OctaFx

iklan

Bursa Efek Kanada Rencanakan Adopsi Blockchain

Blockchain akan dimanfaatkan sebagai teknologi platform perdagangan di Canadian Securities Exchange, salah satu Bursa Efek Kanada.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Salah satu Bursa Efek Kanda, Canadian Securities Exchange (CSE), telah mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan platform perdagangan dan Clearing (kliring) berbasis Blockchain. Perusahaan ini juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kabuni Technologies Inc., sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang Tokenisasi Sekuritas.

 

Bursa efek Kanada adopsi Blockchain

 

Platform ini nantinya akan memungkinkan perusahaan yang ingin terdaftar di bursa untuk meningkatkan Equity (Ekuitas) dan Debt (Hutang) melalui Tokenisasi Sekuritas-nya. Penawaran yang diberikan kepada calon investor sedikit berbeda dengan ICO Tradisional lainnya. ICO Tokenisasi Sekuritas akan tunduk sepenuhnya terhadap peraturan lengkap dan pengawasan menyeluruh dari SEC.


Mengatasi Masalah Platform Konvensional

Manfaat dari platform perdagangan dan kliring berbasis Blockchain adalah dapat menyelesaikan Order (pesanan) secara real time. Dalam platform konvensional yang masih digunakan saat ini, sering terjadi ketidaksesuaian pesanan karena broker perlu menempatkan tawaran di bursa dan menemukan kecocokan dulu, agar pesanan berhasil dilaksanakan. Seringkali, pesanan bisa dibawa ke sesi perdagangan berikutnya jika tidak dapat diselesaikan dan dieksekusi pada hari Order.

Pertukaran yang berbeda di seluruh dunia memiliki batas waktu untuk pelaksanaan setiap pesanan. Jika bursa gagal menghapus perdagangan setelah batas berlaku, pesanan akan ditolak. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan banyak penundaan dalam proses kliring di bursa saham konvensional manapun. Namun perlu dicatat, contoh tersebut hanya terjadi saat Panic Sell atau penjualan besar secara mendadak dan serentak.


Inovasi CSE Berbasis Blockchain

Blockchain adalah Ledger (buku besar) real time, aman, kuat, dan terdesentralisasi dari semua transaksi yang terjadi di jaringan. CSE percaya bahwa teknologi tersebut sangat penting bagi bursa efek untuk memfasilitasi pembukaan dan penyelesaian perdagangan secara instan.

Richard Carleton, Chief Executive Officer CSE mengatakan, "Pihak CSE berharap untuk menjadi bursa pertama di Kanada yang memperkenalkan platform Blockchain untuk perdagangan, kliring, dan penyelesaian pesanan dengan Tokenisasi Sekuritas." Carleton juga menambahkan bahwa platform tersebut merupakan gabungan dari teknologi Blockchain dan pasar modal, yang akan memperbaiki metode transaksi dan pencatatan yang ada saat ini.

282570

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.