Advertisement

iklan

Panduan Deposit FXOpen

Bagi Anda yang sudah mendaftar akun dan ingin mulai trading real di FXOpen, maka sebelumnya harus mengisi dana melalui proses deposit terlebih dulu. Broker FXOpen menyediakan banyak metode pembayaran, yang bisa diklasifikan dalam 3 jenis utama; wire transfer, kartu kredit, dan e-payment. Berikut ini panduan deposit untuk masing-masing kategori metode pembayaran di FXOpen.
FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

A. Panduan Deposit FXOpen Dengan Wire Transfer

Metode ini bisa memproses deposit secara elektronik antar akun bank. Syarat utama agar bisa mengisi akun via wire transfer adalah, akun FXOpen Anda harus sudah terverifikasi. Panduan verifikasi akun bisa dilihat di halaman: Panduan Buka Akun Real FXOpen . Selain itu, beberapa kondisi yang patut diperhatikan adalah:
  • Jenis mata uang : USD, EUR, GBP, AUD, CHF, JPY, RUB.
  • Lama proses : 1-3 hari kerja.
  • Minimum deposit : 25 USD.
  • Maksimum deposit : tanpa batasan.
  • Fee : Tergantung bank Anda.

Langkah deposit:
  1. Buka situs FXOpen.
  2. Login ke Member Area MyFXOpen.
  3. Pilih menu "Add funds", lalu klik "Wire Transfer".

  4. deposit wire


  5. Tentukan negara Anda.
  6. Lengkapi form deposit berikut ini sesuai instruksi.

    deposit wire


    To : Merupakan nomor akun eWallet Anda. Keterangan ini biasanya muncul di bagian samping kiri pada halaman Member Area.
    Available fund : Jumlah dana tersisa di akun Anda.
    Your bank country : Negara tempat bank Anda beroperasi.
    Amount : Jumlah dana yang hendak Anda depositkan.

  7. Klik "Next".
  8. Selanjutnya, Anda akan menerima invoice yang berisikan nama dan nomor akun Anda, serta data bank tujuan dan SWIFT code. Silahkan download file invoice tersebut, lalu klik "Previous" untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  9. Data invoice tersebut akan valid untuk 3 hari berikutnya. Jadi dalam periode itu, Anda bisa gunakan invoice untuk melanjutkan proses deposit di kantor bank atau via internet banking. Info lebih lengkap tentang apa saja yang perlu Anda lakukan dalam tahap ini bisa dibaca di halaman: Deposit Broker Dengan Wire Transfer.
  10. Proses deposit telah selesai. Anda bisa tunggu dana masuk sesuai ketentuan lama proses metode ini, yaitu antara 1-3 hari kerja.
  11. Status deposit bisa dipantau dengan mengklik nomor akun eWallet di samping kiri halaman Member Area, lalu amati pada tabel "History" di "Account Operations".
  12. Jika berhasil, maka nominal saldo di akun Anda akan bertambah sesuai besar deposit yang Anda proses sebelumnya. Apabila terjadi masalah hingga dana deposit belum masuk hingga melebihi batas waktu yang dijanjikan, Anda bisa mengajukan klaim "Notice about payment" di Member Area MyFXOpen.

B. Panduan Deposit FXOpen Dengan Kartu Kredit/Debit

Selain metode deposit antar akun bank, FXOpen juga memberikan fasilitas pembayaran lewat kartu kredit/debit. Seperti halnya kondisi utama pada Wire, akun Anda juga harus terverifikasi sebelum melakukan transaksi deposit FXOpen via kartu kredit/debit. Bagi Anda pemilik kartu kredit/debit MaterCard, Visa, Visa Electron, Maestro, Discover, atau JCB, bisa mengikuti panduan berikut ini untuk mengisi dana di akun FXOpen:
  • Jenis mata uang : USD, EUR, GBP, SCHF, JPY, AUD, CAD, RUB.
  • Lama proses : Instan.
  • Minimum deposit : Tidak ada ketentuan.
  • Maksimum deposit : Tidak ada ketentuan.
  • Fee : 2.29% + 0.22 (bisa berbeda-beda tergantung negara Anda dan jumlah dana deposit).

Langkah deposit:
  1. Buka homepage FXOpen.
  2. Login ke Member Area MyFXOpen.
  3. Pilih menu "Add funds", lalu klik "Credit/Debit Cards".

  4. deposit kredit


  5. Pada halaman berikutnya, tentukan negara, jenis mata uang, serta tipe kartu Anda.

  6. deposit kredit


  7. Klik "Next".
  8. Isi formulir deposit FXOpen berikut ini:

  9. deposit kredit


  10. Tekan tombol "Add Funds".
  11. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran dari sistem kartu kredit/debit Anda. Cukup lengkapi form dengan data yang diminta, seperti nomor kartu, tanggal expiry, dan kode keamanan kartu, kemudian klik "Pay Now" atau "Process".
  12. Proses deposit via kartu kredit telah selesai. Dengan kartu kredit, Anda tak perlu menunggu lama karena FXOpen memberikan layanan instan. Status deposit ini bisa dimonitor pada bagian "History" di "Account Operation". Anda juga bisa mengisi form "Notice About Payment" jika dana deposit tersebut tidak segera masuk ke akun trading.

C. Panduan Deposit FXOpen Dengan E-Payment

Broker FXOpen menyediakan opsi deposit dengan beragam e-payment, termasuk diantaranya tipe-tipe yang paling populer seperti WebMoney, Neteller, Skrill, FasaPay, dan Perfect Money. Dibanding 2 metode sebelumnya, e-payment menjadi pilihan favorit bagi mereka yang ingin transaksi online dengan cepat dan biaya rendah.

Namun jika Anda ingin menggunakan e-payment, maka sebelumnya harus membuat akun di website e-payment dan mengisi dana di sana. Nah, dalam proses pengisian dana tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa exchanger lokal yang bisa mengkonversi mata uang dari rekening bank Anda (IDR) ke USD. Saat ini sudah ada beragam jasa exchanger di Indonesia yang siap melayani kebutuhan tersebut, salah satunya adalah Kiosinet yang menyediakan jual beli online FasaPay.

Berikut ini detail ketentuan deposit yang perlu Anda perhatikan:
  • Jenis mata uang:
    • WebMoney: USD, EUR, RUB
    • Neteller: USD, EUR, AUD, GBP, JPY, RUB, SGD
    • Skrill: USD, EUR, GBP, CHF, CAD, AUD, JPY
    • FasaPay: USD, IDR
    • Perfect Money: USD
  • Lama proses: Instan.
  • Minimum deposit:
    • WebMoney: 1 USD (WMZ), 1 EUR (WME), 30 RUB (WMR)
    • Neteller: 2 USD
    • Skrill/FasaPay/Perfect Money: 1 USD
  • Maksimum deposit: Tak ada batasan kecuali untuk Neteller yang dipatok pada kisaran maksimum 50,000 USD.
  • Fee:
    • WebMoney: Maksimum 0.8%.
    • Neteller: 2.5% + 0.29 USD.
    • Skrill: 1.25% + 0.15 hingga 0.29 unit (tergantung jenis mata uang).
    • FasaPay: 0.5% (maksimum 5 USD atau 50,000 IDR).
    • Perfect Money: 0.5%.

Langkah deposit:
  1. Buka website FXOpen
  2. Login ke Member Area MyFXOpen.
  3. Pilih menu "Add funds", lalu klik e-payment pilihan Anda.
  4. Lengkapi form deposit sesuai instruksi. Petunjuk pengisian kolom ini bisa bervariasi tergantung metode e-payment Anda.
  5. Klik "Add Funds".
  6. Jika deposit via Neteller, maka prosesnya selesai sampai di sini. Namun bila Anda menggunakan e-payment lain, maka langkah berikutnya akan membawa Anda ke halaman konfirmasi pembayaran dari e-payment. Silahkan cek kembali apakah data deposit Anda sudah benar, lalu login akun e-payment pada kolom yang disediakan.
  7. Akhiri proses deposit dengan mengklik tombol "Confirm Payment" atau "Pay Now".
  8. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu dana masuk ke akun FXOpen. Seperti pedoman sebelumnya, status deposit bisa dipantau di bagian "History" pada "Account Operation". Selain itu, transaksi deposit lewat e-payment diproses secara instan, jadi apabila terjadi masalah hingga dana tidak masuk tepat waktu, Anda bisa mengisi form "Notice About Payment" di Member Area.

Kesimpulan dan Saran

Dari panduan deposit di atas, dapat disimpulkan bahwa metode via wire transfer memakan waktu proses lebih lama dibanding kartu kredit/debit dan e-payment. Namun demikian, wire transfer bisa dikatakan paling unggul dari segi keamanan. Oleh karena itu, pilihan deposit via kartu kredit/debit bisa dipilih sebagai alternatif jika Anda sebelumnya sudah mempunyai kartu kredit. Sementara apabila Anda enggan membuka kartu kredit dan lebih mengutamakan kemudahan, kecepatan, dan fee rendah, maka e-payment bisa menjadi pilihan terbaik.



Masih Tentang Broker FXOpen


FXOpen ini apa tidak ada kompetisi trading?

Selengkapnya

2.11%
Memilih Broker FXOPEN

Survei Broker Lainnya

Epi
Sy bingung apakah baikny deposit dgn transfer bank atau yg lain? Krn katany susah dan sampainy lama..
Adam Pratama
masing-masing cara deposit punya kelebihan dan kekurangan. transfer bank memang prosesnya rumit dan lama, belum lagi biaya transfer cenderung besar. namun dari semua cara deposit broker, transfer bank keamanannya paling bisa diandalkan. lebih baik pilih yang sesuai keperluan saja.

kalau paling mementingkan kemudahan dan kecepatan, bisa pilih kartu kredit atau ecurrency, tapi dengan risiko keamanan yang tidak sebaik transfer bank.
Udin
ane punya account webmoney. mantab ne bisa dipake dp di fxopen
Ratih
coba juga Pak alternatifnya pakai Fasapay atau Neteller, biaya chargenya rendah banget untuk depo dan withdrawal untuk fxopen