GDP Selandia Baru Melampaui Ekspektasi, NZD/USD Menguat Pesat

GDP Selandia Baru mencapai level tertinggi 2 tahun dan melebihi ekspektasi. NZD/USD pun menguat hingga sempat menyentuh level 0.6652.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Perekonomian Selandia Baru tumbuh cukup signifikan selama kuartal kedua, dengan laju tercepat dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Rilis GDP periode April-Juni hari ini melampaui ekspektasi ekonom sebelumnya, sehingga membantu rebound Dolar NZ terhadap Dolar AS yang sudah terbentuk sejak kemarin.

Pada hari Kamis (20/9) pagi waktu setempat, Badan Stastistik Selandia Baru merilis data GDP kuartal kedua yang dilaporkan naik sebesar 1.0 persen, lebih tinggi dari prediksi ekonom yang memperkirakan pertumbuhan di 0.8 persen saja. Rilis GDP Selandia Baru pagi ini juga jauh lebih baik dibandingkan angka kuartal pertama yang sebesar 0.5 persen.

GDP Selandia Baru

Dalam basis tahunan (YoY), pertumbuhan ekonomi Selandia Baru tumbuh dari 2.6 persen ke 2.8 persen, mematahkan ekspektasi ekonom yang menyebut ekonomi akan sedikit melambat ke 2.5 persen.

 

Produksi Susu Sumbang Kenaikan GDP

Dalam rilis GDP Selandia Baru pagi ini, Badan Stastistik Selandia Baru mengungkapkan bahwa pertumbuhan terjadi di hampir seluruh sektor; 15 dari 16 kategori dilaporkan mencatatkan pertumbuhan selama kuartal kedua 2018.

Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan memimpin kenaikan di level 4.1 persen. Sektor-sektor tersebut berhasil rebound setelah melambat di kuartal pertama lalu. Dengan didorong oleh produksi susu yang kuat, sektor Pertanian Selandia Baru bahkan mencatatkan pertumbuhan kuartal terbaik sejak September 2014.

Di tengah akselerasi sektor-sektor di atas, sektor Pertambangan justru dilaporkan mengalami kontraksi tajam sebesar -20 persen. Pelemahan itu merupakan yang terburuk dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Kontraksi pada sektor pertambagan disebabkan oleh adanya gangguan pada salah satu ladang minyak utama di Selandia Baru.

 

Apa Tanggapan Ekonom?

Membaiknya rilis data GDP di kuartal kedua memberikan harapan positif bagi perekonomian Selandia Baru, terutama dalam bulan-bulan mendatang. Para ekonom berpendapat jika laporan apik GDP Selandia Baru selama kuartal kedua bagaikan cahaya di tengah redupnya kondisi ekonomi yang terimbas perang dagang AS-China.

"Bukan hanya hasil keseluruhan yang lebih kuat dari perkiraan, rincian (GDP) yang tumbuh pada hampir seluruh sektor akan mendorong prospek pertumbuhan ekonomi ke depan," kata ekonom senior Westpac, Michael Gordon.

Akan tetapi, Gordon menambahkan bahwa hasil rilis GDP Selandia Baru hari ini tidak menjamin ekonomi NZ telah berada di jalur pemulihan jangka menengah. Meskipun begitu, kabar baik kali ini setidaknya dapat menahan prospek penurunan suku bunga RBNZ dalam waktu dekat.

 

NZD/USD Menguat Signifikan

Pasca turunnya laporan GDP Selandia Baru kuartal kedua, NZD/USD melambung tinggi hingga menyentuh kisaran 0.6652. Namun saat berita ini ditulis, Dolar NZ sudah berada di kisaran 0.6646.

NZD/USD - 20 September 2018

Selain terhadap Dolar AS, NZD juga menguat terhadap mata uang mayor lain seperti Yen, Dolar Kanada, dan Dolar Australia. NZD diketahui melanjutkan reli terhadap Yen pagi ini, memangkas kerugian terhadap Dolar Kanada, dan menguat signifikan terhadap Dolar Australia.

285381

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.