Tahapan menjadi Seorang Trader (8) Mengukur Kekuatan Balance

Mengukur kekuatan balance erat hubungannya dengan pengaturan modal. Berikut ini adalah cara terbaik untuk mengukur balance.

acy

iklan

Advertisement

iklan

Trading adalah ilmu dan seni mengatur uang untuk mendapatkan uang. Jika anda hebat mengatur uang maka anda akan mendapatkan uang. Jika anda kurang trampil mengaturnya, maka uang yang anda miliki bisa cepat melayang. Dalam catatan kali ini penulis ingin mencoba membahas cara mengukur kekuatan balance yang ada hubungannya dengan pengaturan modal.

mengukur kekuatan balance

Arti balance, equity, margin, free margin, dan margin level

Balance: yaitu jumlah uang anda yang telah terealisasikan atau yang telah diclose (belum dihitung dengan profit/lossnya posisi floating bila ada)

Equity: yaitu jumlah uang anda setelah dihitung dengan floating profit atau loss.
(Equity=Balance - floating)

Margin: yaitu total penggunaan margin (jaminan) anda sesuai dengan jumlah total order anda yang sedang berjalan (open positions)

Free Margin: yaitu sisa Margin yang bisa anda gunakan untuk order (bila anda masih mempunyai posisi floating maka untuk withdrawal anda bisa mengambilnya dari sisa uang di Free Margin ini)

Margin Level: yaitu persentase dari Equity berbanding Margin anda (Margin Level juga berguna untuk menentukan Margin Call di ketahanan anda)

Cara mudah mengukur kekuatan balance

Mengukur kekuatan Balance Bisa diukur dengan lot dan jenis akun trading yang digunakan (cent, standar, Micro atau yang lainnya )

Contoh Modal $ 100 di akun standar, dimana :

  • lot 0,01 = $ 0,01
  • lot 0,10 = $ 0,10
  • lot 1,00 = $ 1,00


Jika kita menggunakan lot 0,01 berapa pipskah kekuatan modal atau balance kita?
Hal ini sangat mudah. Lihat saja berapa nilat 1 lotnya. Jika 1 lot sama dengan $1 maka:

  • lot 1,00 = $ 1,00 = 100 pips
  • lot 0,10 = $ 0,10 = 1000 pips
  • lot 0,01 = $ 0,01 = 10000 pips


Kita bisa kalkulasikan sendiri jika menggunakan lot 0,02 dan seterusnya. Contoh lainnya jika kita open dengan lot 0,01 dan minus 100 pips, maka kita hanya floating minus $1, dan kekuatan balance masih $99 atau 9900 pips.

Menentukan SL dengan Margin

Stop loss bisa diambil dari margin yang di kunci. Jika anda menggunakan leverage 1:500 di akun standar dengan nilai diatas, maka standar pengambilan stop loss yang paling umum adalah:

  • $0,30 untuk lot 0,01
  • $3,00 untuk lot 0,10
  • $30,00 untuk lot 1


Dari hitungan ini, minimal memasang Stop Loss adalah 30 pips. Sementara itu, untuk margin yang dikunci oleh broker bisa dilihat di Metatrader anda.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.


Ahmad Nurahman
Cukup ruwet pas masuk hitung hitungan ini apalagi kalau trading mesti dikonvert2kan dulu dari satuan pipsnya. Untung ane trading dibroker yang ada kalkulator marginnya. Kalo ane hitung2an disitu hasilnya bakal tetep sama kan ya? Alias nggak ada manipulasi dari brokernya???
Ilham Wijayanto
Selama ini yang banyak muncul dan dikeluhkan trader adalah manipulasi trading yang berhubungan langsung dengan eksekusi ordernya. Untuk manipulasi pada fasilitas kalkulator margin saya kurang begitu paham karena memang tidak semua broker punya fasilitas ini. Untuk amannya mungkin bisa dicaritahu dulu apakah broker juga menyediakan rumus perhitungan yang digunakan untuk kalkulator itu, Kalau ada, mungkin bisa dibandingkan dengan perhitungan manual sendiri. Namun yang paling mudah dan dipercaya tentu saja dengan menghitung sendiri, meskipun ini tidak wajib karena platform sudah menyediakan semua detail beserta history tradingnya, berguna juga mengetahui perhitungan dari setiap pendapatan dan pengurangan di balance kita itu asal usulnya darimana.
Trifebrian
apa pengaruh leverage di pengambilan sl? kalau leverage lebih kecil atau lebih besar dari 1:500 apa slnya nanti perlu diperkecil/diperbesar jg?

kalau begitu apa trdng akun standard dgn modal $100 dn leverage 1:500 itu yg plg disarankan spy kalkulasinya lbh gampang?
Ilham Wijayanto
Penentuan stop loss bisa didasarkan oleh banyak hal. Karena ini berhubungan dengan resiko, tentu saja besar kecilnya leverage juga bisa berpengaruh. Tapi yang paling penting di sini adalah trader tau dan bisa mengukur sendiri resiko normal yang bisa ditanggungnya. Beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk menghitung stop loss selain dari leverage adalah: volatilitas pasar, level support dan resistance harga, posisi price action, rasio risk dan reward, dsb. Mengenai pengambilan akun, jumlah modal, dan leverage itu tidak ada ketentuan standarnya. Itu semua disesuaikan dengan kondisi tradernya sendiri dan kemampuannya trading serta mengelola resiko. Tapi untuk leverage rata-rata pemula disarankan untuk tidak mengambil yang terlalu tinggi. Begitu pula dengan modal dan akunnya, jika bisa yang dapat memungkinkan trading dengan ukuran lot minimal saja.
Si Codet
Oh ternyta itu to bedax balance sama equity... slama ini blom tau soalnya blom handle floating posisi. hbs masih suka exit n tp / exit n cut loss jd blom prnh tutup platform ps punya posisi open. Karna balance sm equity munculx sama terus jadi pertama kirain itu ber2 ndak ada bedax. Trnyta baru ketauan ya pas ada floating posisi. Ok pengetahuan ni buat nanti kedepan klo ada floating berarti yg diperhatikn itu equityx bukan balancex :)