OctaFx

iklan

Trading Ala Sun Tzu: Seni Berperang (2)

DALAM HAL STRATEGI TRADING "Dalam hal metode militer, kita harus memiliki:(1) Pengukuran(2) Perkiraan kuantitas, (3) Perhitungan, (4) Menyeimbangkan peluang(5) Kemenangan." Ketika datang kesempatan bertrading, Anda harus memiliki satu set aturan yang telah ditentukan atau sistem untuk membantu Anda mengevaluasi (mengukur) trading potensial. Kedua, Anda harus tahu posisi Anda

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Trading Ala Sun Tzu: Seni Berperang 

DALAM HAL STRATEGI TRADING

  • "Dalam hal metode militer, kita harus memiliki:
    (1) Pengukuran
    (2) Perkiraan kuantitas,
    (3) Perhitungan,
    (4) Menyeimbangkan peluang
    (5) Kemenangan."

    Ketika datang kesempatan bertrading, Anda harus memiliki satu set aturan yang telah ditentukan atau sistem untuk membantu Anda mengevaluasi (mengukur) trading potensial. Kedua, Anda harus tahu posisi Anda ukuran untuk membeli jumlah/lot yang benar (kuantitas) berdasarkan pada ukuran modal Anda. Ketiga, Anda harus menentukan cut loss dan profit taking harga dan menghitung risk reward rasio untuk memastikan reward minimal 2 kali risiko Anda. Keempat, Anda harus tahu apa adalah probabilitas menang menggunakan sistem Anda dalam kondisi market saat ini. Terakhir, bertrading dan menunggu market untuk memutuskan apakah Anda benar dalam mendulang profit.

  • "Jangan ulangi taktik yang telah mendapatkan Anda satu kemenangan, tapi biarkan metode Anda diatur oleh variasi keadaan tanpa batas." (Sun Tzu)

    Selama jangka panjang, kondisi market berubah. Sistem yang bekerja di masa lalu mungkin tidak relevan dalam kondisi market yang baru. Anda harus meninjau dan fine tune sistem ketika kondisi market berubah. Anda akan tahu ketika Anda sadar bahwa Anda memiliki lebih banyak kerugian daripada biasanya meskipun Anda mematuhi aturan sistem dengan ketat.

  • "Seorang jenderal yang pintar, menghindari tentara disaat spiritnya tajam, tetapi menyerangnya ketika spiritnya sedang lamban dan cenderung untuk kembali. Ini adalah seni mempelajari suasana hati. " (Sun Tzu)

    Ide sentral dari trading adalah berkisar pada membaca suasana hati market atau sentimen pasar. Tindakan harga, volume dan indikator adalah tanda-tanda bagi trader untuk melihat suasana hati market dan perilaku para investor. Anda akan bertrading dengan baik ketika Anda dapat menafsirkan suasana hati.

  • "Ini adalah aksioma militer tidak untuk maju naik melawan musuh, atau pun untuk menentangnya ketika dia datang menurun." (Sun Tzu)

    Kunci untuk trading tidak untuk melawan trend. Ketika market trending naik, mencari peluang untuk long dan tidak short. Demikian juga, jika market trend menurun, mencari kesempatan untuk short dan tidak long.
  • "Jenderal yang maju tanpa iri ketenaran dan mundur tanpa takut aib, yang memiliki pemikiran hanya untuk melindungi negaranya dan melakukan pelayanan yang baik untuk daulatnya, adalah permata kerajaan." (Sun Tzu)

    Trader harus menang di market bukan untuk membuktikan dan memamerkan bahwa dia benar, tapi untuk mencari keuntungan. Ketika ia salah, ia harus cut loss tanpa merasa aib. Hanya dengan memiliki mentalitas ini, dia bisa melakukan trading terbaik dalam akunnya.


DALAM HAL MENANG DI MARKET

  • "Jika Anda mengenal musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran. Jika Anda mengenal diri sendiri, tapi tidak mengenal musuh, untuk setiap kemenangan yang diperoleh Anda juga akan menderita kekalahan. Jika Anda tidak mengenal akan musuh maupun diri sendiri, Anda akan menyerah dalam setiap pertempuran " (Sun Tzu)

    Ini adalah frase yang umum dikutip. Dalam trading, memang benar bahwa Anda perlu mengenal diri sendiri. Ini mencakup pemahaman psikologi Anda dan bagaimana Anda berperilaku atau bereaksi terhadap keuntungan dan kerugian. Musuh dalam hal ini adalah market. Anda perlu memahami market sebelum Anda melakukan segala bentuk investasi. Anda perlu mengambil waktu untuk memahami market, memastikan diri untuk memiliki keunggulan atas sisa investor. Dengan pemahaman yang baik, Anda dapat merancang dan menggunakan sistem untuk memanfaatkan pergerakan market. Selain itu, Anda akan mampu menerapkan taktik yang tepat untuk mengalahkan market. Jika Anda tidak memahami market dan Anda tidak memahami diri sendiri, kemungkinan Anda akan berakhir dalam kerugian.

  • "Untuk mengamankan diri terhadap kekalahan terletak di tangan kita sendiri, tetapi kesempatan mengalahkan musuh disediakan oleh musuh itu sendiri." (Sun Tzu)

    Sebagai trader, Anda perlu untuk melindungi modal trading Anda dan mematuhi aturan sistem trading Anda untuk entri dan exit. Setelah Anda memastikan Anda telah melakukan bagian Anda, jumlah keuntungan atau kerugian akan ditentukan oleh market. Anda tidak memiliki hak untuk meminta setiap jumlah keuntungan dari market. Bahkan jika Anda mengikuti semua aturan ketat, mungkin Anda dapat loss tetapi Anda harus menerimanya dan melanjutkan.

  • "Apa yang dahulu disebut pejuang cerdas adalah orang yang tidak hanya menang, tetapi unggul dalam memenangkan dengan mudah. Dia memenangkan pertempuran dengan berupaya tidak ada kesalahan. Tidak membuat kesalahan adalah apa yang membangun kepastian akan kemenangan, karena hal itu berarti menaklukkan musuh yang sudah dikalahkan. Oleh karena itu pejuang terampil menempatkan dirinya ke posisi yang membuat kekalahan menjadi tidak mungkin, dan tidak ketinggalan momen untuk mengalahkan musuh." (Sun Tzu)

    Untuk trading dengan benar adalah mengikuti sistem atau seperangkat aturan. Membuat kesalahan berarti trader tidak mematuhi sistem trading atau aturan ketika melakukan trading. Trader tidak mengikuti aturan karena dia dipengaruhi oleh emosinya, yang pada gilirannya terpengaruh oleh berita, rekomendasi, dan komentar dari yang lain. Untuk menang di market, trader harus berupaya untuk tidak membuat kesalahan, yaitu, ia harus mampu melakukan trading tanpa ada orang yang mempengaruhi pengambilan keputusannya. Hal ini terutama terjadi ketika ada kesempatan cut loss. Seorang trader yang gagal untuk cut loss melakukan sebuah kesalahan besar. Karena satu kesalahan dapat menghapus keuntungan dan modalnya. Hal ini sangat penting untuk memposisikan diri di market dengan berupaya tanpa membuat kesalahan.

  • "Seni perang mengajarkan kita untuk tidak bersandar pada kemungkinan musuh tidak datang, tetapi pada kesiapan kita sendiri untuk menerima mereka, bukan pada kesempatan mereka tidak menyerang, melainkan pada kenyataan bahwa kita telah membuat posisi yang tak tergoyahkan. " (Sun Tzu)

    Seperti dibahas sebelumnya, seorang trader harus melakukan kecermatan untuk menempatkan dirinya dalam posisi sedemikian rupa sehingga ia memiliki probablitas lebih tinggi untuk menang di market. Anda tidak harus memiliki mentalitas menaklukkan market. Keuntungan ditentukan oleh market trading dan Anda tidak bisa memaksa.

Asaeri sudah mengenal trading forex selama bertahun-tahun, kemudian menyadari kurangnya referensi bacaan mengenai trading di Indonesia. Oleh karenanya, Asaeri suka membuat ulasan mengenai pentingnya tata psikologi dan inspirasi-inspirasi lain bagi trader nusantara.


Salim Salaman
Bagaimana kalo kita paham market, bisa analisa dll, tapi tdk bisa mengenali diri sendiri? Bagaimana nanti kesempatan profit dn lossnya? Apa nanti masi bisa profit tapi jadinya nggak bermanfaat, atau justru malah loss terus dapatnya?
Rohim Bundel
emg mngkn bro itu? kok bs ada org yg gbs ngenalin diri sendir?
amnesia dunk?
Arip Erlangga
Memahami karakter diri sendiri memang terkesan mudah, tapi dalam kenyataannya banyak yang kesulitan untuk mengendalikan diri sendiri saat menghadapi situasi real. Untuk memahami diri sendiri seorang trader perlu menyadari bagaimana responnya terhadap segala situasi yang terjadi.

Bagaimana caranya menanggapi situasi floating, setelah loss maupun profit. Mengenali diri sendiri itu penting, jika trader hanya mampu mengenali pasar, maka posisi tradingnya akan selalu terancam merugi. Karena penyesuaian kondisi dan karakter seseorang itu adalah salah satu metode penting dalam menentukan keberhasilan trading.
Ardhi
kl mnuruti saran dsni brarti trdngny msti ganti2 trus y sistimny? bknny nyari2 trus sistim yg cocok itu jg bkn hl yg bgs gan? kn bgsny kt dapetin 1 sistim yg bnr2 bgs buat trdng kt trus disiplin sm sistim itu trus? kl ganti2 apa ada jg sisi baikny? kl ada dimanany ya?
Arip Erlangga
Yang dimaksudkan di sini adalah menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Meskipun sudah memiliki susunan sistem trading yang sesuai, tapi untuk menghadapi perubahan kondisi market tentu perlu ada yang disesuaikan. Jika sistem yang dijalankan tidak mengalami penyesuaian, maka trader akan menghadapi situasi dengan strategi yang salah. Hal ini tentu akan berdampak pada kerugian yang besar karena pasar akan selalu bergerak dan kitalah yang harus beradaptasi dengan kondisi pasar. Mengubah bagian dari sistem di sini tidak sama dengan terus mencari mana yang terbaik, tetapi menyesuaikan bagian yang perlu dengan kondisi yang ada.