Harga Bitcoin Melonjak Ke Titik Tertinggi 6 Bulan

Harga Bitcoin naik ke atas 6,000 di sebagian besar bursa mata uang kripto. Hal ini terjadi untuk pertama kalinya dalam hampir enam bulan terakhir.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Bitcoin, berhasil mencapai level 6,048.55 pada sesi perdagangan Kamis (09/Mei) sore ini. Level tersebut merupakan yang tertinggi sejak November 2018.

BTCUSD

Selain mengalami kenaikan harga yang meyakinkan, Bitcoin juga mampu meraih kembali kapitalisasi pasar di atas $100 miliar sejak November lalu. Lebih jauh, tingkat dominasi Bitcoin jika dibandingkan dengan gabungan pangsa pasar dari mata uang kripto lain, mencapai titik tertinggi hampir delapan bulan pada 57.1%. Berdasarkan data CoinMarketCap, itu merupakan level tertinggi sejak 13 September 2018.

 

Pasar Kripto Masih Berjuang Pulih Dari Kerugian Sepanjang 2018

Menurut Messari.io, total volume perdagangan Bitcoin di seluruh bursa melebihi $15.6 miliar. Namun, volume nyata dari 10 bursa yang yang tercatat dalam laporan Bitwise Asset Management, mengungkapkan bahwa volume perdagangan Bitcoin dalam 24 jam terakhir hanya mencapai $502 juta.

Ketika harga Bitcoin bergerak ke arah tertentu dengan signifikan, nilai mata uang kripto lainnya juga cenderung mengikuti. Kenaikan kali ini pun tidak terkecuali. Mata uang kripto yang mengalami kenaikan terbesar karena terseret penguatan Bitcoin adalah Bitcoin SV (BSV). Kripto yang telah di-delist oleh Binance dan beberapa bursa utama lainnya itu berusaha pulih dari keterpurukan dengan membukukan kenaikan 10.41% secara harian.

Secara keseluruhan, total kapitalisasi pasar mata uang kripto meningkat sekitar $5.4 miliar selama reli Bitcoin belakangan ini, mendekati level $200 miliar. Memang, nilai pasar yang lebih tinggi bisa membuat kemajuan besar dalam pemulihan kerugian yang dialami pasar kripto sepanjang tahun 2018. Akan tetapi, total kapitalisasi saat ini masih turun 78.1% dibandingkan dengan rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $835 miliar, yang tercatat pada 7 Januari 2018.

288463

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.