Advertisement

iklan

Spekulasi Suku Bunga BoE Makin Santer, Pound Jeblok

Aksi jual Pound terpicu oleh komentar beberapa anggota tim kebijakan bank sentral Inggris (MPC BoE) tentang prospek pemangkasan suku bunga dalam waktu dekat.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Pound merosot lebih dari 0.7 persen ke kisaran 1.2970 terhadap Dolar AS pada pertengahan sesi Eropa hari ini (13/Januari), karena semakin santernya spekulasi seputar suku bunga bank sentral Inggris (Bank of England/BoE). Aksi jual terpicu oleh komentar beberapa anggota MPC BoE tentang prospek pemangkasan suku bunga dalam waktu dekat, serta rilis data GDP Inggris yang mengecewakan.

GBPUSD DailyGrafik GBP/USD Daily via Tradingview.com

Pada akhir pekan, Gertjan Vlieghe, salah satu anggota tim kebijakan moneter MPC BoE, mengatakan bahwa ia akan menyarankan pemangkasan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2016, apabila data ekonomi Inggris yang dirilis bulan ini menunjukkan kinerja yang lesu. Komentar itu senada dengan pernyataan Gubernur BoE Mark Carney dan anggota MPC Silvana Tenreyro yang disampaikan beberapa hari sebelumnya.

"Apabila ketidakpastian seputar aturan perdagangan masa depan atau lesunya pertumbuhan global terus membebani permintaan (agregat dalam perekonomian), maka kecenderungan saya adalah menyetujui pemangkasan suku bunga dalam waktu dekat," kata Tenreyro dalam sebuah acara yang diadakan oleh Resolution Foundation.

Tak dinyana, data Gross Domestic Product (GDP) yang dipublikasikan hari ini menampilkan kinerja buruk. Pertumbuhan GDP dalam bulan November 2019 menciut 0.3 persen, sedangkan laju GDP tahunan terkoreksi dari 1.0 persen menjadi 0.6 persen. UK Office for National Statistics (ONS) juga melaporkan bahwa produksi manufaktur merosot 1.7 persen dalam periode yang sama; meleset jauh dari estimasi penurunan 0.3 persen yang dipatok oleh para ekonom.

"Ini telah meningkatkan tekanan bagi Pound pada awal pekan dan membuat pasar meningkatkan peluang pemangkasan suku bunga awal tahun ini," kata Robin Wilkins dari Lloyds Bank. Lanjutnya, "Mengingat dua anggota MPC lain, Saunders dan Haskel, sudah voting untuk memangkas suku bunga dalam dua rapat kebijakan terakhir, pasar kemungkinan akan terus mencermati komentar-komentar lebih lanjut dari komite BoE yang beranggotakan sembilan orang."

291622

Alumnus Fakultas Ekonomi, mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental untuk trading forex dan investasi saham. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.