Trade Secara Konsisten

103425

Banyak sekali trader yang memulai karir dengan mencoba menemukan strategi yang sempurna. Namun, langkah ini dapat mengakibatkan tidak adanya satu pun strategi yang dikuasai.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Untuk bisa bertahan dalam market forex, hal yang paling penting dilakukan adalah dengan menerapkan metode trading yang konsisten dan nyaman daripada sekedar sebuah sistem yang sempurna yang sesekali bisa meraih profit 100% tetapi tidak nyaman digunakan. Analoginya, bayangkan jika pada waktu Tiger Wood masih SMA ada orang yang menawarinya pekerjaan sebagai pemain bola dengan bayaran yang lumayan tetapi dengan syarat dia harus meninggalkan hobi dan bakatnya bermain golf.

Tentu sayang sekali bukan apabila pada waktu itu Tiger Wood akhirnya memilih untuk menjadi pemain sepak bola dan meninggalkan talenta dan hobinya sebagai pemain golf. Padahal, golf bisa memberikannya kekayaan yang nyaman daripada sepakbola yang mungkin bisa saja memberinya kekayaan tapi tidak nyaman. Dari sini, kita bisa mengambil kesimpulan, lebih baik mengembangkan strategi trading forex yang nyaman dan kita sukai daripada strategi yang tidak nyaman.

Trade Secara
Beberapa trader memulai karir-karir mereka dengan mencoba untuk menemukan strategi yang sempurna yang dapat menghujani mereka dengan profit tiap harinya terlepas apakah strategi itu mudah dipahami, nyaman, atau tidak. Bahkan banyak pemula yang memilih jalan pintas untuk menggunakan trading sistem otomatis padahal mereka belum memahami pasar. Akibatnya, saat strategi tersebut mengalami loss, mereka tidak tahu apa yang harus dikoreksi dan lebih memilih untuk berganti strategi. Akhirnya, kemampuan trading trader tersebut hanya setengah-setengah dan tidak ada satu pun strategi yang benar-benar mereka kuasai.

Berhentilah untuk selalu mengandalkan keberuntungan. Kerja keras pada akhirnya akan membawa keberuntungan dengan sendirinya. Dengan menguasai dan setia pada satu strategi, Anda akan lebih menghemat waktu, uang, dan menenangkan jiwa Anda. Daripada mengganti-ganti strategi yang merugi, lebih baik jalankanlah strategi yang Anda sudah nyaman dengan tetap disiplin, sabar, dan konsisten. Cobalah untuk memusatkan tujuan untuk memiliki sistem trading yang konsisten dan mengoreksinya daripada berganti sistem setiap mengalami kerugian. Dengan demikian, sistem trading tersebut akan SEMPURNA dengan sendirinya.

Lakukanlah open posisi hanya pada saat Anda benar-benar yakin. Gunakan sistem Anda sendiri secara konsisten. Dan sistem tersebut harus terdiri dari indikator yang mudah Anda baca, dan nyaman saat Anda gunakan. Sehingga ketika Anda melakukan analisa dan pembuatan keputusan dalam bertransaksi, Anda sudah merasa tenang dan mampu mengetahui pergerakan harga dengan analisa Anda. Tanpa adanya rasa khawatir atau rasa cemas dalam perdagangan, menjadikan Anda bisa bertrading lebih dari cukup. Transaksilah ketika Anda merasa baik, dan jangan lakukan apapun ketika Anda merasa tidak nyaman ataupun ragu-ragu.


SFTeam merupakan hasil kerjasama beberapa personel tim Seputarforex untuk menghadirkan liputan akurat dan bermanfaat bagi pembaca. Cakupan bahasan menyeluruh hingga menjangkau fundamental, teknikal, dan berbagai aspek trading forex lainnya.

Arie Cibi
Analoginya susah dingertiin. Tiger Wood memang bisa main bola?

Kalo dia main bola emang peluang menangnya dia lebih gede?

Kan ini maksudnya sistem yang potensi profitnya lebih gede tapi kurang nyaman digunakan dibandingkan sama sistem yang kemungkinan untungnya biasa aja tapi nyaman digunakan?
Romli Supardi
belajar nyusun sistem sendiri juga makan banyak waktu, tapi diawal-awalnya aja. begitu udah paham trading bisa mulus & tinggal benahin aspek-aspek yg kurang aja tanpa perlu mengganti semua sistem scr keseluruhan.

sedangkan cara belajar yg setengah-setengah memang nggak memakan banyak waktu di awal, tapi akan butuh waktu lebih lama sebelum trader bener-bener paham soal trading & punya sistem trading yg paling sesuai.

intinya kedua cara sama-sama butuh waktu lama dalam mencapai keberhasilannya, hanya bedanya di depan atau di belakang saja. newbie bisa pilih sendiri, mau susah di depan dan lancar belakangan atau lancar di depan dan susah belakangan.
R Jafar
lbh baik pake sistem trdng yg nyaman drpd pake yg "katanya" 100% profit tp g cocok sm style trdng kt. mnrt ane kt br bs menilai potensi untung dr suatu sistem stlh sdh kita uji sndiri, krn yg dikatakan org bs datengin bnyk untung blm tentu dikita jg hslnya akan sama. tiap trdr pny cara & kemampuan yg beda2, sistem yg nyaman mskpn kt orang lain itu krg profitable pst bs kita bikin bgs krn kt tau sndiri soal seluk beluknya. beda sm sistem yg dibilang profitable tp kt krg sreg ato mlh krg tau bnyk mngkn kl dlm kondisi normal bs profitable tp suatu saat kl ada kslhn sistem kt tdk akn tau slhny dmn dn bgmn memperbaikinya.
Fid Rusdyan
Setuju buanget bro.. pengalaman pake sinyal trading... kadang2 bisa nguntungin tapi kadang2 malah bikin rugi & malah tambah bingung sendiri... emg paling oke kalo kita bisa ngerti sendiri sama sistemnya... jadi kalo ada apa2 bisa diotak atik sendiri... sedangkan kalo kita banyak gag paham sama sistem malah ujung2nya ganti semua sistem & perlu cari yg baru buat gantiin sintem lama.... itu malah butuh waktu banyak jadi ane setuju sama pendapat semua agan disini....
Sakti Himmawan
Yang ditekankan di sini adalah konsistensi tradingnya, jadi selama sistem yang digunakan bisa dipahami dengan baik, mendatangkan hasil yang diinginkan, dan bisa digunakan secara konsisten, saya rasa tidak masalah apakah sistem itu berasal dari orang lain atau buatan sendiri. Jika trader bisa dengan mudah beradaptasi di suatu sistem meskipun itu bukan buatannya sendiri saya pikir itu bisa saja digunakan. Yang terpenting adalah trader itu merasa nyaman dan bisa mempertanggungjawabkan hasil trading dari sistem yang dijalankan.
Trading Utara
Yang utama kita harus yakin dulu pada kehandalan sistem yang sedang kita pakai.keraguan pada sidtem yg kita gunakan membuat kita sering ganti sistem trading dalam waktu yang terbilang singkat.Hal tersebut mrmbuat kita tidak konsisten dalam penggunaan sebuah sistem dan sulit menilai kehandalan sistem yg kita pakai dalam jangka panjang