OctaFx

iklan

NZD/USD Melemah, Tunggu Update Forecast Harga Susu Fonterra

Pelaku pasar tengah menantikan publikasi forecast harga susu Fonterra yang diharapkan mampu menahan kemerosotan Dolar New Zealand.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Dolar New Zealand menyentuh level terendah baru versus Dolar AS dalam perdagangan hari Rabu ini (22/Mei). Bias dovish bank sentral serta eskalasi konflik dagang antara AS dan China, semakin menekan Kiwi. Konsekuensinya, rilis data penjualan ritel New Zealand yang lebih baik dari ekspektasi pun gagal menanggulangi depresiasi.

Saat berita ditulis, pasangan mata uang NZD/USD diperdagangkan sideways pada kisaran 0.6498. Menurut analis, pelaku pasar tengah menantikan publikasi forecast harga susu Fonterra yang diharapkan mampu menahan kemerosotan Dolar New Zealand.

NZDUSD Daily

Tadi pagi, penjualan ritel New Zealand dilaporkan meningkat 0.7 persen (Quarter-over-Quarter) pada kuartal I/2019. Angka itu lebih rendah dibandingkan pencapaian 1.7 persen pada periode sebelumnya, tetapi lebih baik ketimbang estimasi awal yang dipatok pada 0.6 persen.

"Data penjualan ritel New Zealand kuartal I/2019 yang lebih kuat ketimbang ekspektasi tak mampu menanggulangi penurunan NZD baru-baru ini. Meski demikian, kami memperkirakan penurunan NZD tak akan berkelanjutan," ujar Kim Mundy dari Commonwealth Bank of Australia.

Lanjutnya, "Fonterra kemungkinan menaikkan forecast (harga susu) untuk tahun 2018/19 ke batas atas kisaran forecast-nya saat ini, berdasarkan kenaikan harga dairy terbaru. Kolega kami di ASB juga memperkirakan Fonterra untuk mengumumkan forecast opening 2019/20 sebesar NZD7.00/kg atau lebih dari itu. Hal ini akan mendukung NZD."

Sebanyak 95 persen produksi susu New Zealand diekspor oleh Fonterra ke berbagai wilayah di seluruh dunia. Hal ini menjadikan forecast-nya berpengaruh cukup besar terhadap outlook ekonomi New Zealand. Apalagi karena ekspor susu dan produk turunannya (dairy products) berkontribusi cukup besar dalam neraca perdagangan, sehingga kenaikan harga susu berpotensi mendongkrak nilai fundamental Kiwi.

Forecast harga susu terbaru dari Fonterra dijadwalkan rilis hari ini dengan schedule tentatif. Trader bisa memperoleh informasi ini langsung dari situs Fonterra.

288622

Alumnus Fakultas Ekonomi yang telah mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental, biasa trading forex dan saham menggunakan Moving Averages dan Fibonacci. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.


18 Jul 2019

15 Jul 2019