OctaFx

iklan

Kondisi Bisnis New Zealand Kian Memburuk, NZD/USD Terpuruk

Para pebisnis semakin pesimis terhadap prospek ekonomi New Zealand, sehingga kian menekan NZD/USD di posisi terendah sejak tahun 2015.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Pasangan mata uang NZD/USD terguling ke level terendah baru pada 0.6303 di sesi Asia, setelah dipublikasikannya hasil survei yang menunjukkan bahwa pesimisme kian meluas di kalangan pebisnis New Zealand. Meskipun Kiwi berupaya rebound pada sesi Eropa, tetapi posisinya masih bercokol sempurna di level terendah sejak tahun 2015.

NZDUSD Daily

Survei outlook bisnis yang diadakan oleh ANZ Bank mencatat bahwa 52.3 persen responden memperkirakan kondisi bisnis akan memburuk tahun depan, naik dari 44.3 persen dalam survei bulan Juli. Lebih buruk lagi, sebanyak 0.5 persen responden memprediksi perusahaan mereka sendiri bakal menghadapi kemunduran, padahal masih ada 5 persen responden yang memperkirakan kondisi perusahaan bakal membaik hingga bulan lalu.

"Ini sebuah hasil (survei) yang mengejutkan, jelas sekali tentang itu. Sebagian besar komponen dan rincian laporan itu suram," kata Imre Speizer, seorang pakar strategi Westpac, sebagaimana dikutip oleh New Zealand Herald.

Survei juga menunjukkan bahwa ekspektasi inflasi jatuh dari 1.81 persen menjadi 1.70 persen, level terendah sejak akhir tahun 2016. Karena bank sentral memiliki mandat untuk menjaga inflasi pada kisaran tengah 1-3 persen, maka hasil survei ini mengarah pada kemungkinan kegagalan bank sentral untuk mencapai target inflasi. Padahal, sekitar sepertiga hasil survei dikumpulkan oleh responden setelah bank sentral memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin pada awal bulan ini.

Menurut Speizer, hasil survei ini akan mengecewakan bagi bank sentral New Zealand (RBNZ), karena "Ada banyak debat mengenai apakah pemangkasan 50 basis poin akan menjadi pendorong atau penekan (perekonomian). Anda sebenarnya bisa memberikan argumen (untuk) keduanya.

Bukannya mendorong masyarakat untuk berinvestasi karena suku bunga lebih rendah, pemangkasan suku bunga malah bisa membuat orang-orang kaget dan bertanya-tanya mengenai masalah sebesar apa yang membuat RBNZ mengambil langkah tersebut. Masalahnya, suku bunga RBNZ biasanya hanya diubah dengan besaran 25 basis poin, kecuali dalam situasi krisis seperti pasca gempa bumi Christchurch 2011.

289866

Alumnus Fakultas Ekonomi yang telah mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental, biasa trading forex dan saham menggunakan Moving Averages dan Fibonacci. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.


24 Sep 2019