OctaFx

iklan

Housing Starts AS Desember Merosot, Jobless Claims Sentuh Low 45 Tahun

Pembangunan rumah di AS untuk periode Desember turun hingga mencatatkan penurunan terbesar dalam kurun waktu satu tahun.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Pembangunan rumah di AS untuk periode Desember turun lebih buruk dibandingkan ekspektasi, mencatatkan penurunan terbesar dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Kemerosotan dalam pembangunan Single House menjadi penyebab utama ambruknya data Housing Starts malam ini.

Housing Starts AS Desember Merosot,

 

Housing Starts AS bulan lalu mencatatkan penurunan sebesar 8.2 persen menjadi 1.192 juta unit rumah dari angka 1.3 juta pada bulan November, menurut laporan Departemen Perdagangan pada hari Kamis (18/Januari) di awal sesi New York. Penurunan jumlah pembangunan rumah di Negeri Paman Sam bulan lalu cukup mengejutkan, karena pada dua periode sebelumnya Housing Starts mencatat peningkatan yang mendorong ekspektasi perbaikan sektor properti AS.

Para ekonom memperkirakan penurunan kontruksi rumah selama bulan lalu hanya bersifat sementara, di tengah semakin tingginya permintaan dari konsumen, menyusul perbaikan sektor pasar tenaga kerja dan upah AS dalam beberapa bulan terakhir.

Di tengah peningkatan jumlah pembangunan rumah yang cukup signifikan, bagaimanapun masih menyisahkan permasalahan "klasik" di antara kontraktor rumah, seperti kekurangan tenaga terampil, lahan potensial, hingga tingginya harga material bangunan.

Kategori Single House yang merupakan pangsa perumahan terbesar anjlok 11.8 persen menjadi 836,000 unit di bulan Desember. Berdasarkan cakupan wilayah, pembangunan rumah mengalami penurunan di kawasan Selatan, Timur Laut dan MidWest. Sementara itu, untuk kawasan Barat AS tidak mengalami perubahan dibandingkan periode sebelumnya.

 

Jobless Claims AS Sentuh Rekor Terendah 45 Tahun

Secara terpisah, Departemen Tenaga Kerja AS merilis data Jobless Claims periode mingguan yang mencatatkan rekor paling rendah dalam 45 tahun terakhir. Hal itu mengindikasikan pasar tenaga kerja AS sudah berada dekat Full Employment di awal 2018.

Laporan Departemen terkait menyebutkan bahwa jumlah warga AS yang mengajukan klaim atas kehilangan pekerjaan turun 41,000 menjadi 220,000 pada perhitungan yang berakhir 13 Januari. Angka tersebut merupakan level paling rendah sejak Februari 1973, padahal saat itu pasar tenaga kerja AS belum sebesar seperti sekarang. Jumlah rata-rata (Moving Average) Jobless Claims AS selama empat pekan terakhir turun 6,250 menjadi 244,500 hingga pekan lalu.

Apiknya data Jobless Claims minggu lalu sekaligus menjadi pekan ke-150 secara beruntun berada di bawah angka 300,000 yang menjadi ambang batas kesehatan pasar tenaga kerja AS. Semakin rendahnya klaim pengangguran yang diikuti oleh Unemployment Rate sebesar 4.1 persen, kian mempertegas kondisi ekonomi AS akan semakin membaik tahun ini.



282009

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


18 Jul 2019

15 Jul 2019