Trading Dengan Parabolic SAR Dan MACD

216432

Strategi trading dengan Parabolic SAR dan MACD akan berjalan dengan baik ketika pasar sedang trending dengan kuat. Pending order (buy stop atau sell stop) dilakukan setelah kurva MACD memotong kurva sinyal dan titik pSAR berubah posisi sesuai dengan arah trend.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Metode trading ini sangat sederhana dan cukup akurat. Bisa digunakan pada semua time frame, namun demikian semakin tinggi time frame trading akan semakin akurat. Faktor utama yang diperlukan adalah kesabaran dalam menunggu sinyal trading, dan indikator yang digunakan hanya parabolic SAR (pSAR) dan MACD.

Peraturan entry dan exit:
1. Setting MACD standard (12, 26, 9). Tunggu hingga kurva MACD dan kurva sinyal berpotongan (MACD cross)
2. Setting pSAR default (step = 0.02 dan maximum = 0.2). Amati apakah titik pSAR pada chart telah berubah posisi.
3. Jika pada saat yang hampir bersamaan terjadi MACD cross dan perubahan posisi titik pSAR maka tempatkan pending order buy stop pada sekitar harga tertinggi dari candlestick saat itu, atau sell stop pada sekitar harga terendah dari candlestick saat itu.

Trading Dengan Parabolic SAR Dan

Titik A : pergerakan titik pSAR berubah posisi dari atas harga ke bawah harga, yang menunjukkan sinyal untuk entry buy atau sinyal untuk exit sell.
Titik B : Tempatkan order buy stop segera setelah kurva MACD memotong kurva sinyal dari bawah keatas (sinyal untuk buy), dan titik pSAR berubah posisi dari atas harga ke bawah harga (A).
Titik C : pergerakan titik pSAR berubah posisi dari bawah harga ke atas harga, yang menunjukkan sinyal untuk entry sell atau sinyal untuk exit buy.
Exit posisi buy, dan atau tempatkan order sell stop segera setelah kurva MACD memotong kurva sinyal dari atas kebawah, dan titik pSAR berubah posisi dari bawah harga ke atas harga (C).
Titik D : Exit posisi sell, dan atau tempatkan order buy stop segera setelah kurva MACD memotong kurva sinyal dari bawah keatas, dan titik pSAR berubah posisi dari atas harga ke bawah harga.

4. Jika pada saat yang hampir bersamaan tidak terjadi MACD cross dan perubahan posisi titik pSAR maka tidak ada penempatan order.
5. Stop loss bisa ditentukan pada level support atau resistance terdekat, dan disesuaikan dengan management resiko yang telah direncanakan.
Metode ini akan berjalan dengan baik ketika pasar sedang trending dengan kuat.

Sumber : swing-trading-strategies.com : Forex Swing Trading Strategy #10:(Parabolic SAR And MACD Swing Trading System)

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Adji Nugroho
Master, sy juga ga bisa munculin tampilan MACD yg garis2 itu. MACD di mt4 sy munculnya gambar garis sama area. Bisa nggak ya MACD diubah tampilanya jadi 2 garis begitu? Kalo bisa caranya bagaimana master? Apa nggak ada cara lain mesti download indikator MACD yg khusus tampil seperti itu? Atau malah perlu ganti platform? Mohon penerangannya master...
Martin S
@Adji Nugroho:
Sebetulnya sama saja, untuk yang versi Metatrader (mt4) kurva MACD-nya bisa dibaca dari batas area MACD (batas daerah yang terarsir), bentuknya persis sama dengan yang versi garis (versi tradisional). Perhatikan perbandingannya pada chart berikut ini:

Namun kalau Anda ingin menggunakan yang versi tradisional (garis), Anda bisa download mt4 dari broker interbankfx (IBFX), di folder MQL4 ada folder Indicators, didalamya ada IBFX - MACD Traditional.ex4. Bisa langsung digunakan pada mt4 yang lain.
Nurhaeni
nah itu gimana cara nyari support resisten kl tdk ada bantuan dr indikator? pdhal kan aturanya ini kita cuman pake 2 indikator aja macd sama parabolic sar, tapi nyari exit pake support resistan pake cara apa kl g pake bantuan indikator? apa cukup dari harga high dan low aja? tapi gimana pula nentuin levelnya sedang ada banyak bgt metode yg bisa dipake. kl support resistenya diperkirain sendiri aja berarti ni butuh pengalaman juga ya pake teknik begini. kl masi awam mana bisa dapet support resisten yg bagus...
Martin S
@ Nurhaeni:
Untuk metode ini exitnya tidak berdasarkan level support atau resistance tetapi mcukup dengan mengamati saat kurva indikator MACD memotong kurva sinyal dan titik indikator parabolic SAR berubah posisi. Jadi dalam hal ini exit berdasarkan momentum. Sedang untuk stop loss ditentukan dari level terendah atau tertinggi dari candle yang paling dekat.
Gugun Biru
Ane jg pnsrn sm exit. Cz d peraturan br ada sinyal exit kl ada ganti titik sar / cros macd berikutny. Berarti alternatip exit slain dr sl sr jg bs scr manual y mstr tunggu smpe ada sinyal kyk bgt? Cz dsni g ada ptunjuk lnjtn ttg pncarian sl dgn sr jd kykx rekomendasi exit kok scr manual bgt y? Tlg dikonfirmasi mstr
Martin S
@ Gugun Biru:
Ya, untuk metode ini exitnya memang secara manual, tidak berdasarkan level support atau resistance melainkan cukup dengan mengamati saat kurva indikator MACD memotong kurva sinyal dan titik indikator parabolic SAR berubah posisi. Dalam hal ini exit berdasarkan momentum.
Widiwijaya
wah pake pending order ya nie cerita nya?
kenapa kok ndak langsung order buy sell biasa aja?
gw rada lupa fungsi buy stop sell stop krna pending order klo ndak salah ada 4 macem n fungsi nya beda2.
emang klo ndak dipending dulu apa ntar order nya bisa gagal ato gimana?
gw lihat kok oke2 aja pasang buy sell biasa pas ada sinyal dari 2 indi diatas
Martin S
@Widiwijaya: Ya, dengan pending order karena pergerakan candle setelah sinyal terjadi (MACD cross dan titik pSAR berubah) belum tentu seperti yang kita harapkan, bisa saja yang seharusnya naik malah turun atau yang seharusnya turun malah naik. Untuk menghindari hal tersebut kita gunakan pending order buy pada level tertinggi candle terdekat dengan asumsi kalau break level high maka akan benar (terus naik), dan pending order sell pada level terendah candle terdekat dengan asumsi kalau break level low maka akan benar (terus turun).
Dalam hal ini menggunakan buy stop dan sell stop.
Anda bisa juga order secara manual tetapi harus terus mengamati pergerakan harganya agar didapatkan level entry yang pas.
Nanang Basuki
@WidiWijaya:
Pending order ditempatkan untuk membuka posisi pada saat yang benar-benar tepat, artinya juga berfungsi untuk mengurangi kesalahan open dengan fake signal. Walaupun gambar di atas sudah menunjukkan peluang yang menjanjikan tiap sinyal muncul, namun tidak selalu bisa diandalkan karena pada saat-saat tertentu fake signal bisa muncul dan membuat open order anda rugi. Maka dari itu lebih baik memasang pending order buy stop atau sell stop untuk membuka posisi di level yang lebih terkonfirmasi, dalam hal ini sesuai dengan harga tertinggi atau terendah candlestick pada saat itu.

Mengenai penjelasan mengenai buy stop dan sell stop, dua pending order itu adalah untuk membuka order pending buy di atas harga sekarang (buy stop), atau membuka order pending sell di bawah harga sekarang (sell stop). Sementara dua pending order lain adalah buy limit dan sell limit, yaitu untuk membuka order pending buy (buy limit) di bawah harga sekarang, atau membuka order pending sell (sell limit) di atas harga sekarang.