Hardfork BCH Memicu Persaingan Bitcoin SV Dan Bitcoin ABC

Dalam pembaruan Hardfork BCH terkini, terdapat 2 kubu berseberangan yang kemungkinan mengalami konflik, yakni Bitcoin SV dan Bitcoin ABC. Seperti apa detailnya?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Dalam waktu kurang dari 24 jam, jaringan Bitcoin Cash (BCH) akan mengalami Hardfork yang melibatkan perubahan konsensus dan dapat mengarah pada pemisahan Blockchain. Dalam pembaruan yang dijadwalkan pada 15 November, dua tim pengembang telah mengusulkan jalur yang berbeda, sehingga akan ada perbedaan implementasi referensi BCH yang kemungkinan mengalami bentrok.

Hardfork BCH mengalami konflik

Komunitas Bitcoin Cash berencana untuk melakukan Hardfork dua kali dalam setahun. Tahun ini, terdapat kemungkinan masalah pada pembaruan 15 November, karena terjadi pelepasan dua perubahan aturan yang tidak kompatibel. Pengembang Bitcoin ABC berencana untuk menambahkan opcode baru yang disebut OP_CHECKDATASIG (DSV), dan pengenalan pemesanan transaksi kanonik.

Di sisi lain, tim Bitcoin SV memiliki rencana untuk memperkenalkan empat opcode baru: OP_MUL, OP_LSHIFT, OP_RSHIFT, dan OP_INVERT. Selain itu, SV ingin menghapus batas opcode per skrip dan menaikkan ukuran blok menjadi 128 MB.

 

Bitcoin SV Mendapatkan Lebih Dari 75% Hashrate BCH Global

Menurut data yang diambil dari Coindance Cash, ada sejumlah besar hashrate yang saat ini memberi sinyal untuk klien Bitcoin SV. Data menunjukkan bahwa dalam 48 jam terakhir atau lebih, implementasi Bitcoin SV telah didukung oleh 75-82% dari hashrate global. Namun, meski hashrate mendukung SV dengan persentase kekuatan komputasi yang luar biasa, tidak ada jaminan bahwa Bitcoin SV akan memenangkan persaingan.

Selain itu, walaupun Bitcoin SV dikatakan bakal sepenuhnya mengikuti "Konsensus Nakamoto," para pendukung BCH meyakini jika hashrate yang besar dapat meningkatkan risiko terjadinya "serangan 51%". Tidak seperti 80 persen penambang yang mendukung upgrade Segwit2X untuk BTC tahun lalu, jumlah pemungutan suara hashrate untuk SV memang sangat terkonsentrasi di beberapa kolam pertambangan (Mining Pool) saja.

Pada 14 November silam contohnya, ada tiga Mining Pool yang memiliki sebagian besar hashrate BCH, dan semuanya mendukung Bitcoin SV. Mereka adalah Coingeek yang menguasai 46.53% dari hashrate global, SV Pool dengan 11.11%, dan BMG Pool yang mengambil porsi 9.72% pada saat publikasi.

286209

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.