OctaFx

iklan

Dominasi BTC Turun Di Bawah 40 Persen Setelah Ripple Melesat

Kenaikan pangsa pasar Ripple (XRP) semakin menjadi, dan bahkan menggantikan Ethereum (ETH) di posisi ke-2.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Selama sepekan terakhir, Ripple (XRP) yang menduduki peringkat Altcoin terpopuler ke-3 di jajaran Coinmarketcap.com kembali menunjukkan kenaikan yang fenomenal. Hanya dalam kurun waktu sepekan, Ripple (XRP) mampu untuk membukukan kenaikan sekitar 147%; dari level $1 pada tanggal 26 Desember hingga level tertinggi sepanjang masa di level $2.474 pada 30 Desembar 2017.

XRPUSD Daily

 

Meskipun tahun 2017 ini merupakan salah satu periode yang paling menakjubkan dalam hal kenaikan Bitcoin (BTC), tetapi pada akhir tahun 2017, kripto yang diciptakan pertama kali tersebut kehilangan pangsa pasar yang lumayan besar. Pangsa pasar tersebut beralih ke pangsa pasar Altcoin. Setelah nilai BTC turun hingga 37.9% dalam pekan terakhir 2017, dominasi pasar Bitcoin saat ini hanya tinggal 36.5% saja.

Bitcoin (BTC) saat ini memiliki pangsa pasar sebesar $230.8 miliar, disusul oleh Ripple (XRP) dengan pangsa pasar $87.8 miliar. Kenaikan pangsa pasar Ripple (XRP) semakin menjadi, dan bahkan menggantikan Ethereum (ETH) di posisi ke-2.

Ranking Coinmarketcap

 

Padahal Bitcoin (BTC) sebelumnya telah menguat dari bulan Juni, mendominasi lebih dari 60% dari total pangsa pasar pada awal November 2017. Akhir 2017 ini, pangsa pasar mulai beralih ke beberapa Altcoin yang memiliki fungsi lebih baik dan lebih sempurna dari Bitcoin.

Selain Ripple (XRP), beberapa Altcoins yang dianggap memiliki fungsi lebih sempurna daripada Bitcoin dalam hal Skalabilitas dan Biaya Transaksi juga ikut memiliki penambahan pangsa pasar yang lebih besar seperti: Cardano (ADA), Stellar Lumens (XLM) dan Verge (XVG). Bahkan kenaikan yang paling fenomenal terjadi pada XVG, yang naik hingga 250% hanya dalam 1 hari sesi perdagangan saja pada tanggal 23 Desember 2017.

Beberapa Altcoins tersebut (XRP, ADA, XLM, XVG) dianggap dapat menjadi salah satu solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah skalabilitas pada Bitcoin yang semakin parah dan belum menemukan sebuah solusi. Bahkan, Hard Fork SegWit2x yang dilakukan pada tanggal 28 Desember 2017 lalu hanya dianggap sebuah angan-angan dan lelucon belaka oleh berbagai pengembang kripto professional.

Jika saat ini kita berkunjung ke situs Coinmarketcap.com atau Coinranking.com, kita akan menemukan lebih dari 129 Altcoins dan token ICO yang bernilai antara $100 juga hingga $1 miliar dengan pangsa pasar masing-masing.

Dengan total 1,381 koin, dan Total Pangsa Pasar Kripto senilai lebih dari $6.31 miliar, tidak mengherankan jika pangsa pasar mulai terbagi, mengingat fungsi-fungsi yang diberikan oleh Altcoins dan ICO Token juga tidak dapat diremehkan. Apalagi, harganya masih sangat terjangkau, sehingga banyak investor ritel yang tertarik untuk membelinya.

281759

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.