Biaya Transaksi Bitcoin Turun Ke Titik Terendah 7 Tahun

Setelah dibebani biaya transaksi Bitcoin yang membengkak akibat melonjaknya jumlah transaksi, fee BTC kini turun ke sekitar $0.11, terendah dalam 7 tahun.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Biaya transaksi pada jaringan inti Bitcoin (Bitcoin Core) telah mencapai titik terendah dalam tujuh tahun terakhir, dengan biaya rata-rata pengiriman BTC saat ini adalah sekitar $0.11. Ada beberapa alasan mengapa biaya BTC sampai pada titik terendah, salah satu yang paling jelas adalah berkurangnya partisipan yang menggunakan jaringan Bitcoin. Jumlah transaksi harian telah menurun tajam sejak tahun lalu, dan telah merosot lebih jauh dalam satu bulan terakhir.

 

Biaya Bitcoin

 

 

Pada 14 Desember, hampir setengah juta transaksi BTC tercatat dalam satu hari, dan ini menyebabkan pembengkakan biaya transaksi hingga $10 - $30 per transaksi. Namun sejak saat itu, jumlah transaksi inti Bitcoin on chain dan Blockchain lainnya telah turun secara signifikan. Hal ini mencerminkan penurunan dalam harga Bitcoin dan sebagian besar aset digital lainnya.

Pada bulan Februari 2018, angka rata-rata untuk transaksi per hari melorot di bawah 200,000 transaksi. Pada 24 April 2018, jumlah transaksi naik sedikit ke angka 254,000, tetapi sejak saat itu terus mengalami penurunan, mencapai titik terendah 158,000 pada tanggal 26 Mei.

Pada awal April, biaya transaksi BTC rata-rata turun menjadi di bawah 10 Satoshi per byte, sebelum naik ke 40 Satoshi pada akhir bulan. Sejak tanggal 26 Mei, biaya median kembali di bawah 10 Satoshi per byte. Biaya median dianggap sebagai metrik yang lebih berguna daripada melihat biaya rata-rata, karena sebagaimana dijelaskan oleh Coinmetrics[dot]io, "Angka median umumnya jauh lebih informatif untuk data seperti biaya atau nilai transaksi, karena data biasa sangat (positif) mengalami kemiringan."

 

 

Biaya Transaksi Bitcoin Cash Tiga Kali Lebih Murah Dari BTC

Pada 24 Mei, jumlah transaksi BTC yang menggunakan SegWit mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar 38%. Hal ini akan berkontribusi dalam mengurangi biaya median, meskipun banyak yang percaya bahwa peran SegWit dalam melakukan pemotongan biaya telah dibesar-besarkan.
Pada jaringan Bitcoin Cash, biaya transaksi mencapai titik terendah tiga bulan pada 2 April, mencapai rata-rata $0.0018. Saat ini, biaya transaksi BCH berada di $0.0038 per transaksi, mengalami peningkatan yang signifikan dalam rentang satu bulan. Akan tetapi, kisaran tersebut masih tiga kali lebih murah daripada Bitcoin Core yang biayanya $0.113.

283864

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.