Advertisement

iklan

Bitcoin Perbarui Titik Tertinggi Sepanjang Masa Di Atas USD8,000

Meskipun masalah penskalaan Bitcoin belum terselesaikan, ada beberapa kabar baik yang ditanggapi pasar, sehingga kembali ke Bitcoin Classic (BTC).

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Hari ini (17/November) Bitcoin kembali memperbarui titik harga tertinggi sepanjang masa dari level $7,880 menjadi $8,005.5 (Bitfinex). Saat artikel ini dibuat (pukul 14.30 WIB), Bitcoin diperdagangkan pada harga 7,700. Sepertinya level $8,000 belum cukup untuk membatasi laju Bitcoin pada masa depan, sehingga kemungkinan titik-titik tertinggi baru muncul masih sangat besar.

BTC Perbaru Titik Tertinggi Sepanjang Masa

 

Kira-kira seminggu yang lalu, Hardfork SegWit2x dibatalkan, kemudian harga Bitcoin langsung melonjak dari level $7,200 menjadi $7,800, lalu dalam waktu singkat harga langsung turun drastis di bawah $7,200. Selama 5 hari berturut-turut setelah pembatalan SegWit2x, harga Bitcoin terus turun lebih jauh sampai pada level terendah di bawah level $5,600.

Sementara Bitcoin Classic (BTC) semakin tenggelam, Bitcoin Cash (BCH) naik dari harga $600 menjadi $2,600. Hal ini terjadi karena Bitcoin Cash (BCH) dianggap sebagai alternatif baru oleh para penambang, pedagang, investor, dan spekulator. Pada saat itu, sejumlah besar penambang Bitcoin Classic (BTC) berpindah ke Bitcoin Cash (BCH), menyebabkan jumlah transaksi yang belum dikonfirmasi melonjak menjadi lebih dari 135,000.

 

Pembatalan SegWit2x

Pembatalan SegWit2x sebenarnya merupakan berita yang sangat buruk, karena rencana perbaikan penskalaan jangka panjang pada Bitcoin tertunda. Apalagi, para penyedia Bitcoin Wallet saat ini harus menyertakan fitur Lightning Network dan SegWit untuk sedikit mengatasi masalah penskalaan pada jangka pendek.

Masalah sekarang bertambah buruk karena Lightning Network yang digadang bisa memberikan solusi penskalaan, ternyata masih dalam pengujian dan belum siap untuk PrimeTime. Dengan pembatalan SegWit2x (SegWit2MB) atau penskalaan blok menjadi 2M, menjadi jelas bahwa tidak akan ada perbaikan dalam waktu dekat untuk masalah penskalaan Bitcoin yang semakin memburuk.

 

Kabar Baik Bagi Bitcoin Classic

Meskipun masalah penskalaan Bitcoin belum terselesaikan, ada beberapa kabar baik yang juga ikut direspon oleh para penambang untuk kembali ke Bitcoin Classic (BTC), sehingga harga kembali melonjak. Diantaranya adalah kabar dari British Hedge Fund Man Group, dengan dana kelolaan lebih dari $100 miliar, mengumumkan bahwa mereka akan segera memulai perdagangan Bitcoin begitu CME Group meluncurkan pasar berjangka Bitcoin. Selain itu, ada berita dari alat pembayaran "Square" yang juga ikut mengumumkan bahwa perusahaannya akan berintegrasi penuh dengan Bitcoin dalam platform pembayarannya.

281083

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.