Advertisement

iklan

China Berencana Tutup Perdagangan Bitcoin

Bank Sentral China bahkan telah membuat sebuah instruksi khusus untuk segera melarang segala bentuk perdagangan mata uang kripto, bukan hanya Bitcoin.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Pemerintah China berencana menutup perdagangan Bitcoin dengan mengeluarkan sebuah peraturan yang melarang segala bentuk transaksi terkait cryptocurrency. Hal itu memberi pukulan telak pada aktivitas trading mata uang kripto yang mulai berkembang di Republik Rakyat China sejak empat tahun lalu.

China Berencana Tutup Perdagangan Bitcoin

Bank Sentral China bahkan telah membuat sebuah instruksi khusus untuk segera melarang Platform Trading melayani segala bentuk perdagangan mata uang kripto, berdasarkan info yang diberikan pihak berwenang setempat pada hari Senin (11/9) kemarin.

Langkah tersebut datang setelah melewati rangkaian pemeriksaan yang begitu panjang selama berbulan-bulan sebelumnya oleh Pemerintah China, termasuk melarang "Initial Coin Offering" atau semacam penggalangan dana oleh bisnis start-up menggunakan mata uang kripto serupa Bitcoin.

Regulator China sebelumnya telah melakukan investigasi di pasar domestik sejak awal tahun dan untuk sementara waktu otoritas setempat akan memberlakukan peraturan anti pencucian uang di bursa perdagangan mata uang kripto, serta mengedarkan draft bahwa peraturan tersebut wajib ditaati.

Pelarangan perdagangan oleh Beijing ini terjadi di tengah peningkatan harga kriptocurrency seperti Bitcoin, sehingga menambah resiko spekulasi lanjutan oleh Investor domestik. Analis dan Investor berpendapat bahwa salah satu faktor yang menyebabkan harga Bitcoin naik tahun 2016 lalu dikarenakan banyak warga China mulai menggunakan Bitcoin sebagai aset untuk antisipasi bila sewaktu-waktu nilai Yuan anjlok.

Bila rencana pelarangan terhadap Bitcoin di China terealisasi, maka berpotensi akan berdampak negatif terhadap harga mata uang kripto. Pasalnya saat ini, China merupakan salah satu market terbesar perdagangan Bitcoin. Namun, pada pukul 12:29 WIB hari Selasa ini (12/September), BTC/USD berada di level $4,295 atau naik 2.22 persen secara harian dan naik 3.33 persen sejak awal pekan.

280215

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.