenting. Saat memulai trading forex, tentukan apa target dan tujuan Anda agar langkah-langkah yang Anda ambil lebih terarah. Selain itu, jangan menginvestasikan modal melebihi kemampuan Anda. Banyak kegagalan terjadi karena seorang trader tidak mematuhi rencana yang ia buat sendiri.

Karena merasa terlalu senang dengan keberhasilan yang didapatkan, atau terlalu frustasi dengan kegagalan yang baru saja dialami, manajemen risiko jadi sering diabaikan. Kesabaran dan ketekunan adalah hal yang membedakan seorang trader gagal dengan trader sukses. Berikan target waktu yang wajar (dalam artian tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat), dan jangan mudah menyerah.

 

5. Jangan Biarkan Emosi Menguasai Keputusan Trading Anda

Saat sedang emosi, logika sering terhambat. Hindari membuka platform trading ketika suasana hati Anda sedang tidak tenang, panik, sedih atau sebagainya. Selalu lakukan analisa secara objektif, sehingga hasil trading Anda nantinya bisa senantiasa dipertanggungjawabkan.

 

6. Berpikir Jangka Panjang

Trading forex adalah permainan jangka panjang, sehingga jangan mengharapkan hasil instan. Mendapatkan keuntungan besar dan terus-menerus jarang terjadi di dunia trading. Banyak trader sudah merasa puas karena mendapat profit besar dalam waktu singkat lalu memamerkannya. Tak lama kemudian, mereka berujung mendapat kerugian besar. Karena telanjur malu, mereka jadi kehilangan minat untuk terus menekuni trading. Akhirnya, mereka tidak mendapat apapun selain pengalaman buruk. 

Salah satu kebiasaan trader sukses adalah dengan memperoleh keuntungan wajar, konsisten, dan stabil. Hindari keinginan untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat, karena risiko menanggung kerugian yang besar juga mengintai.

trader yang sukses main forex dengan aman

(Baca juga: Tips Aman Main Forex)

 

7. Miliki Jurnal Trading

Salah satu kebiasaan trader sukses yang sering diabaikan oleh trader pemula adalah menulis jurnal trading. Beberapa orang menganggap jurnal trading adalah hal yang sepele, sedangkan beberapa yang lain menganggap jurnal trading terasa rumit dan tidak perlu dilakukan.

Padahal, memiliki jurnal trading sangat berguna untuk mencatat aktivitas trading harian, melakukan observasi, dan sebagai bahan evaluasi. Jurnal trading memiliki peran penting untuk membantu Anda menganalisa apa saja keputusan trading yang berhasil dan yang gagal. Usaha kecil yang Anda lakukan dengan menulis jurnal setiap hari, akan membawa manfaat jangka panjang dan menata jalan kesuksesan.

 

8. Bertanggung Jawab Dengan Hasil Trading Yang Didapatkan

Memiliki mental kuat dan bertanggung jawab adalah kebiasaan trader sukses yang terbentuk dari pengalaman. Tidak peduli sehebat dan secanggih apapun konsultan trading yang Anda percayai, atau sebagus apapun sinyal trading, Anda harus tetap bertanggung jawab dengan keputusan trading sendiri. Semua aktivitas trading forex yang dilakukan harus dilandasi dengan logika, bukan sekedar emosi atau spekulasi.

 

9. Belajar Dari Kesalahan Sendiri

Setelah mencatat hasil di jurnal dan mampu bertanggung jawab dengan hasil trading, seorang trader yang sukses harus siap untuk belajar dari kesalahannya sendiri. Hasil yang buruk bukan berarti Anda tidak berbakat atau dihantui kesialan.

Sebaliknya, jadikan hal itu sebagai motivasi untuk mengasah kemampuan dalam manajemen risiko dan ketepatan eksekusi. Dengan berkaca dari pengalaman, calon trader yang sukses memiliki bekal untuk lebih bijak mengambil keputusan di masa depan.

 

10. Tidak Berhenti Melakukan Riset Dan Observasi

Perhatikan kondisi pasar sebelum Anda membuka posisi. Selalu ingat baik-baik bahwa keahlian dalam mengenali tren adalah modal yang penting. Jangan malas untuk melakukan riset tentang apa yang terjadi di pasar serta mengobservasi pergerakan harga.

Pengamatan ini akan memberikan Anda gambaran tentang pola pasar yang diminati. Trading forex bukanlah sebuah permainan iseng-iseng, dibutuhkan perhitungan yang cermat agar modal yang Anda punya tidak cepat habis dan bisa bertambah dengan konsisten.

 

Setelah membaca 10 tips di atas, semakin tampak jelas bahwa sukses trading bukanlah sesuatu yang abstrak. Asalkan memiliki niat dan keteguhan untuk terus menerapkan kebiasaan positif dalam aktivitas trading sehari-hari; tidak peduli anak muda, pensiunan, lelaki maupun perempuan juga bisa sukses dalam dunia trading forex

Lulusan Sastra Inggris, menyukai dunia tulis menulis sejak SMP. Berpengalaman sebagai Purchasing Staff kontraktor dan industri manufaktur selama 3 tahun sebelum bergabung menjadi penulis di Seputarforex. Masih terus belajar mengenai dunia trading.

Teguh
Setuuuujjuuuuuuuuuu...
Hergi
orang2 sukses secara umum telah melewati kesulitan dan rintangan dalam perjalanan menuju sukses...artikel ini agak menyesatkan, karena sukses tak mungkin didahului oleh kesuksesan, lihat biografi para trader profesional dunia yg sukses, ternyata mereka sukses karena belajar dari kegagalan (ketidak suksesan)..
Cakra
Sukses akan datang jika kita benar2 sudah terpuruk dlm keadaan,dan teruslah belajar belajar dan belajar. Saya kurang setuju dgn ulasan di atas.
Mas Sinar
kalau bingung mending langsung tanya sama ahlinya guys. Di seputarforex ada fitur tanya jawab yang bakal langsung dibalas sama analis-analisnya. Coba aja dulu di forum tanya jawab cara trading ini.
Eru Nurdin
Yah mungkin maksud penulisnya sukses terjadi setelah banyak merasakan pengalaman. Entah pengalaman baik maupun buruk. Kalo disimpulkan lagi kan banyak tuh penekanan soal sukes yng gabisa dateng secara tiba2. Jadi implikasinya sukses dateng dari usaha yang butuh proses. Emang yang masih kurang disini proses belajar dari pengalaman buruk. Jadi agak kurang lengkap aja ini artikel sebenarnya..
Domian P.
Saya sering loss, padahal sudah coba berbagai cara dan indikator, apakah ini yg dinamakan belajar dr pengalaman?
Purnawarman
yg jadi rada bingungin & artikel ni jadi terkesan salah tuh karna melenceng dari pesan judulny. klo ngomongin soal sukses karna kebiasaan. mestiny dibahas aja kebiasaan2 trading kayak gimana yg bisa bawa kesuksesan itu. misal kebiasaan trading disiplin, selalu bljr dari kesalahan, dll. klo sukses yg butuh perjuangan sih semua orang udah tau kali ya... klo ada org yang berhasil dlm waktu sehari semalem kan namany bukan sukses itu, tapi cuman beruntung aja. lah sukses kan ada faktor2ny, yg mungkin ada krn kebiasaan2 tu, jd baikan klo di list aja kebiasaan2 yg dmaksud
Bagus Sumardhi
Yang bisa saya ambil dari sini dan cukup bermanfaat untuk kemajuan adalah bahwa untuk mencapai sukses belajar saja tidak cukup. Butuh penerapan yang konsisten, dan membiasakan diri untuk selalu belajar dan berlatih agar bisa lebih baik. Soal kesuksesan yang didahului oleh kesukesan, bisa diartikan sebagai pengalaman trader dalam mengalami kesuksesan, dan caranya mempertahankan kesuksesan tersebut. Jika seorang pernah sukses, namun tidak lama kemudian hasilnya berbalik, maka kualitas kesuksesannya tentu akan berbeda dengan trader yang sudah sukses sejak dulu dan bisa mempertahankan kesuksesannya hingga kini. Jadi barangkali untuk bisa melihat kesuksesan itu bukan hanya soal bagaimana cara bangkit dari kegagalan, tetapi juga mempertahankan kesuksesan itu sendiri.
Ferdi_sigit
tp yg msh agak ambigu mnrt ane. smbr sm bhn bljr. skrg kn dh bnyk mcm2 info, pihak2 yg mo nawarin tmpt bljr, n kdng infox jd beda2, bhkn ada yg smp bertolak blkng. nh sbg trdr yg msh bljr kn msh bingung bedain mn yg bnr mn yg slh. apalg kl si pemberi info tuh sm2 blg kl infox bnr. jd gmn nih crx filter mskn spy bljr trdngx ttp btl?
Bagus Sumardhi
Supaya lebih yakin bahwa informasi yang dipercaya sudah benar, akan lebih baik untuk belajar dari berbagai sumber, maupun metode yang ada saat ini. Kemudian bisa dibandingkan, mana yang bisa lebih dipercaya dan mana yang kurang tepat. Ingat bahwa dalam tahap belajar kita juga masih bisa meminta saran pada trader lain, memiliki teman diskusi di forum-forum sepertinya juga bisa membantu untuk menyaring informasi yang kita dapatkan. Yang paling efektif adalah untuk memiliki mentor sendiri, karena dengan begitu sudah ada yang memandu dan mengarahkan kita secara eksklusif.
Fikri M
Yang terpenting dalam mencapai tujuan di dalam sebuah trading memang perlu konsisten