Advertisement

iklan

Harga Bitcoin Melonjak Di Venezuela Dan Zimbabwe

Walaupun sudah sedikit terkoreksi, penguatan Bitcoin terus melambung di negara-negara yang mengalami krisis ekonomi seperti Venezuela dan Zimbabwe.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Akibat kekacauan ekonomi, mata uang resmi Venezuela dan Zimbabwe pun terdevaluasi secara signifikan, sehingga memicu masyarakat di kedua negara tersebut untuk mengadopsi Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran alternatif.

Harga Bitcoin melonjak

BTC Masih Bernilai $13,100 Di Venezuela

Harga Bitcoin terhadap mata uang fiat Venezuela, Bolivar Soberano (VES), terus mengalami peningkatan bahkan di saat nilai spot BTC/USD telah mengalami penurunan di bawah $10,000. Menurut sebuah unggahan di subreddit Bitcoin, penduduk Venezuela mengungkapkan bahwa 1 BTC sekarang bernilai lebih dari 88 juta Bs, atau sekitar $13,088.

Sejatinya, Bolivar Soberano merupakan mata uang jenis baru yang dikeluarkan pemerintah untuk menggantikan Bolivar Fuerte (VEF). Namun, sejak  pertama kali diumumkan pada Agustus 2018 lalu, Bolivar Soberano terus merosot dan mengalami penurunan nilai hingga 10%.

Venezuela sendiri telah menggunakan Bitcoin dan mata uang kripto di tengah kehancuran ekonomi akibat hiperinflasi dan ketidakstabilan politik. Upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Nicolas Maduro dengan memperkenalkan Petro, kripto nasional yang di-backup minyak, telah gagal dan tidak menghasilkan perubahan apapun. Karena kehilangan kepercayaan terhadap mata uang fiat dan mata uang kripto nasional mereka, tak heran jika orang-orang Venezuela lebih memilih Bitcoin sebagai alternatif mereka.

 

BTC Tembus $75,000 Di Zimbabwe

Pada 2017, Zimbabwe secara resmi melarang peredaran mata uang kripto. Satu-satunya cara agar masyarakat dapat memiliki Bitcoin adalah melalui bursa P2P seperti LocalBitcoins. Sementara itu, pemerintah Zimbabwe juga memutuskan untuk memperkenalkan kembali Dolar Zimbabwe sejak pekan lalu.

Larangan terhadap penggunaan kripto kemudian justru memicu reli besar pada harga Bitcoin terhadap mata uang lokal Zimbabwe, karena minat masyarakat terhadap BTC masih sangat tinggi. Pada tanggal 1 Juli, harga Bitcoin di platform LocalBitcoins menunjukkan angka $75,000 per Dolar Zimbabwe, 600% lebih tinggi dari nilai BTC terhadap USD.

 

Volume Transaksi Bitcoin Terus Meningkat

Volume transaksi Bitcoin P2P telah meningkat drastis, terutama di negara-negara dengan ekonomi yang hancur seperti Venezuela dan Zimbabwe. Menurut statistik dari Coin Dance, volume global LocalBitcoins bahkan telah mencapai rekor baru.

Sementara itu, Bursa terdesentralisasi (DEX) Bisq yang sebelumnya dikenal sebagai Bitsquare juga mengalami peningkatan perdagangan yang signifikan. Dalam sepekan terakhir, Bisq mencatat volume lebih dari $10.7 juta, memecahkan rekor tertinggi volume mingguan yang sebelumnya cuma sebesar $6.1 juta.

289073

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.