OctaFx

iklan

EUR/USD Turun Ke Level Terendah 2 Pekan Jelang ECB Meeting

Mata uang Euro melemah terhadap Dolar AS hingga menyentuh level terendah 2 pekan, sebagai bentuk antisipasi pelaku pasar jelang ECB Meeting pekan ini.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Dolar AS menguat cukup signifikan sejak awal pekan kemarin hingga sesi Asia hari ini (5/Maret), dan berada di dekat level tertinggi 2 pekan terhadap Euro. Menurut sebagian ekonom, ECB saat ini tengah mendapat tekanan yang semakin meningkat untuk mengatasi bagaimana melindungi ekonomi Uni Eropa dari perlambatan yang berkepanjangan.

EUR/USD Berada Didekat Low 2 Pekan

Fokus investor minggu ini pun tertuju pada konferensi pers presiden ECB, Mario Draghi, yang akan diadakan setelah pengumuman suku bunga bulan Maret pada Kamis esok (7/Maret).

"Pertemuan ECB sepertinya tidak akan memberikan kejutan besar bagi pasar, tetapi mata uang Euro akan mendapat tekanan yang semakin berat terutama apabila pernyataan ECB minggu ini belum beranjak dari nada dovish," kata Shin Kadota, ahli strategi senior di Barclays.

Setelah menguat sejak pertengahan bulan Februari, Euro merosot sebagai bentuk antisipasi investor jelang pengumuman hasil ECB Meeting pada minggu ini. Pada pukul 10:57 WIB, pair EUR/USD diperdagangkan pada kisaran 1.1327, melemah 0.13 persen dari harga Open harian.

EUR/USD Berada Didekat Low 2 Pekan

 

Dukungan Bullish Dolar Masih Kuat

Penguatan Greenback dalam dua hari terakhir didukung oleh laporan GDP AS kuartal IV pekan lalu, dan meningkatnya optimisme terhadap kesepakatan dagang AS-China.

Disamping itu, imbal hasil obligasi AS yang lebih tinggi memancing aksi jual Euro, sehingga Greenback pun terdorong menguat ke level tertinggi 2 pekan terhadap mata uang tersebut. Meskipun kenaikan imbal hasil obligasi AS kali ini sedikit lebih rendah dibandingkan penguatan yang terlihat pada bulan Januari lalu, tapi minat investor tetap tinggi sehingga mencerminkan kepercayaan atas prospek ekonomi Negeri Paman Sam. 

287610

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.