ATM Berbasis Bitcoin Menjamur Di Rusia

Pamor mata uang kripto seperti Bitcoin semakin bersinar di Rusia. ATM berbasis Bitcoin akan dipasang di Novosibirsk dan akan menyebar di kota-kota lainnya.

Xm

iklan

FirewoodFX

iklan

Pamor mata uang kripto seperti Bitcoin semakin bersinar meski menghadapi berbagai rintangan berupa larangan di banyak negara. Kabar terbaru datang dari Rusia dimana mulai bermunculan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berbasis Bitcoin yang dipasang di lima distrik Novosibirsk oleh sebuah Startup lokal.

ATM Berbasis Bitcoin Menjamur Di

Novosibirsk yang merupakan kota dengan populasi terbesar ketiga Rusia, menjadi tempat pertama bagi 10 ATM Bitcoin yang baru-baru ini dipasang oleh Startup lokal, BBFpro. Mesin ATM Bitcoin tersebut ditempatkan pada distrik Kalininsky, Zheleznodorozhny, Oktyabrsky, Leninsky and Kirovsky.

Sebagian besar ATM Bitcoin di kota Novosibirsk berada pada toko-toko yang menjual minuman keras. Direktur BBFpro, Anton Friedel mengatakan, "Kesepuluh ATM itu sudah kami tempatkan di area strategis, sehingga masyarakat dapat menjangkaunya dengan mudah serta melakukan pembelian Bitcoin."

Friedel bersama tim sebenarnya ingin menempatkan ATM berbasis Bitcoin tersebut di pusat keramaian seperti mall, namun biaya sewa terlalu mahal.

"Pusat pembelanjaan besar meminta uang sewa yang hampir tidak mungkin bagi kami sebagai startup lokal membayarnya. Biaya sewa untuk satu tempat mencapai 15,000-20,000 Rubel dan sementara di toko yang menjual bir, kami hanya mengeluarkan biaya sewa 2,000 Rubel saja", ucap Anton Friedel.

 

Akhir Tahun 2017, Moscow Miliki 100 ATM Bitcoin

Geliat mata uang kripto tidak hanya terjadi di Novosibirsk, melainkan juga mulai terasa di ibukota Moscow. Kabar itu bersumber dari berita Rambler News pekan lalu yang mengatakan bahwa akan dipasang 100 buah ATM Bitcoin di Moscow hingga akhir tahun. Proyek besar yang dilakukan investcoin24 tersebut akan memasang ATM mata uang kripto di pusat keramaian seperti mall dan hotel.

Namun, pertumbuhan jumlah ATM mata uang kripto di Russia yang cukup menjanjikan tersebut ternyata masih dibayangi oleh belum jelasnya proses perijinan oleh Regulator setempat. Bahkan Deputi Menteri Keuangan, Alexei Moiseev bulan lalu mengatakan,"Bitcoin di Rusia tidak akan dilegalkan”.

Terlepas dari berbagai masalah yang dihadapi, harga Bitcoin terus menanjak. Pada pukul 13:18 WIB siang ini, kurs Bitcoin berada di level $4,857 atau naik 1.57 persen harian, naik 10.93 persen dalam tujuh hari terakhir.

280520

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.