Bitcoin Cash Upgrade Fitur Pemulihan Dan Keamanan

Perbaikan jaringan Bitcoin Cash melalui Segwit Recovery dan Schnorr Signature akan memberikan banyak kemudahan serta kenyamanan baru dalam bertransaksi.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Rantai Bitcoin Cash (BCH) telah secara resmi mengalami peningkatan per 15 Mei, dengan menambahkan Schnorr Signature dam SegWit Recovery. Pada blok 582,680, rantai BCH telah mengimplementasikan fitur-fitur baru tersebut dengan sukses.

Upgrade Bitcoin Cash

Pada dasarnya, SegWit Recovery memungkinkan peserta jaringan untuk memulihkan dana yang telah dikirim ke alamat SegWit secara tidak sengaja. Implementasi ini akan membuat pengecualian setelah aturan "CLEANSTACK" baru, yang membuat pemulihan SegWit sebelumnya tidak mungkin dilakukan setelah upgrade November lalu.

Sementara itu, Schnorr Signature adalah teknologi yang memungkinkan identifikasi dengan tanda tangan digital. Fitur ini ditambahkan untuk meningkatkan jaminan keamanan dalam jaringan.

 

Schorr Signature Mendatangkan Banyak Kegunaan

Skema tanda tangan digital ini ditemukan oleh Claus Schnorr, tapi pada mulanya tidak diperuntukkan bagi teknologi kripto. Para pengembang mata uang kripto telah berupaya mencari cara untuk menambahkannya selama bertahun-tahun, tetapi selalu tersandung oleh masalah hak paten. Kini setelah patennya berakhir, pengembang Bitcoin Cash (BCH) dengan sigap memanfaatkan Schnorr Signature sebagai salah satu lapisan pengaman dalam rantai utamanya.

Mark Lundeburg selaku salah satu pengembang BCH, mengatakan bahwa Schnorr Signature yang diimplementasikan dalam jaringan akan terus diperbarui. Di masa depan, teknologi ini dapat menyediakan agregasi tanda tangan publik dan konsep penandatanganan kontrak digital yang lebih kompleks.

Perbaikan terkait Schnorr lebih lanjut juga dapat memberikan pilihan bertransaksi dengan skema multi user yang sederhana. Karena tanda tangan Schnorr hanya berukuran 64 byte, lebih rendah dibandingkan ECDSA Signature yang berukuran 70 byte, maka jaringan Bitcoin Cash dapat mengambil keuntungan penghematan 4% dari penyimpanan blok dan bandwidth.

Selain itu, penerapan agregasi tanda tangan publik akan meningkatkan kemampuan penskalaan seluruh jaringan. Menariknya lagi, ketika Schnorr dikombinasikan dengan fitur-fitur lain seperti pay-to-public-key-hash (P2PKH) dan op_code OP_CHECKSIG, maka peningkatan privasi dan Smart Contract dapat ditambahkan pula dalam transaksi.

288550

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.