Employment Kanada November Melonjak, Tingkat Pengangguran Turun

Lapangan Pekerjaan Kanada meningkat untuk bulan kedua secara beruntun di bulan November dan tingkat pengangguran turun cukup signifikan, menjadi level terendah sejak Februari 2008.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Lapangan Pekerjaan Kanada meningkat untuk bulan kedua secara beruntun di bulan November dan tingkat pengangguran turun cukup signifikan, menjadi level terendah sejak Februari 2008. Apiknya data ekonomi Kanada yang dirilis malam ini mendorong penguatan Loonie terhadap Greenback.

Employment Kanada November Melonjak,

 

Menurut Badan Stastistik Kanada, Employment bulan November bertambah 79,500, atau lebih baik dibandingkan periode Oktober yang saat itu berhasil menambah 35,300 pekerjaan. Data Employment Kanada malam ini sekaligus mematahkan ekspektasi ekonom yang sebelumnya memprediksi jumlahnya akan melambat menjadi 10,200 pekerjaan.

Dalam kurun waktu 12 bulan hingga November, Employment Kanada telah bertambah 390,000 atau naik 2.1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Menurut tingkatan usia, pekerjaan di Kanada meningkat untuk kelompok wanita 55 tahun keatas, angkatan usia muda 15 – 24 tahun dan kelompok pria usia 25 -54 tahun.

Menurut cakupan wilayah, Employment tumbuh di kawasan Ontario, British Columbia, Quebec dan Prince Edward Island. Ontario menjadi kawasan paling banyak menerima pekerjaan yakni sebanyak 44,000 yang berdampak besar terhadap rilis data Employment Kanada bulan lalu.

Sebagian besar pekerjaan berasal dari sektor perdagangan Ritel dan Grosir, Manufaktur, Layanan Pendidikan yang menambah 21,000 pekerjaan, Konstruksi menambah 16,000 pekerjaan bulan lalu dan terjadi penurunan untuk sektor pertanian.

 

Ekonomi Kanada Bulan September Tumbuh, Loonie Terangkat

Dalam sebuah laporan terpisah, Departemen terkait juga merilis data GDP Kanada periode September yang naik 0.2 persen, setelah sedikit turun 0.1 persen pada bulan sebelumnya. Ekspansi ekonomi Kanada didorong oleh adanya peningkatan produksi barang sebesar 0.4 persen, produksi layanan jasa meningkat 0.1 persen.

Pertumbuhan GDP Kanada bulan September sebesar 0.2 persen itu lebih baik dibandingkan ekspektasi ekonom yang memprediksi ekonomi Kanada akan tumbuh 0.1 persen. Industri Kanada menjadi motor utama pengerak ekonomi dimana mencatatkan pertumbuhan di 12 dari 20 sektor terutama pada Pertambangan, Galian dan ekstraksi Migas.

Pasca rilis data ekonomi Kanada, performa mata uang Dollar Kanada atau Loonie menguat tajam versus Greenback, terlihat pada pairing USD/CAD yang langsung anjlok sebesar 1.1 persen dan berada di level 1.2744 (pukul 21:52 WIB).

281285

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


18 Jul 2019

15 Jul 2019