Inflasi New Zealand Mengecewakan, Kiwi Pertahankan Gain

Data inflasi New Zealand gagal memenuhi ekspektasi pasar yang mengharapkan hasil stabil di 0.5 persen. Meski dikecewakan rilis tersebut, Dolar NZ tetap bertahan.

Xm

iklan

FirewoodFX

iklan

Data Inflasi Konsumen New Zealand untuk kuartal kedua 2018 gagal memenuhi harapan pasar. Meski didukung kenaikan sektor perumahan dan peralatan rumah tangga, CPI Selandia Baru terhitung melemah dari hasil periode sebelumnya. NZD/USD berhasil mempertahankan gain dari sesi sebelumnya, meski diterpa oleh rilis inflasi New Zealand yang mengecewakan.

 

Inflasi New Zealand Kuartal Kedua 2018

 

Departemen Stastistik Selandia Baru pada hari Selasa (17/07) merilis data Indeks Harga Konsumen kuartal kedua yang naik sebesar 0.4 persen, berada di bawah ekspektasi 0.5 persen. Dalam basis tahunan, tren inflasi meningkat sebesar 1.5 persen YoY, sedikit di bawah ekspektasi sebelumnya yang sebesar 1.6 persen YoY.

Secara keseluruhan, tren Inflasi kuartal kedua Selandia baru disokong oleh sektor perumahan dan peralatan rumah tangga yang naik 0.9 persen pada kuartal kedua, dan mencatatkan gain 3.1 persen sejak awal tahun hingga Juni 2018. Warga Selandia Baru membayar lebih banyak terhadap barang-barang kebutuhan rumah tangga, sebagian besar disebabkan oleh kenaikan biaya jasa pemeliharaan properti dan asuransi rumah

Harga bensin naik 3.2 persen pada kuartal kedua, disebabkan oleh kenaikan harga minyak mentah global dalam beberapa bulan terakhir. Namun harga bahan bakar yang terus naik itu diimbangi oleh adanya penurunan harga mobil bekas sebesar 3.3 persen di Selandia baru. Selain itu, penurunan tajam dialami oleh biaya TV berlangganan dan harga peralatan Audio Visual, yang mencatatkan penurunan masing masing sebesar 7.2 persen dan 15.0 persen. Dengan penerapan pajak bahan bakar regional pada tanggal 1 Juli lalu, maka konsumen akan mengalami tekanan harga yang lebih tinggi pada kuartal berikutnya.

 

Kiwi Berusaha Pertahankan Gain

Pasca rilis dat CPI kuartal kedua, Dolar Selandia Baru terlihat berusaha mempertahankan gain yang didapatkan pada perdagangan hari Senin kemarin (16/07). Sesaat setelah rilis CPI tadi pagi, Kiwi sempat melemah hingga menyentuh level Low harian pada 0.6755 terhadap Greenback. Namun kemudian, NZD/USD berhasil pulih dengan cepat hingga ke 0.6788. Pada pukul 08:52 WIB, pair Dolar NZ diperdagangkan pada level 0.6775 terhadap USD, berada dekat harga Open harian.

284457

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.