Emas Terjatuh Akibat Pandangan Hawkish Kandidat Pengganti Fed Yellen

Harga Emas melemah cukup dalam pada sesi perdagangan hari Selasa saat muncul kabar mengenai kandidat pengganti Janet Yellen sebagai ketua Bank Sentral AS.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Harga Emas melemah cukup dalam pada sesi perdagangan hari Selasa (17/10), setelah muncul kabar bahwa kandidat pengganti Janet Yellen sebagai ketua Bank Sentral AS lebih berpandangan hawkish terhadap kenaikan suku bunga acuan Fed. Menurut kabar tersebut, Presiden Trump bakal menunjuk John Taylor sebagai kandidat penerus Yellen karena menyukai sentimen hawkish yang kerap dilontarkan oleh ekonom Universitas Stanford tersebut. Tak ayal, hal itu menekan Emas hingga mencatatkan penurunan 0.77 persen sejak pembukaan sesi perdagangan hari Selasa.

Emas Terjatuh Akibat Pandangan Hawkish

"Ini merupakan sebuah bagian (kemungkinan dari hawkish-nya ketua Fed selanjutnya) yang bakal mendorong Fed menaikkan suku bunga acuan pada bulan Desember mendatang, yang mana akan berkontribusi terhadap bullish-nya Greenback", ucap Martin Arnold, Analis Komoditas di ETF Securities.

Berdasarkan data yang bersumber dari CME FedWatch Tool, probabilitas kenaikan suku bunga acuan Fed bulan Desember sudah di atas 90 persen, lantaran pernyataan Janet Yellen pada hari minggu lalu menghapus keraguan Investor. Pasalnya Yellen menyebut kokohnya pasar tenaga kerja dan aktivitas ekonomi AS mampu mengimbangi trend inflasi yang belum membaik.

Dalam tahapan menjelang pergantian ketua Bank Sentral AS awal tahun depan, Presiden Trump dijadwalkan akan bertemu dengan Janet Yellen pada hari Kamis nanti. Pasar pun masih menunggu hasil pertemuan tersebut, khususnya pernyataan Trump, guna mencari petunjuk siapa kandidat terkuat yang bakal mengganti posisi Yellen tahun 2018 mendatang.

Menyikapi pandangan hawkish dari kandidat penerus Yellen, Presiden Fed Boston, Eric Rosengren mengatakan bahwa Bank Sentral AS kemungkinan akan kembali menaikkan suku bunga sebanyak tiga atau empat kali sepanjang tahun 2018,dengan asumsi  kondisi pasar tenaga kerja membaik dan trend inflasi meningkat.

Pada pukul 20:23 WIB, harga Emas diperdagangkan pada level $1,284.70 per ounce. Sementara itu, Emas Berjangka AS untuk pengiriman bulan Desember seharga $1,286.5 per ounce.

280629

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.

17 Juli 2019 17:25

1,401.42 ( 0.33%)

Support : 1,399.07
Pivot : 1,408.58
Resistance : 1,415.56

20% Buy 75% Buy 67% Buy

56% Buy
Selengkapnya