FCA Buka Pintu Konsultasi Untuk Matangkan Regulasi Kripto

Regulasi Inggris FCA semakin menjajaki prospek pengaturan kripto. Kali ini, otoritas tersebut berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan di pasar kripto Inggris.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Setelah regulator AS (CFTC) mengumpulkan umpan balik terkait Ethereum, kini giliran otoritas keuangan Inggris yang melakukannya untuk pasar kripto secara umum. FCA (Financial Conduct Authority) dikabarkan memulai konsultasi dengan para pemangku kepentingan di pasar mata uang kripto, untuk mengetahui aset-aset yang perlu diatur dan cara terbaik untuk mengaturnya. Tujuan lain yang didiskusikan adalah agar regulasi yang ditetapkan nantinya bisa melindungi konsumen dari risiko, tapi juga tidak menghambat pengembangan inovasi di lingkup kripto.

FCA akan regulasi kripto

Pada Oktober 2018 lalu, satuan tugas aset kripto Inggris yang terdiri dari perwakilan Departemen Keuangan, FCA, serta Bank of England, merilis laporan tentang mata uang kripto. Mereka memberikan gambaran tentang pendekatan regulasi yang bisa diberlakukan terhadap kelas aset digital dan teknologi terdesentralisasi di ekosistem keuangan negara tersebut.

Kini, FCA telah mengambil langkah lebih jauh dengan membuka diskusi dengan pemangku kepentingan di industri kripto Inggris. FCA ingin mendapatkan umpan balik tentang bagaimana mengatur pasar yang tumbuh dengan cepat untuk kebaikan dan keuntungan semua pihak. Dalam makalah konsultasi FCA terbaru, otoritas tersebut merasa perlu untuk merumuskan pedoman peraturan yang jelas, seiring dengan semakin  menjamurnya teknologi Bitcoin, Altcoin, dan Blockchain.

Tujuan akhirnya adalah untuk membantu investor mata uang kripto, dengan memberikan tambahan jaminan keamanan pada investasi mereka. Menurut FCA, panduan akhir yang akan dirilis dapat memudahkan peserta pasar untuk mengetahui apakah aset kripto yang mereka gunakan berada di bawah yurisdiksinya, sehingga memungkinkan mereka untuk memiliki pemahaman lebih baik tentang aturan yang berlaku di pasar kripto Inggris.

 

Klasifikasi Token Dan Regulasi Yang Ramah Pasar Kripto

Selain model regulasi untuk menambah wawasan dan menjamin keamanan, konsultasi terbaru FCA juga bertujuan untuk mengatur klasifikasi mata uang kripto lebih lanjut. Dalam sebuah wawancara dengan Investment Week, Jill Lorimer dari firma hukum Kingsley Napley mengatakan bahwa konsultasi FCA adalah pengembangan framework regulasi yang kuat dan tidak merugikan peserta pasar.

Jika semua berjalan sesuai rencana, maka semua bursa mata uang kripto, layanan kustodian, penasihat keuangan, organisasi konsumen, serta pihak lainnya yang berpartisipasi di pasar kriptoa diwajibkan untuk mengirimkan umpan balik ke FCA pada tanggal 5 April 2019.

287153

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.