Advertisement

iklan

Indikator Murrey Math Line X Untuk Metatrader

Indikator untuk Metatrader (MT4/MT5) bernama Murrey Math Line X ini berfungsi menghitung level-level Support dan Resistance, lalu menampilkannya dalam bentuk garis yang muncul di atas grafik harga. Trader yang sudah terbiasa menggunakan Support dan Resistance yang ditarik Pivot Points maupun Fibonacci Retracements, tentu akan dapat memanfaatkan Murrey Math Line X ini secara lebih efektif dan efisien.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Berbeda dengan Support dan Resistance biasa, Murrey Math Line X sudah dilengkapi dengan keterangan mengenai makna setiap garis. Keterangan-keterangan ini dapat membantu trader untuk lebih mudah mengidentifikasi apakah harga punya kecenderungan untuk tembus atau berbalik setelah mencapai suatu level tertentu.


Cara Memasang Murrey Math Line X Untuk Metatrader

  1. Download indikator Murrey Math Line X di link ini ke PC atau laptop Anda: Ekstrak file dari folder zip. Apabila Anda menggunakan Metatrader 4 (MT4), maka unduhlah file MQL4. Sedangkan jika Anda menggunakan Metatrader 5 (MT5), maka unduhlah file MQL5.
  2. Buka Metatrader. Pada menu utama di toolbar, klik "File", lalu pilih opsi "Open Data Folder". Cari file indikator yang sudah diunduh tadi, lalu copy file tersebut (CTRL+C).
  3. Kembali ke folder terminal Metaquotes, kemudian cari folder MQL5 atau MQL4. Buka folder dan cari folder "Indicators", lalu paste file indikator Murrey Math Line X dalam folder "Indicators".
  4. Tutup jendela data folder, tutup platform Metatrader.
  5. Buka kembali platform Metatrader. Di bagian Navigator, cek "Indicators", seharusnya indikator "Murrey_Math_Line_X" sudah ada disitu. Buka chart pada pasangan mata uang dan timeframe yang diinginkan, lalu klik dan seret (click and drag) "Murrey_Math_Line_X" dari navigator ke atas chart.



  6. Jendela kustomisasi indikator Murrey Math Line X akan muncul. Anda bisa melakukan kustomisasi terlebih dahulu pada tab Input, Colors, Levels, Scale, dan Visualization untuk menyesuaikan tampilan indikator dengan selera Anda. Namun, Anda dapat pula langsung menggunakannya untuk bertrading berdasarkan setting asli (default) dengan meng-klik OK pada tab Common.
  7. Setelah indikator Murrey Math Line X muncul, Anda bisa segera menggunakannya dalam aktivitas trading berdasarkan panduan yang diuraikan di bawah ini.

Parameter Yang Dapat Diubah

Indikator Murrey Math Line X memiliki beberapa parameter yang dapat Anda kustomisasi sendiri. Parameter-parameter tersebut akan muncul pada tab "Input" di jendela konfigurasi indikator, sebagaimana nampak pada gambar berikut:



Definisi masing-masing adalah sebagai berikut:
  • P: Periode setiap candle atau periode lainnya yang di-set pada MMPeriod dan menjadi dasar kalkulasi garis. Default P: 64. Apabila Anda ingin merubahnya, maka perlu diperhatikan bahwa semakin rendah angkanya, maka akan makin kurang akurat.
  • MMPeriod: Periode dasar dalam satuan menit dengan default 1440. Dalam konfigurasi, perhatikan bahwa angkanya dapat diubah menjadi 60 untuk Hourly Pivot, 1440 untuk Daily Pivot, 10080 untuk Weekly Pivot, dan 43200 untuk Monthly Pivot. Jika angkanya lebih dari 0, maka indikator akan menggunakan jumlah P dalam MMPeriod menit untuk mengkalkulasi garis-garisnya. Sedangkan jika angkanya 0, maka indikator akan menggunakan jumlah P pada grafik harga saat ini untuk menghitung garis-garisnya.
  • StepBack: pergeseran kalkulasi garis-garis Murrey Math Line X (berdasarkan MMPeriod).
  • Paramater lainnya: hanya mempengaruhi bentuk atau tampilan garis.

Cara Menggunakan Indikator Murrey Math Line X

Indikator Murrey Math Line X terdiri atas 8 garis warna-warni yang muncul bertumpukan langsung (overlay) di atas grafik harga. Keterangan mengenai fungsi masing-masing garis juga tercantum, sebagaimana nampak pada tangkapan layar berikut ini:



Untuk menafsirkan garis-garis yang muncul sangat mudah, yaitu:

  • Garis 0/8 (Ultimate Support) dan 8/8 (Ultimate Resistance): Level Support dan Resistance terkuat yang sangat sulit ditembus.
  • Garis 1/8 dan 7/8: Level Support dan Resistance yang relatif lemah. Namun, jika pergerakan harga terhenti dekat level-level ini, maka harga kemungkinan akan berbalik dan berubah arah.
  • Garis 2/8 dan 6/8 (Pivot Reverse): titik-titik dimana pembalikan harga yang cukup kuat bisa terjadi.
  • Garis 3/8 dan 5/8: Level terendah dan tertinggi pada kisaran pergerakan harga rata-rata. Harga bisa jadi tembus keluar dari kisaran ini dalam waktu singkat, tetapi dapat pula tetap bergerak di dalamnya (ranging/sideways) dalam waktu lama.
  • 4/8 (Major Support and Resistance): Garis ini mewakili level Support dan Resistance paling penting. Buy jika harga melintasinya ke arah atas. Sell jika harga melintasinya ke arah bawah.

Apabila Anda ingin menggunakan Murrey Math Line X sesuai konfigurasi asal (default), maka indikator Metatrader ini paling cocok diterapkan di timeframe Daily. Namun, konfigurasinya dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda, jika ingin menggunakannya pada timeframe berbeda.



Cak Tar
ikut sruput