Advertisement

iklan

Bitcoin Kembali Bullish, Valuasi Kripto Naik Miliaran Dolar

Setelah melemah selama beberapa waktu, Bitcoin yang kembali bullish mengangkat valuasi pasar mata uang kripto hingga mencapai miliaran Dolar dalam waktu sehari.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Dua hari yang lalu, tepatnya tanggal 17 Juli 2018, buyer kripto mencoba untuk mematahkan resistance kuat dan berhasil mendorong nilai aset virtual tersebut ke area harga yang jauh lebih tinggi. Harga Bitcoin (BTC) bergerak ke 6,740 US Dollar per BTC di sesi perdagangan pagi, kemudian melonjak lagi menjadi 7,300 US Dollar beberapa jam kemudian. Tidak lama berselang, BTC menyentuh 7,546 US Dollar, naik lebih dari 800 US Dollar selama hari itu. Harga mata uang digital secara umum mengikuti jalur BTC, karena sebagian besar mata uang kripto teratas naik 10-20 persen dalam 24 jam.

 

Kembalinya Momentum Bullish

Bullish pada pasar kripto telah kembali. Setidaknya untuk saat ini, pasar membawa sebagian besar aset mata uang kripto teratas kembali ke jalur hijau, setelah berbulan-bulan mengalami sentimen Bearish.

Sebagian besar mata uang digital mendapat keuntungan antara 10-20 persen, bahkan beberapa koin seperti Stellar mengalami peningkatan lebih dari 30 persen. Pada tanggal 18 Juli, valuasi pasar kripto yang secara keseluruhan meliputi lebih dari 1,600 koin, naik hingga sekitar 296 miliar US Dollar dengan Volume perdagangan mencapai 20 miliar US Dollar dalam 24 jam. Dapat disimpulkan, Volume perdagangan mata uang kripto di seluruh platform telah meningkat tajam sejak 2 hari yang lalu.

Saat ini, BTC/USD bernilai sekitar 7,324 US Dollar per BTC, sedikit terkoreksi setelah melonjak tajam untuk memupus penurunan yang berangsur-angsur terjadi sejak pertengahan Juni lalu.

 

Grafik Bullish BTC


Seluruh valuasi pasar BTC bernilai sebesar 125 miliar US Dollar dan BTC menguasai Volume perdagangan tertinggi dari semua pasar.
Yen Jepang adalah mata uang Fiat yang paling diperdagangkan hari ini dengan BTC. Porsinya bahkan mencapai 54 persen dari perdagangan BTC global. Posisi itu kemudian diikuti oleh transaksi Bitcoin dengan USD (13.06%), EUR (2%), dan KRW (1.4%).

 

Aliran Stabil Berasal Dari Optimisme Pasar

Secara keseluruhan, optimisme yang terjadi di seluruh pasar kripto terlihat masih kuat. Sentimen Bullish dapat terus membuat harga Bitcoin naik lebih tinggi, diikuti oleh kripto lain seperti BCH, EOS, XLM, ADA, dan Doge. Selain Stellar, Altcoin yang mencetak kenaikan terbesar adalah kripto "meme anjing", Doge, yang mampu naik 60 persen selama tujuh hari terakhir, dan 32 persen selama 24 jam terakhir.

Kesimpulannya, para pendukung dan pedagang kripto secara global menunjukkan aliran optimisme yang stabil minggu ini. Sebagian besar trader percaya bahwa hari-hari Bullish akan terus berlanjut setidaknya hingga ETF berbasis Bitcoin diputuskan pada bulan Agustus.

284511

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.