Emas Sedikit Melemah Akibat Profit Taking Jelang Pidato Yellen

Harga Emas terpantau sedikit menurun pada sesi perdagangan hari Selasa (7/11) setelah sehari sebelumnya mencatatkan rally terbesar harian dalam kurun enam pekan terakhir.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Harga Emas terpantau sedikit menurun pada sesi perdagangan hari Selasa (7/11) setelah sehari sebelumnya mencatatkan rally terbesar harian dalam kurun enam pekan terakhir. Penurunan harga Emas terjadi lantaran Investor melakukan profit taking setelah pada sesi sebelumnya melonjak akibat kisruh dalam negeri Arab Saudi dimana petinggi Kerajaan terlibat masalah hukum.

Emas Sedikit Melemah Akibat Profit

 

Selain itu, fokus Investor juga sedang tertuju pada pidato ketua Federal Reserve, Janet Yellen, yang dijadwalkan akan menghadiri Paul H. Douglas Award di Washington pada pukul 18:30 GMT atau dini hari Waktu Indonesia Barat. Itu menjadi pidato Yellen yang pertama sejak Presiden Trump secara resmi memilih Jerome Powell untuk menjadi penerusnya sebagai ketua Fed tahun 2018 mendatang.

 

Perjalanan Trump Ke Asia Berpotensi Sokong Emas

Di awal pekan, Emas naik hampir 1 persen karena harga minyak melonjak menyentuh level tertinggi dua setengah tahun dan masalah politik dalam negeri Arab Saudi, ikut meningkatkan kecemasan Investor. Selain itu, kunjungan resmi Presiden Trump ke sejumlah negara Asia menjadi perhatian Investor, sehingga berpotensi menyokong harga Emas.

Emas yang melemah akibat profit taking, berpotensi akan kembali menguat bila Trump mengeluarkan pernyataan bernada kontroversial saat safari Asia. Panasnya tensi geopolitik kawasan Asia Timur seolah belum mereda  setelah Trump mendesak Korea Utara untuk menyelesaikan masalah melalui meja perundingan saat berkunjung ke Korea Selatan, namun menambahkan bahwa AS selalu siap menggunakan opsi militer.

"Lonjakan harga minyak, Dollar yang sedikit melemah, kisruh politik di Arab Saudi, dan kunjungan Trump ke sejumlah negara Asia, berpotensi akan mendorong harga Emas lebih tinggi", ucap kepala Trader MKS, Afshin Nabavi.

Meski terlihat sedikit melemah, namun sejatinya harga Emas bergerak dalam range sempit, atau mengalami konsolidasi, sejak dua pekan terakhir. Pada pukul 20:57 WIB, Emas berada di level $1,277.51 per ounce (turun 0.24 persen) setelah sempat menyentuh level high harian pada 1,281.45 per ounce. Sementara itu, harga Emas Berjangka AS untuk pengiriman bulan Desember berada pada $1,278 per ounce.

280935

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.

17 November 2019 12:02

1,467.46 ( 0.23%)

Support : 1,463.11
Pivot : 1,467.13
Resistance : 1,471.48

Hold 50% Buy 50% Buy

24% Buy
Selengkapnya