Advertisement

iklan

Hindari Hiperinflasi, Bitcoin Jadi Safe Haven Terbaru Amerika Latin

Menurut sebuah laporan baru-baru ini, sepanjang 2017 setidaknya sudah ada dua Cryptocurrency Funds baru hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Amerika Latin.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Amerika Latin menghadapi berbagai masalah ekonomi serius, terutama di Venezuela. Orang kaya di sana selalu memikirkan bagaimana supaya kekayaan mereka tidak tergerus oleh Hiperinflasi. Tidak seperti masa lalu ketika mereka bisa mengamankan aset dengan beralih ke Emas, Real Estate dan lainnya. Dalam kondisi seperti sekarang ini, Bitcoin menjadi solusi terbaik dan menjelma menjadi Safe Haven "terbaru" di sana karena lebih mudah diakses oleh semua orang, baik dari kelas kecil maupun menengah.

Bitcoin Jadi Safe Haven Baru

 

Menurut sebuah laporan baru-baru ini, sepanjang 2017 setidaknya sudah ada dua "cryptocurrency funds" baru hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Amerika Latin. Keduanya berada di Argentina dan Meksiko dimana sebagian besar klien mereka bermukim.

"Amerika Latin sangat tidak stabil dan Kripto menjadi pelindung aset baru bagi masyarakat di kawasan tersebut," ucap Carlos Mosquera, pendiri Hedge the Fund Solidus Capital yang fokus pada delapan kripto teratas dan ICO.

Mosquera menggambarkan sendiri bagaimana kondisi di luar kontrol seperti hiperinflasi di Venezuela mengerus nilai kekayaan dan daya beli masyarakat, membuat mata uang kripto seperti Bitcoin menjadi solusi terbaik, terlebih disaat aset Safe Haven lain seperti Emas cukup sulit untuk diperoleh disana.

 

Nilai Bitcoin Meningkat Setelah Pasar Berjangka XBT Dibuka

Tiga jam sebelum pembukaan pasar berjangka (Futures) CBOE dibuka, harga Bitcoin terpantau turun sebanyak 3 persen hanya dalam waktu 1 jam. Namun volume melonjak dengan cepat ketika pasar berjangka resmi dibuka, dan saat ini harga Bitcoin bergerak dikisaran $15,700 – 15,950 di Bitstamp. Sementara itu, Kurs Bitcoin di Exchanger Kripto Indonesia saat ini berada di harga 248 juta IDR.

Bitcoin menjadi pusat perhatian pasar karena nilainya yang terus menanjak dalam waktu cepat, berulang kali menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa terbaru. Banyak orang percaya Bitcoin Futures berbasis di CME dan CBOE telah menyuntikkan optimisme pasar terhadap kiprah mata kripto Bitcoin.

Bahkan harga Bitcoin untuk kontrak bulan Januari 2018 mendatang di CBOE berada di level $18,280 per keping, dan itu artinya prospek tren kenaikan harga Bitcoin tahun depan terlihat cerah.

281446

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.