EXCL: Kian Ekspansi Ke Luar Jawa

Emiten penyedia jasa telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. kian gencar menyasar daerah-daerah di luar Pulau Jawa untuk menyediakan layanan yang lebih baik lagi.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Menurut manajemen emiten dengan sandi EXCL tersebut, trafik layanan data di luar Jawa kian meningkat seiring dengan kenaikan jumlah pengguna ponsel pintar. Aktivitas pelanggan yang padat tersebut menuntut EXCL untuk dapat menyeimbangkan kualitas layanan.

Selain menyasar daerah-daerah di Pulau Sumatra dan Kalimantan, Sulawesi tak luput dari pandangan EXCL. Salah satu fokus area perseroan adalah Sulawesi Utara, di mana EXCL akan melakukan penambahan jumlah BTS di sejumlah kabupaten/kota.

EXCL : Kian Ekspansi Ke Luar

Group Head Commercial Go To Market XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono menyampaikan Manado merupakan kota pertama di Kawasan Timur Indonesia yang akan merasakan manfaat layanan 4G LTE dari XL Axiata seak 2015.

"Sulawesi Utara memiliki potensi pasar yang besar. Untuk itulah pembangun infrastruktur di area ini terus ditingkatkan untuk mengakomodasi peningkatan trafik," ungkap Rahmadi di Jakarta, Selasa (16/10).

EXCL: Kian Ekspansi Ke Luar

 

Trafik Layanan

Rahmadi menyampaikan dalam setahun terakhir, trafik layanan data XL Axiata di Sulawesi Utara meningkat hingga 94%. Sementara itu jumlah pelanggan yang menggunakan layanan data kini telah mencapai kurang lebih 1.1 juta, atau sekitar 88% dari total pelanggan XL Axiata di Sulawesi Utara

Peningkatan trafik terjadi hampir di semua kota/kabupaten. Trafik tertinggi antara lain terjadi di kota/kabupaten seperti Kota Palu, Kota Manado, Kab. Parigi Moutong, serta Kab. Minahasa Utara dengan peningkatan mencapai 94%.

XL Axiata terus melakukan sosialisasi manfaat layanan data di daerah-daerah yang dinilai masih belum maksimal pemakaiannya. Saat ini di seluruh Sulawesi Utara, layanan data XL Axiata didukung oleh sekitar 400 BTS 3G dan lebih dari 160 BTS 4G. Khusus Manado, XL Axiata memiliki sekitar 150 BTS 3G dan lebih dari 100 BTS 4G.

Sebagai catatan, pada semester pertama 2018, XL Axiata telah memiliki lebih dari 111 ribu BTS, lebih dari 67% nya merupakan BTS 3G dan 4G untuk mendukung layanan data. Pembangunan infrastruktur BTS 4G akan terus dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia.

285764

Penulis lepas bidang saham yang juga merupakan investor pasar modal. Selain itu, Alia merupakan pemerhati aksi korporasi emiten. Penulis sudah berkecimpung lebih dari 3 tahun dalam tulis-menulis sektor ekonomi dan update terhadap isu-isu nasional.