Advertisement

iklan

Hard Fork Segwit2x Dibatalkan, Bitcoin Sentuh Rekor Di Atas USD7,800

Dalam postingannya, Mike Belshe mengungkapkan sebuah alasan mengapa usaha Segwit2x yang dimulai sejak bulan Mei lalu harus dibatalkan.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Dalam beberapa pekan terakhir, perhatian pelaku pasar mata uang kripto tertuju pada jadwal Hard Fork Segwit2x yang awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 16 November. Tujuan dilakukan Hard Fork Segwit2x itu cukup simpel, yakni untuk meng-upgrade ukuran BlockChain menjadi 2 Mb dan memperbaiki skalabilitas Bitcoin.

HardFork Segwit2x Dibatalkan, Bitcoin

Bahkan banyak rumor menyebutkan bahwa Hard Fork Segwit2x akan menciptakan aset baru yang nantinya dikenal dengan nama "Bitcoin2x". Namun, rencana tersebut akhirnya sirna setelah CEO Bitgo, Mike Belshe, memposting sebuah pernyataan bahwa Hardfork Segwit2x dibatalkan.

Hal itu lantas saja mengundang respon pasar hingga harga Bitcoin sempat menyentuh level tertinggi sepanjang masa (baru), yakni senilai $7,895 pada perdagangan hari Rabu kemarin; hanya dalam beberapa jam dari posisi sebelumnya di kisaran $7,000 - $7,500. Namun, tidak beberapa lama setelah itu, kurs Bitcoin kembali turun akibat profit taking dan pada pukul 22:07 WIB, berada di level $7,188

 

Alasan Kenapa Hard Fork Segwit2x Batal

Dalam postingan-nya, Mike Belshe mengungkapkan sebuah alasan mengapa usaha Segwit2x yang dimulai sejak bulan Mei lalu harus dibatalkan. Yaitu lantaran kurangnya dukungan dari masyarakat (komunitas Bitcoin).

Pasalnya, perdebatan sengit yang terjadi selama tiga tahun terakhir pada komunitas Bitcoin membuat konsesus Segwit layaknya fatamorgana, dengan hanya 30 persen saja yang mendukung. Belshe menekankan bahwa ia percaya upgrade pada Hard Fork Segwit2x akan berjalan mulus dan baik untuk Bitcoin, tetapi CEO Bitgo itu tidak menghendaki terjadi perpecahan di masyarakat yang justru akan berimbas negatif terhadap pertumbuhan harga Bitcoin, dan itu tidak pernah menjadi tujuan dari Segwit2x.

 

Optimis Upgrade Ukuran BlockChain Akan Terjadi

Rencana Hard Fork Segwit2x gagal dilaksanakan pada bulan ini, namun Belshe percaya suatu hari nanti  akan menjadi jelas bahwa peningkatan (upgrade) perlu dilakukan, mengingat kenaikan biaya (fee) pada BlockChain. Dan bila itu terjadi, Belshe berharap masyarakat bisa berkumpul untuk menemukan solusinya, mungkin dengan cara peningkatan ukuran blok menjadi 2 Mb. Namun untuk saat ini, rencana itu harus ditangguhkan karena kurangnya dukungan.

280970

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


Rio
Pak, maaf saya barusan ikut trend bitcoin belakangan, apakah saat ini Bitcoin sudah implementasi Proof of Stake? Atau masih Proof of Work? Segwit2x ini apakah cuma menambah kapasitas perblock saja atau juga implementasi sistem PoS?
Pandawa
Berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs luar (kredibel) menyebut bahwa saat ini Bitcoin masih PoW,, belum PoS... sehingga dalam kegiatan mining nanti masih membutuhkan proses memecahkan sebuah kode untuk menemukan sebuah blok. Implementasi PoS setahu saya belum dilakukan pada Segwit2x, karena pada HardFork itu block Bitcoin nomor 494.784 terbit di jaringan Blockchain dengan meningkatkan kapasitas ukuran blok 1 Mb jadi 2 Mb....
Mohon Maaf bila jawaban saya kurang lengkap, mudah mudah dapat dipahami :)