AUD/USD Turun Karena Kejatuhan Mata Uang Negara Berkembang

Meskipun pasar global tengah menyoroti masalah anggaran Italia, AUD/USD justru melemah karena kekhawatiran di pasar negara berkembang.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Dolar Australia kembali berada di bawah tekanan jual pada perdagangan hari Rabu ini (3/10). AUD yang menyandang status mata uang komoditas sangat dipengaruhi oleh stabilitas global. Kegelisahan investor seputar masalah Italia dan Uni Eropa telah memicu aksi sell-off AUD, dan pembelian Yen serta Franc Swiss yang merupakan mata uang safe haven.

Namun menurut Kepala Strategi FX di National Australia Bank, Ray Attrill, faktor terbesar yang melatari pelemahan Dolar Australia saat ini adalah kejatuhan mata uang negara-negara berkembang.

"Penurunan Euro merupakan sepenuhnya urusan Italia, sementara kami (AUD) mengalami penurunan tajam dikarenakan munculnya kembali gejolak di pasar saham dan mata uang di negara-negara berkembang," ujar Attrill.

AUD/USD turun terseret mata uang negara berkembang

Kejatuhan mata uang negara berkembang pada hari Selasa kemarin turut menyeret Rupiah hingga menembus level 15.000 per USD. Di samping itu, penurunan lainnya juga dialami Yuan, Rupee India, hingga Ringgit Malaysia.

"Pesannya cukup jelas, Jika Dolar Australia tidak mampu mengatasi tekanan dari pasar negara berkembang, semakin meluasnya dampak perang dagang AS-China, dan mengantisipasi efek kenaikan suku bunga Fed (bulan Desember), maka AUD/USD akan melemah hingga di bawah level 0.70," ujar Attrill.

 

Dolar Australia Melemah Sejak Pengumuman Suku Bunga RBA

Penurunan cukup dalam yang terjadi pada Dolar Australia dimulai pada hari Selasa (2/10), tepatnya setelah rilis pengumuman suku bunga RBA yang tidak berubah di level terendah 1.5 persen, memicu sentimen negatif terhadap AUD. Pair AUD/USD bahkan sempat menyentuh 0.7162, yang merupakan level terendah dua minggu pada sesi Eropa. Memasuki sesi Eropa hari Selasa, pelemahan Dolar Australia semakin tidak terbendung, karena terus merosot hingga di bawah level 0.72.

AUD/USD - 3 Oktober 2018

Saat berita ini ditulis, AUD/USD terkonsolidasi di kisaran 0.7179. Para buyer tampaknya berusaha menahan laju penurunan Dolar Australia yang terbentuk kemarin. Akan tetapi, sentimen negatif yang masih tersisa di sesi Asia hari ini kembali melemahkan AUD/USD.

285553

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.