Dubai Meluncurkan Platform Pembayaran Berbasis Blokchain

Sebagai bagian dari visinya untuk menjadi Smart City terbaik di dunia, Dubai kini telah membangun platform pembayaran berbasis teknologi Blockchain.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Smart Dubai Office bekerja sama dengan Dubai Department of Finance untuk menciptakan platform pemrosesan, pemindahan, dan rekonsiliasi pembayaran berbasis buku besar terdistribusi (DLT). Hal ini ditujukan untuk meningkatkan sistem keuangan agar memungkinkan pemrosesan pembayaran real-time yang lebih murah dan efektif.

 

Mengadopsi Teknologi Blockchain

Platform pembayaran baru dari Dubai ini berbasis Blockchain dan sangat fungsional. Menurut laporan Reuters, semua transaksi keuangan yang sebelumnya ditangani secara manual, akan dilakukan secara otomatis melalui solusi pembayaran Blockchain. Faktanya, teknologi Blockchain mungkin tidak memiliki semua jawaban atas masalah yang terjadi saat ini. Namun, teknologi itu memiliki semua yang diperlukan untuk merevolusi industri keuangan global, serta memberikan banyak kemudahan di berbagai industri.

Adopsi Blockchain di Dubai

Direktur Jenderal Kantor Smart Dubai, Dr. Aisha Bint Butti Bin Bishr, menegaskan bahwa teknologi buku besar terdistribusi telah mulai menyentuh setiap aspek kehidupan. Ia juga menambahkan jika Dubai selalu memiliki sikap liberal terhadap teknologi yang baru lahir:

"Kami akan menyesuaikannya (teknologi Blockchain) untuk memenuhi kebutuhan penduduk maupun pengunjung Dubai, dalam upaya menjadikan Dubai sebagai Smart City terbaik di dunia," ujar Dr. Aisha.

Sementara itu, CEO Smart Dubai Goverment, H.E Wesam Lootah, mengungkapkan bahwa prioritas utama instansinya adalah untuk mengadopsi dan menggunakan teknologi "pintar" (termasuk Blockchain) secara efektif ke dalam berbagai sektor kehidupan di kota Dubai.

 

Pemerintah Dubai Giat Manfaatkan Blockchain

Sebelum Smart Dubai Office menggagas platform terbaru ini, pemerintah Dubai sebenarnya telah menggunakan platform pembayaran berbasis Blockchain dalam lingkup terbatas. Saat ini, lembaga pemerintah telah mengadopsi solusi pembayaran Blockchain untuk penggunaan di instansi Dubai Electricity and Water Authority (DEWA), serta Knowledge and Human Development Authority (KHDA). Selain itu, ada pula peluncuran Marketplace berbasis Blockchain yang berfokus di sektor pariwisata.

Dalam beberapa minggu mendatang, akan ada lebih banyak instansi pemerintah Dubai yang diharapkan untuk mengadopsi program pembayaran berbasis Blockchain, termasuk di antaranya adalah Departemen Kepolisian Dubai, Otoritas Transportasi Dubai, Otoritas Kesehatan, dan sebagainya.

285455

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.