OctaFx

iklan

Trading Dengan Excel RTD (Real Time Data) Di Metatrader

279939

Excel RTD memungkinkan trader berinteraksi dengan platform trading hanya dengan kemampuan excel standard tanpa harus belajar bahasa pemrograman yang kompleks.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Excel RTD (Real Time Data) merupakan tool untuk memonitor, menganalisa, serta membuat laporan trading, yang terdapat dalam paket MT5 Booster dari GKInvest. Excel RTD memungkinkan trader berinteraksi dengan platform trading hanya dengan kemampuan excel standard tanpa harus belajar bahasa pemrograman yang kompleks.

Khususnya bagi Anda yang sudah lancar menggunakan Excel, perangkat ini akan membuat penggunaan Metatrader menjadi lebih fleksibel. Sedangkan bagi yang belum terbiasa dengan Excel, cukup mencatat rumus lalu copy-paste dan menyesuaikan parameternya saja.

EXCEL RTD

 

Fungsi dasar dari perangkat trading bernama Excel RTD ini ada dua:

1. Memasukkan data real time, tiket dan harga hanya dengan menggunakan fungsi built-in RTD di Excel.

Untuk merekayasa program, Anda tak perlu menggunakan Macro dan tanpa pemrograman. Hanya membutuhkan pengetahuan Excel yang standar.

Misalnya setelah aplikasi Excel RTD berjalan, Anda dapat menggunakan rumus berikut di Excel untuk memasukkan data akun, tiket, atau harga. Anda hanya perlu mengisi nomor rekening dan "properti" yang ingin Anda tampilkan. Contoh: jika nomor akun Anda 156734 dan ingin menampilkan balance atau harga bid dari GBP/USD, maka formulanya:

=RTD("FXBlueLabs.ExcelRTD", , "156734", "balance")
=RTD("FXBlueLabs.ExcelRTD", , "156734", "bidGBPUSD")

Secara otomatis akan ditampilkan info yang Anda butuhkan di Excel. Demikian pula jika ingin melihat harga ask EUR/USD, cukup utak-atik rumus sedikit menjadi:

=RTD("FXBlueLabs.ExcelRTD", , "156734", "askEURUSD")

Selain itu, Excel RTD telah memiliki (built-in) rumus untuk menghitung beberapa indikator, termasuk Relative Strength Index (RSI), Moving Average Convergence-Divergence (MACD), Average True Range (ATR), dan Stochastic. Anda cukup memasukkan rumus-rumusnya saja untuk memunculkan hasil penghitungan. Contohnya, untuk menghitung ATR dari 21 bar terakhir pada pair GBP/USD di timeframe D1, pakailah rumus

=RTD("FXBlueLabs.ExcelRTD", ,"156734","@atr,GBPUSD,D1, 21,0"

Menarik bukan? Untuk rumus-rumus lainnya, Anda bisa cek langsung dari video berikut:

 

2. Excel RTD bisa mengirimkan perintah trading sederhana dari kode VBA di Excel (atau dari bahasa lain yang mendukung COM).

Dengan kata lain, trader yang memiliki keterampilan pemograman, dapat menggunakan Excel RTD ini, dari mulai tiket deal yang di-customize sendiri hingga menciptakan "automated trading" berdasarkan model keuangan di Excel. Intinya, jika sudah biasa pakai Excel, maka bisa mengeksplor lebih jauh, lebih banyak fungsi.

EXCEL RTD

Dapatkan Excel RTD di MT5 Booster GKInvest. MT5 Booster merupakan fasilitas trading tools yang disediakan oleh GKInvest bagi nasabahnya. Selain Excel RTD, dalam paket MT5 Booster juga ada Market ManagerTrade TerminalMini TerminalSentiment TraderCorrelation TraderCorrelation MatrixAlarm Manager dan Session Map yang semuanya ditujukan untuk melancarkan aktivitas trading Anda.

Untuk mendapatkan paket MT5 Booster, buka akun sekarang di GKInvest.

Aisha telah melanglang buana di dunia perbrokeran selama nyaris 10 tahun sebagai Copywriter. Saat ini aktif sebagai trader sekaligus penulis paruh waktu di Seputarforex, secara khusus membahas topik-topik seputar broker dan layanan trading terkini.