OctaFx

iklan

Halving Kian Dekat, Harga Litecoin Naik 4 Bulan Beruntun

Blockchain Litecoin akan mengalami halving, yakni proses pengurangan hadiah penambangan hingga separuhnya pada bulan Agustus tahun ini.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Blockchain Litecoin terprogram untuk melakukan halving setelah setiap 840,000 blok ditambang, atau kira-kira sekitar empat tahun sekali. Proses halving Litecoin terbaru akan berlangsung pada 6 Agustus 2019, dan akan mengurangi imbalan penambang dari yang semula 25 koin LTC menjadi 12.5 LTC.

Karena halving Litecoin terbaru akan berlangsung kurang dari 90 hari lagi, harga Litecoin terus-menerus mencetak kenaikan di empat bulan terakhir. Ini merupakan fase kenaikan bulanan terpanjang sejak Agustus 2017. Saat berita ini ditulis, LTC/USD mencatatkan penguatan harian sebesar 2.98% di level 77.446.

LTCUSD

 

Reli Litecoin Belum Berakhir

Reli Litecoin yang terjadi dalam 4 bulan terakhir sangat masuk akal, karena proses halving memang akan mengurangi pasokan Litecoin. Imbalan penambang akan berkurang 50 persen untuk setiap blok yang ditambang setelah Agustus, sehingga ada kemungkinan jumlah Litecoin yang tercipta di ekosistem juga akan semakin berkurang.

Pasar cenderung selalu bereaksi terhadap sentimen yang bisa mempengaruhi permintaan dan pasokan. Karena itu, cukup wajar jika harga Litecoin terus merangsek naik. Secara historis, halving pertama Litecoin pada 25 Agustus 2016 juga diawali dengan penguatan harga 3 bulan sebelum proses berlangsung. LTC sempat mencapai titik terendah di $1.12 pada Januari 2015, tapi kemudian melesat ke titik tertinggi $8.72 pada Juli, sebelum akhirnya jatuh kembali di bawah $4.00 jelang 25 Agustus.

Efek Halving Pertama Litecoin

Di paruh pertama tahun ini, Litecoin telah keluar dari level rendah $22 yang tersentuh pada bulan Desember 2018, dan melonjak lebih dari 250 persen. Reli mungkin belum berakhir karena peristiwa halving masih 3 bulan lagi, sehingga trader yang ketinggalan kesempatan di kuartal pertama masih dapat masuk pasar dalam beberapa minggu ke depan. Aksi ini akan menciptakan dorongan lebih lanjut pada kenaikan harga.

288477

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.