Advertisement

iklan

Investor Institusional Akan Bertaruh Besar Pada Kripto Selama Tahun 2018

Sebagai pertanda Investor Institusional mulai masuk ke dalam pasar kripto bisa dilihat dari data CFTC mengenai perdagangan berjangka Bitcoin di CBOE.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Berbeda dengan pasar saham yang pergerakannya selalu didominasi oleh Investor Institusional, pasar kripto justru dominan dengan investor individual selama 8 tahun terakhir, sejak koin pertama Bitcoin (BTC) dirilis.
Investasi pada pasar kripto selama tahun lalu dijadikan "Safe Haven" bagi investor individual. Tanda-tanda bahwa Investor Instutisional sudah mulai terjun di pasar kripto dimulai dengan dibukanya perdagangan berjangka Bitcoin di CBOE dan CME pada bulan Desember lalu.

Bitcoin

 

Bursa Binance baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan 250,000-an pengguna baru dalam satu hari saja. Kraken juga mencatat pendaftaran akun baru di perusahaannya sudah lebih dari 50.000 akun per-harinya, ditambah dengan 10.000 tiket antrian order per-hari pada platformnya.

Beberapa Bursa dan Exchange termasuk Binance, Bitfinex, dan CEX.io kewalahan dalam menerima pendaftaran akun baru dengan antrian mencapai angka puluhan ribu tiap menitnya. Bahkan, beberapa telah menghentikan sementara pendaftaran akun baru, sehingga teknologi dapat diperbarui untuk mendukung registrasi.

Adopsi mainstream terhadap kriptografi semakin tinggi, serta pertumbuhan Market Cap atau Valuasi Pasar kripto dinilai sudah cukup berfluktuasi dengan volume tinggi. Menurut The Wall Street Journal, sebagai pertanda Investor Institusional mulai masuk ke dalam pasar kripto bisa dilihat dari data CFTC, yang menunjukkan bahwa perdagangan berjangka Bitcoin di CBOE didominasi oleh Bank dan Manajer Aset.

Jika uang investor institusional benar-benar masuk pada pangsa pasar kripto, maka sudah barang tentu nilai mata uang kripto akan mendapatkan dorongan yang signifikan sekali lagi. Bahkan CEO JP Morgan Chase, Jamie Dimon, yang sebelumnya skeptis terhadap Bitcoin dengan mengatakan bahwa "Bitcoin adalah suatu penipuan", meralat pernyataan tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan Fox Business, Dimon sekarang mengakui bahwa "Blockchain itu nyata", sehingga jika diimplementasikan untuk digitalisasi mata uang tradisional seperti USD atau JPY, maka tentu akan lebih bermanfaat.

Kontrak berjangka Bitcoin di bursa CBOE dan CME merupakan peluang bagi investasi institusional. Di samping itu, akan banyak dana ETF yang tersedia bagi investor di masa depan. Pada akhirnya, minat individu memicu kepentingan institusional, sehingga kemungkinan reli fenomenal akan terjadi sekali lagi pada pasar kripto.

282062

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.