OctaFx

iklan

Housing Starts AS Bulan Mei Catat Rekor Tertinggi 11 Tahun

Housing Starts AS naik 1.35 juta unit dari periode sebelumnya, yang merupakan rekor tertinggi sejak Juli 2007. Namun demikian, Building Permits kembali turun.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Pembangunan Rumah AS dilaporkan naik signifikan mendekati level tertinggi dalam kurun waktu 11 tahun terakhir di bulan Mei. Lonjakan itu terjadi lantaran didorong oleh percepatan pembangunan rumah kategori Single Family House dan Multi Family House. Akan tetapi, penurunan izin pendirian bangunan (Building Permits) selama dua bulan beruntun menunjukan aktivitas perumahan AS tetap dalam tren moderat.

 

Housing Starts AS Bulan Mei Melonjak 

 

 

Pembangunan Rumah AS Naik Di Semua Segmen

Departemen Perdagangan AS pada hari Selasa (19/Juni) merilis data Housing Starts yang menambah 1.35 juta unit di bulan Mei, naik 60k unit dari periode sebelumnya. Capaian Housing Starts bulan Mei ini sekaligus mencatatkan rekor tertinggi sejak Juli 2007 lalu. Sebelumnya, ekonom dalam sebuah jajak pendapat memprediksi pembangunan rumah AS mencapai 1.31 juta unit pada bulan lalu.

Lonjakan jumlah konstruksi rumah AS sebesar 5.0 persen bulan lalu, disokong oleh kedua segmen perumahan baik Single Family House maupun Multi Family House. Segmen rumah keluarga tunggal yang menjadi bagian terbesar pasar properti AS mencatatkan kenaikan 3.9 persen menjadi 936k unit pada bulan Mei.

Pembangunan rumah Single Family dilaporkan naik di wilayah Timur Laut dan MidWest, tetapi mengalami penurunan di wilayah Selatan dan Barat. Kategori rumah Single Family terus berupaya meraih momentum kembali, setelah berada dalam kondisi kurang memuaskan pada kuartal pertama 2018; konstruksi bulan lalu nyaris mendekati pencapaian terbaik di bulan November tahun lalu, yakni sebanyak 948k unit. Sementara itu, segmen Multi Family House rebound dengan mencatatkan kenaikan 7.5 persen menjadi 414k unit.

 

Building Permits Terperosok Ke Level Rendah

Dalam laporan terpisah, Departemen Perdagangan AS juga merilis data Building Permits yang turun 4.6 persen menjadi 1.3 juta unit, level paling rendah sejak September 2017. Izin membangun rumah di AS terus menurun dalam dua bulan terakhir, menunjukkan momentum pembangunan rumah di bulan-bulan mendatang yang tetap moderat.

284044

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


15 Jul 2019

18 Jul 2019