Indikator Pattern Recognition Master Untuk Metatrader

Indikator untuk Metatrader (MT4/MT5) bernama Pattern Recognition Master ini berfungsi memindai pergerakan harga di pasar dan mendeteksi pembentukan pola-pola Candlestick, lalu menampilkannya dalam bentuk notifikasi otomatis. Trader yang sudah terbiasa menggunakan pola-pola Candlestick dalam aktivitas trading, tentu akan dapat memanfaatkan Pattern Recognition Master ini secara lebih praktis, karena tak perlu memelototi grafik dalam waktu lama untuk menemukan pola yang berakurasi tinggi.


Advertisement

iklan

Advertisement

iklan


Sesuai dengan konfigurasinya, indikator Pattern Recognition Master akan memunculkan Alert dalam bentuk jendela notifikasi (pop-up window) serta suara tertentu secara otomatis, setiap kali ada pola Candlestick penting yang muncul. Beberapa pola yang sudah di-setting untuk muncul notifikasinya adalah Shooting Star, Evening Star, Evening Doji Star, Dark Cloud Pattern, Bearish Engulfing Pattern, Bullish Hammer, Morning Star, Morning Doji Star, Piercing Line, serta Bearih Engulfing Pattern.


Cara Memasang Pattern Recognition Master Untuk Metatrader

  1. Download indikator Pattern Recognition Master di link ini ke PC atau laptop Anda:
  2. Ekstrak file dari folder zip. Apabila Anda menggunakan Metatrader 4 (MT4), maka unduhlah file MQL4. Sedangkan jika Anda menggunakan Metatrader 5 (MT5), maka unduhlah file MQL5.
  3. Buka Metatrader. Pada menu utama di toolbar, klik "File", lalu pilih opsi "Open Data Folder". Cari file indikator yang sudah diunduh tadi, lalu copy file tersebut (CTRL+C).
  4. Kembali ke folder terminal Metaquotes, kemudian cari folder MQL5 atau MQL4. Buka folder dan cari folder "Indicators", lalu paste file indikator Pattern Recognition Master dalam folder "Indicators".
  5. Tutup jendela data folder, tutup platform Metatrader.
  6. Buka kembali platform Metatrader. Di bagian Navigator, cek "Indicators", seharusnya indikator "Pattern_Recognition_Master" sudah ada disitu. Buka chart pada pasangan mata uang dan timeframe yang diinginkan, lalu klik dan seret (click and drag) "Pattern_Recognition_Master" dari navigator ke atas chart.



  7. Jendela konfigurasi indikator Pattern Recognition Master akan muncul. Anda bisa melakukan kustomisasi terlebih dahulu pada tab Input, Colors, dan Visualization untuk menyesuaikan tampilan indikator dengan selera Anda. Namun, Anda dapat pula langsung menggunakannya untuk bertrading berdasarkan setting asli (default) dengan meng-klik OK pada tab Common.
  8. Setelah indikator Pattern Recognition Master muncul, Anda bisa segera menggunakannya dalam aktivitas trading berdasarkan panduan yang diuraikan di bawah ini.

Parameter Yang Dapat Diubah

Indikator Pattern Recognition Master memiliki beberapa parameter yang dapat Anda kustomisasi sendiri. Parameter-parameter tersebut akan muncul pada tab "Input" di jendela konfigurasi indikator, sebagaimana nampak pada gambar berikut:



Definisi masing-masing adalah sebagai berikut:
  • Show_Alert: Berfungsi untuk memunculkan Alert setiap kali ada pola Candlestick yang terdeteksi. Default-nya adalah "true" (aktif).
  • UseExtraDigit: Indikator ini dibuat untuk Metatrader yang menyediakan kuotasi 4 digit, sehingga default-nya "false" (nonaktif). Namun, apabila broker Anda menggunakan kuotasi 5 digit, maka fungsi ini harus diubah menjadi "true" (aktif).
  • Parameter lainnya: Fitur lain berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pencarian atas berbagai pola Candlestick. Sebaiknya, jangan merubah bagian manapun, kecuali apabila Anda menginginkan indikator mengabaikan pola-pola tertentu.

Cara Menggunakan Indikator Pattern Recognition Master

Apabila indikator Pattern Recognition Master sudah diterapkan pada Metatrader, maka akan muncul sebaris daftar jenis-jenis pola Candlestick yang akan dicari oleh indikator secara otomatis. Daftar ini dibagi dua, yakni pola Bullish dan pola Bearish, sehingga Anda tak perlu bingung mencari maknanya.



Setiap kali ada pola Bearish, maka akan muncul simbol berwarna merah di atas grafik harga. Ini merupakan sinyal bagi Anda untuk melakukan transaksi jual (Sell).

Sebaliknya, jika ada pola Bullish, maka akan muncul simbol berwarna biru di bawah grafik harga. Ini merupakan sinyal bagi Anda untuk melakukan transaksi beli (Buy).

Pada dasarnya, indikator Pattern Recognition Master bisa diaplikasikan pada timeframe berapapun, tetapi reliabilitasnya buruk pada timeframe lebih rendah. Sebaiknya Anda menggunakannya pada timeframe D1 (Daily) atau yang lebih tinggi.