Bitcoin Cash Ukir Pertumbuhan Fenomenal Di Paruh Pertama 2019

Pasar kripto tampaknya sedang bergairah di pertengahan tahun 2019. Buktinya, bukan cuma Bitcoin yang mengalami kenaikan harga dan transaksi, tapi juga Bitcoin Cash (BCH).

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Hasil Hardfork Bitcoin (BTC), Bitcoin Cash (BCH), telah membukukan kenaikan lebih dari 300% sejak Januari 2019. Dimulai dari sekitar harga $144 per koin, BCH terus mengalami lonjakan hingga diperdagangkan di kisaran $480 saat ini.

Bitcoin Cash Naik

Bitcoin Cash juga memiliki kapitalisasi pasar sebesar $8.7 miliar, menjadi yang terbesar keempat dari 2,286 seluruh mata uang kripto di pasar. Selain itu, jaringan dan infrastruktur BCH telah mengalami perkembangan pesat dan siap untuk naik ke level selanjutnya.

 

Transaksi BCH Per Hari Tumbuh Pesat

Jaringan Bitcoin Cash telah mengalami peningkatan transaksi yang luar biasa. Pada awal tahun, jumlah transaksi per hari hanya mencapai 8,392. Namun di pertengahan tahun ini, transaksi harian BCH sudah melonjak ke angka 66,000. Jika dilihat secara keseluruhan, transaksi On-Chain pada jaringan Bitcoin Cash telah naik lebih dari 700%. Dalam hal ini, BCH berhasil menjadi yang terbaik ketiga, hanya kalah bersaing dari Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) yang masih bertahan menjadi dua mata uang kripto paling banyak ditransaksikan.

 

Jaringan BCH Terus Ditingkatkan

Selain pertumbuhan transaksi On-Chain, UTXO (Unspent Transaction Outputs) pada jaringan BCH juga mengalami pertumbuhan sejak September 2018. Sempat mengalami penurunan setelah Hardfork November 2018, Hashrate BCH berhasil ditingkatkan oleh para penambang dari 1.3-1.5 exahash per detik (EH/s) ke 2.3-2.6 EH/s dalam 6 bulan terakhir.

Pada blok 582,680, fitur Schnorr Signature dan pemulihan SegWit juga ditambahkan untuk menambahkan skalabilitas jaringan. Selain itu, Bitcoincash.org telah menjelaskan roadmap protokol BCH yang menekankan peningkatan teknis di masa depan, dengan detail sebagai berikut:

  • Mengaktifkan Bitcoin Cash untuk skala dari -100 Tx/s hingga lebih dari 5,000,000 Tx/s, dengan perbaikan protokol untuk paralelisasi massal.
  • Meningkatkan kecepatan pembayaran yang aman dan andal dalam tiga detik.
  • Membuat Side Chain sehingga Fork selanjutnya tidak akan mengganggu jaringan inti.
288975

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.